9 Manfaat Puasa Ramadhan bagi Kesehatan yang Jarang Diperhatikan, Apa saja ya?

2060
manfaat puasa ramadhan

Arwini.com – Puasa menjadi salah satu jenis ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim yang sudah baligh.  Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang istimewa karena memiliki beberapa keutamaan.

Menjalankan ibadah puasa bukan hanya menjadi wujud patuh seorang hamba kepada perintah Tuhannya, melainkan juga memiliki banyak manfaat.  Selain mendapatkan pahala, ampunan dan keberkahan, berikut ini adalah manfaat puasa Ramadhan yang jarang diperhatikan.

Puasa adalah ibadah yang memiliki kedudukan khusus di sisi Allah SWT.  Dalam sebuah hadist, Rasulullah bersabda:  

“Setiap amal yang dilakukan anak Adam adalah untuknya, dan satu kebaikan dibalas sepuluh kali lipatnya bahkan sampai tujuh ratus kali lipat, Allah Ta’ala berfirman:  ‘kecuali puasa, sesungguhnya puasa adalah untuk-Ku dan Aku yang langsung membalasnya.  (Dalam puasa, anak Adam meninggalkan syahwat, makan dan minumnya karena-Ku.’  Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya.  Sungguh, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada aroma kesturi.”  (HR.  Bukhari dan Muslim).

Selain keutamaan yang begitu besar, ibadah puasa di bulan Ramadhan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang jarang diketahui seperti berikut ini.

9 Manfaat Puasa Ramadhan bagi Kesehatan yang Jarang Diperhatikan

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Meskipun puasa identik dengan rasa lapar dan haus, namun kebiasaan berpuasa secara rutin seperti ketika bulan Ramadhan justru mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Hal ini terjadi karena terjadi peningkatan limfosit pada tubuh seseorang yang sedang berpuasa, sehingga mampu memberikan kekebalan bagi tubuh dari serangan penyakit maupun virus.

  1. Menurunkan kolesterol jahat

Puasa bagi para penderita kolesterol tinggi sangat disarankan, karena kadar kolesterol akan mengalami penurunan ketika sedang berpuasa.  Efek positifnya adalah terhindar dari resiko penyakit jantung maupun stroke.

  1. Menstabilkan berat badan

Puasa Ramadhan bisa bermanfaat untuk mendapatkan berat badan ideal dan mengontrol berat badan agar lebih sehat.  Dengan berpuasa, lemak dalam tubuh akan dibakar sebagai sumber energi utama.  Sehingga efektif untuk menurunkan berat badan secara aman dan alami.

Beberapa orang mungkin mengalami penambahan berat badan setelah ramadhan, hal itu dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi saat bulan ramadhan.

  1. Mengontrol kadar insulin

Puasa bisa membantu meningkatkan kinerja insulin sehingga proses penyerapan gula darah bisa semakin efektif dan menjadikan kadar gula darah berada dalam batas normal.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Pada saat berpuasa, sistem pencernaan akan beristirahat sehingga proses metabolisme tubuh bisa lebih terkontrol.  Metabolisme tubuh juga lebih optimal dengan kondisi usus yang sehat.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Salah satu manfaat puasa Ramadhan yang jarang diperhatikan adalah kemampuannya dalam meningkatkan fungsi otak.  Perlu diketahui bahwa puasa mampu mengaktifkan sel-sel di batang otak dan meregenerasi menjadi neuron baru.

Regenerasi menjadi neuron baru akan membantu meningkatkan fungsi dan kesehatan otak sehingga terhindar dari penyakit syaraf seperti parkinson dan Alzheimer.

Selain itu, puasa juga mampu menurunkan hormon kortisol yang dikenal sebagai pemicu stress.  Sehingga orang yang berpuasa akan terhindar dari kemungkinan stress dalam aktifitas sehari-hari.

  1. Memperlambat penuaan

Proses metabolisme tubuh yang membaik selama berpuasa mampu memberikan efek positif bagi kesehatan kulit.  Dimana proses regenerasi sel kulit mati bisa berlangsung secara optimal sehingga kulit terlihat lebih sehat dan segar.

  1. Menjaga kesehatan ginjal

Pada saat menjalani ibadah puasa Ramadhan, organ ginjal akan mampu menyaring zat berbahaya dalam tubuh secara maksimal.  Karena dalam keadaan puasa kadar osmosis pada urine mengalami peningkatan.  Sehingga kinerja ginjal menjadi lebih efektif dan optimal.

  1. Meningkatkan kualitas hidup

Ibadah puasa bisa menjadi momen untuk semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.  Puasa bisa memberikan efek yang menenangkan hati sekaligus menjadikan kita sebagai manusia yang lebih bersyukur.

Meski beberapa orang cenderung meninggalkan olahraga selama ramadhan, lakukan olah raga ringan selama ramadhan secara rutin untuk menopang kualitas hidup.

Catatan

Puasa juga bisa menjadi perisai bagi umat muslim agar terhindar dari godaan iman yang menyesatkan maupun perbuatan yang keji.  Dengan berpuasa kita akan berlatih untuk sabar dan mengendalikan hawa nafsu.  Karena puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga.

Semoga puasa Ramadhan kita diterima Allah SWT dan kita mendapatkan hikmahnya sehingga menjadi pribadi yang lebih bertakwa.  Insyaallah.

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here