Masih Ngorok saat Tidur? 7 Cara Menghilangkan Tidur Mendengkur ini dapat Membantu Anda

6033
Cara Menghilangkan Tidur Mendengkur

Arwini.com –  Tidur adalah hal yang sangat penting dan merupakan keharusan yang harus dijalani oleh setiap manusia di waktu-waktu tertentu.

Apabila seseorang tidak tidur, atau tidur kurang teratur, tentu hal itu akan menyebabkan kesehatan tubuh pun menurun. Mengapa demikian ?

Ketika kita tidur, seluruh organ yang ada di dalam tubuh akan memperbarui energi. Organ tubuh yang seharian telah bekerja maksimal, perlu untuk diistirahatkan.

Ketika tidur, terdapat sebagian orang yang mempunyai kelainan yang menjadikan tidurnya tidak nyaman.

Gangguan tidur yang sering dijumpai adalah keluarnya suara bising dari mulut yang disebut mendengkur atau ngorok. Mendengkur adalah salah satu kelainan tidur yang bisa menggangu kesehatan kita dan juga mengganggu orang disekitar kita lantaran suaranya yang meramaikan itu.

Mendengkur merupakan hal manusiawi, namun bagi sebagian orang tidur mendengkur merupakan sesuatu yang sangat menggangu.

Coba bayangkan jika telinga Anda sensitif dengan suara kemudian teman Anda terlelap dalam keadaan mendengkur. apakah Anda kesulitan tidur?

Begitu juga yang dialami teman Anda saat mereka mendengar suara dengkuran, apakah ada perasaan malu dalam diri Anda??

Tidur mendengkur terjadi lantaran posisi lidah di bagian belakang dalam mulut yang menyebabkan daerah di sekitar tenggorokan menjadi tertutup.

Jika daerah tenggorokan tersebut ditimpali oleh pangkal lidah, maka keluar masuknya udara pada ruang yang sempit tersebut menyebabkan getaran dan mengeluarkan bunyi.

Atau secera sederhana kami gambarkan “suara dengkuran” disebabkan oleh penyempitan udara yang terdapat dalam tenggorakan maupun yang di hidung yang dialirkan melalui oksigen yang masuk dalam tubuh.

Jika udara yang Anda hirup tidak bergeras bebas melalui rongga hidung maka akan menimbulkan dengkuran yang keras.

Terdapat beberapa kebiasaan yang menyebabkan tidur anda mendengkur dan kebiasaan tersebut perlu untuk anda rubah. Kebiasaan yang memicu tidur mendengkur diantaranya yakni :

Penyebab Umum Timbulnya Suara Dengkuran Manusia 

1. Kelebihan Berat Badan

Seseorang yang memiliki hobby makan biasanya menyebabkan berat badan pun bertambah. Nah, hal ini harus bisa diimbangi dengan berolahraga rutin. Dengan tujuan berat badan bisa berkurang dan juga kesehatan tubuh semakin membaik.

Berat badan yang berlebih akan menyebabkan tidur seseorang mendengkur. Pasalnya, dalam tubuh seseorang yang memiliki berat badan lebih, ada gumpalan lemak yang banyak dan bisa menjadi penghalang masuknya udara ke dalam tubuh.

Jaringan tenggorokan yang dimiliki oleh pemilik badan besar adalah semakin banyak dan semakin besar. sehingga terdapat penyempitan saluran pernafasan yang dapat menyebabkan tidur mendengkur.

Ada beberapa jalan yang bisa anda tempuh diantaranya melakukan olahraga ringan atau mengontrol makanan yang akan mengecilkan perut anda.

2. Tidur Telentang

Aktivitas yang menjadikan Anda tidur mendengkur adalah posisi tidur yang salah. Posisi tidur bagaimana yang dapat membuat dengkuran saat tidur ? Jawabannya ialah posisi terlentang.

Posisi tersebut menjadikan mulut terbuka saat sedang tidur. Nah, posisi mulut yang membuka ini akan memicu posisi lidah kita terdorong masuk yang memudahkan penyumbatan saluran pernafasan.

Penyumbatan tersebut menimbulkan getaran dan suara saat tertidur. Maka dari itu, untuk Anda yang masih sering mendengkur ketika tidur, cobalah rubah kebiasaan tidur terlentang menjadi tidur dalam posisi miring.

3. Terbiasa Mengkomsumsi Rokok 

Seseorang yang sering merokok dapat menjadikan kondisi jantung serta paru-paru pun lambat laun akan melemah bahkan rusak. Kondisi paru-paru dan jantung yang tidak baik tersebut menjadikan saluran pernafasan pun menderita peradangan.

Tak hanya itu saja, merokok pun memicu terjadinya sakit jantung. Pemicu itulah yang menyebabkan seseorang mendengkur ketika tengah tidur. Anda harus mengurangi konsumsi rokok bahkan tinggalkanlah konsumsi rokok untuk kesehatan jantung dan paru-paru anda, juga supaya tidur anda pun tidak menimbulkan dengkuran.

