Manfaat Teh Hijau bagi kesehatan dan Kecantikan Manusia

762
Manfaat Teh Hijau Bagi Kecantikan dan Kesehatan
Manfaat Teh Hijau Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Sedari awal tidak ada yang meragukan manfaat dan khasiat yang terkandung pada teh hijau, tumbuhan alami ini dapat meminimalisir dalam pencegahan beberapa gangguan kesehatan yang sering kita alami, salah satu zat yang terdapat dalam tanaman teh hijau adalah antioksidan dan kandungan kafein rendah.

Flavonoid teh hijau memiliki sifat antioksidatif dan anti karsinogenik yang dapat membantu kesehatan kulit, rambut, hingga memperlambat pertumbuhan sel kanker yang ada dalam tubuh.

Ada beberapa jenis teh yang dapat kita temui disekeliling kita, teh hijau yang berasal dari tumbuhan cemelia sinensis yang telah diolah dengan prosedur pengkukusan dibawah pengwasan lembaga tertentu, sehingga pengolahan tersebut tidak menghilangkan salah satu elemen penting pada tumbuhan tersebut yaitu kateki.

Berbeda dengan teh olong atau teh hitam yang diolah dengan cara difermentasikan dan menyebabkan hilangnya zat senyawa antioksidan yang sangat berguna bagi orang yang mengkonsumsi minuman tersebut.

Pemanfaatan teh hijau dalam kehidupan sehari-hari sangat familiar di santero jagat raya, berbagai bahan kosmetik, makanan, minuman, hingga suplemen kesehatan terbuat dari ekstrak tumbuhan teh hijau.

Beberapa peneliti telah melakukan riset dalam jangka waktu yang relatif tidak sedikit, kesimpulan terbanyak dari rahasia teh hijau adalah pengkonsumsian teh hijau secara teratur dapat mengurangi resiko terkena seranngan jantung dan kanker. Namun dibalik semua itu aa banyak manfaat teh hijau dalam kehidupan sehari-hari akan kami uraikan beberapa di antaranya:

Kebiasaan mengkonsumsi makanan serta minuman dalam jumlah besar yang dikombinasikan dengan gaya hidup tidak teratur dapat menimbulkan komplikasi yang berkaitan dengan obesitas, berupa penyakit diabetes, sleep apnea, hipertensi, penyakit jantung, dll.

Semakin banyaknya kegunaan teh hijau, menjadikan minuman segar ini sebagai salah satu minuman ekspor yang sangat diminati walaupun tidak terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah.

Selain Tanaman teh hijau, banyak dijadikan sebagai bahan dasar produk kecantikan dan makanan. Bahkan dalam perkembangannya, dijadikan sebagai salah satu alat untuk penurunan berat badan secara alami. Kandungan kafein yang terdapat dalam tubuh dapat meningkatkan proses metabolisme hingga 5 %

Sebagaimanaa yang telah saya singgung pada paragraf di atas, antioksidan alami yang terkandung pada teh hijau yang dikenal dengan sebutan polifenol katekin, memiliki jumlah antioksidan yang melebihi sayur-sayuran dan buah-buahan, bahkan seorang pakar berkata 10 kali lebih banyak dari sayuran dan buahan. Salah satu jenis katekin yang ditemukan oleh pakar tersebut adalah EGCG (epigallocatechin gallate).

EGCG adalah senyawa yang dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh, mencegah keinginan makan serta menekan nafsu makan. Hal tersebut dipengaruhi oleh perubahan kalori dari proses pengintensifkan oksidasi lemak yang dapat membantu menurunkan gelambir lemak dalam tubuh.

Pemanfaatan Teh Hijau dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Dapat dijadikan Minuman Sehat

Teh hijau alami yang dijadikan sebagai minuman sehari-hari dan diolah dengan cara diseduh langsung dari daun, memiliki segudang manfaat dibandingkan dengan teh kemasan yang kita konsumsi secara tidak jelas.