4. Bentuk Anatomi Tubuh. 

Telah disebutkan di atas bahwa saluran pernafasan yang kecil atau sempit membuat seorang kesulitan dalam membuang nafas sehingga menimbulkan suara dengkuran.

Seorang laki-laki memiliki saluran pernafasan yang lebih kecil dari perempuan sehingga resiko mendengkur lebih dominan pada laki-laki. Coba anda perhatikan sangat sedikit yang kita dapati seaorang perempuan mendengkur.

5. Obat Obatan dan Alkohol. 

Mengkomsumsi obat-obatan dan alkohol akan meningkatkan relaksasi yang dapat menimbulkan suara dengkuran. Saluran Udara yang rileks tidak menjamin seorang tidur dalam posisi yang sehat. kerileksan tersebut membuat saluran udara beristirahat sehingga kinerja tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal. Hali itulah yang menyebabkan suara dengkuran.

Mengonkonsumsi obat penenang yang berkelanjutan akan memberikan efek samping. Efek samping yang ditimbulkan akan menekan sistem saraf pusat dan menjadikan otot-otot di dalam tubuh pun tidak kencang. Hal ini akan memicu timbulnya dengkuran disaat tidur.

6. Polah Hidup Salah

Pola hidup tidak sehat mengundang berbagai macam penyakit yang datang menghampiri tubuh. Selain itu ia dapat memicu timbulnya dengkuran ketika tidur.

Pola hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan kurang sehat atau mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dapat membuat relaksasi otot mengalami peningkatan.

Peningkatan relaksasi otot inilah yang memicu ngorok saat tidur. Keadaan saluran udara yang rileks kerap kali belum menjamin anda untuk tidur dengan posisi yang benar.

Kondisi tidur yang kurang baik ini yang menjadikan saluran udara pun beristirahat dan tidak dapat bekerja optimal. Hal tersebut yang menjadikan timbulnya dengkuran.

7. Aktivitas Melelahkan

Kegiatan sehari-hari yang terlalu berlebih pun dapat memicu tidur kita mendengkur. Seseorang yang telah seharian beraktivitas dan lelah yang kemudian beristirahat tidur, biasanya itu akan memunculkan dengkuran di tidurnya, walaupun seseorang tersebut biasanya tidak mendengkur.

Cara Mudah Mengilangkan Tidur Mendengkur dengan Langkah Sederhana

1. Memperbaiki Pola hidup 

Membuat durasi waktu yang cukup untuk menentukan jam istirhat, waktu kerja, waktuk untuk keluarga. dll jangan melebihi dari waktu yang telah ditentukan. jika hal tersebut terjadi maka anda akan kelelahan dalam melakukan rutinitas sehingga resiko mendengkur sangat banyaka.

2. Memperhatikan Posisi Tidur. 

Sebelum anda terlelap tidur ada beberapa hal penting yang harus anda lakukan seperti membersihkan rongga hidung dan menyikat gigi. setelah itu anda hanya tidur dalam posisi miring atau meletakkan kepala lebih tinggi.

3. Memperbanyak Berolahraga

Dengan olahraga yang rutin akan membantu mengencangkan beberapa otot anda termasuk otot yang ada ditenggororkan. Olahraga juga akan membantu anda menurunkan berat badan sehingga saluran pernafasan anda bekerja secara maksimal saat tertidur.

4. Obat-obatan, Rokok Dan Alkohol

Bagi anda yang terbiasa mengkomsumsi obat penenang saat ingin tidur maka kami menyarankan ntuk berkonsultasi ke dokter. Jenis obat penenang ada yang menimbulkan dengkuran yang lebih parah.

Selain penggunaan obat-obatan ada baiknya anda berhenti merokok dan mengkomsumsi obat-obatan. hal tersebut akan membuat iritasi pada saluran pernafasan sehingg terdapat penyumbatan dalam hidung anda. yang akan berakibat pada saluran pernafasan yang semakin menyempit.

Bahaya Tidur Ngorok bagi Manusia

Seorang yang mendengkur akan mangalami beberapa gejala berikut: konsentrasi menurun, mengurangi kinerja pekerjaan dikarenakan merasa mengantuk, kurang fresh saat bangun, sakit kepala pada pagi hari, mudah tersinggung, cenderung merasa minder dan hal yang sangat tidak menguntungkan lainnya adalah kelaina pembuluh darah seperti tekanan dara tinggi, kegagalan jantung, Aritmia jantung Infark otot jantung ataupun meinggal saat tertidur disebabkan oleh sumbatan saluran pernafasan.

sesegera mungkin untuk menghubungi dokter jika mengalami hal-hal di atas.

Baca Juga: Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari (insomnia)

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan beberapa tips di atas secara konsisten dan kontinue namun jika belum mendapat hasil yang memuaskan maka kami menganjurkan untk menghubungi dokter spesialis.

Jika anda merasa artikel mengatasi penyebab tidur mendengkur ini bermanfaat maka jangan lupa untuk menekan tombol like maupun share.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here