Lakukan kebiasaan minum teh hijau dalam peningkatan metabolisme tubuh dengan tidak mencampurkan tambahan seperti susu, gula dan krim ke dalam minuman anda.

2. Dapat dijadikan Pengganti Cemilan

Dalam melakukan aktivitas, tubuh akan terasa lapar di sela-sela waktu istrahat, waktu yang dibutuhkan dalam bekerja tidak dapat menekan rasa lapar sehingga dibutuhkan makanan tambahan untuk mengganjal perut tersebut. Salah satu alternatif makanan yang sering djadikan pengagnjal rasa lapar adalah cemilan.

Ya mungkin beberapa cemilan yang memiliki kadar kalori rendah aman dikonsumsi bagi penderita obesitas, namun jika cemilan jenis tersebut tidak didapati ketika lepar, maka diperlukan makanan atau minuman alternatif sebagai pengganti, salah satu minuman yang dapat menekan serta menahan nafsu makanan adalah teh hijau.

Mengkonsimsi teh hijau adalah pilihan tepat, mengingat minuman ini adalah jenis minuman yang rendah kalori sehingga penurunan berat badan akan mudah didapatkan.

Manfaat Teh Hijau bagi Kecantikan dan kesehatan Manusia

1. Mengurangi bau mulut tidak seda

Teh hijau dapat menghambat pertumbuhan virus dan bakteri yang terdapat pada gigi sehingga dapat menghindarkan dari bau mulut tidak sedap akibat sebuah penyakit.

Selain itu, teh hijau digunakan sebagai alat pencuci mulut dengan cara berkumur-kumur. Selain bermanfaat penyegaran bau mulut, tanaman ini juga dapat mengurangi resiko gusi yang meradang serta mencegah pertumbuhan plak pada gigi.

2. Mengurangi Resiko Kolesterol

Kolesterol yang meningkat dari batasan normal akan memicu tumbuhnya penyakit stroke dan jantung dan dapat membahayakan kesehatan anda. Salah satu kandungan tanin yang terdapat pada teh hijau disinyalir dapat menurunkan kolesterol low density lipoprotein (LDL) secara alami yang sangat berbahaya karena dapat menyumbat dan menyebabkan plak di arteri.

Yang menjadi catatan, walaupun anda mengkonsumsi teh hijau sebagai salah satu sarana dalam mengurangi masalah kolesterol tinggi, anda juga diwajibkan untuk menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh katekin yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus.

3. Membantu dalam menyehatkan Kulit

Kandungan senyawa yang terdapat dalam teh hijau dapat membuat kulit semakin bercahaya, mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari, dan memperlambat kemunculan penuaan. Untuk memperoleh khasiat dari teh hijau tersebut, anda dapat melakukannya dengan cara mengkonsumsi maupun dijadikan bahan kosmetik.

4. Memperbaiki kerusakan Rambut

Beberapa peneliti menrankan bahwa kandunga teh hija dpat menghambat pertumbuhan rambut serta dapat menyebabkan kerontokan. Testeosteron bereaksi dengan senyawa teh hijau yang berakibat pada darah meningkat menjadi 5-alpha sehingga dapat merubah DHT (dihydrotestosterone).

Proses ini dapat membantu dalam menangani masalah rambut yang sering dialami manusia psoriasis dan ketombe. Selain itu, teh hijau juga dapat meningkatkan ransangan terhadap penumbuhan dan penghalusan rambut. Senya polifenol mengandung vitamin C dan E yang dapat meningkatkan kesuburan rambut.

Teh hijau yang dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan efek samping sehingga untuk menghindari hal tersebut, lakukanlah konsultasi ke dokter lebih awal sebelum mengaplikasikan berbagai cara pemanfaatan teh hijau. mudahan artikel khasiat daun teh hijau di atas bermanfaat.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here