5 Manfaat Puasa bagi Ibu Hamil ini Jarang Diperhatikan, Simak Yuk Bund!

Arwini.com – Beberapa orang mempertanyakan adakah manfaat puasa Ramadhan bagi ibu hamil, karena agama saja memberi kelonggaran untuk ditinggalkan. Pertanyaan ini tentu menjadi modal awal untuk mengambil tindakan. Apakah tetap berpuasa, atau memilih meninggalkannya.

Begitu juga dengan pertanyaan, jika tetap memilih berpuasa di bulan ramadhan “bagaimana kondisi perkembangan janin saat tidak menerima asupan nutrisi di siang hari di bulan ramadhan”.

Kedua pertanyaan ini sering bermunculan di bulan ramadhan, terutama bagi bunda yang memiliki usia kehamilan trimester ketiga. Kondisi dimana bunda harus bekerja ekstra karena cabang bayi semakin membesar.

Seperti yang kami sebutkan pada artikel menu wajib ibu hamil saat puasa ramadhan, pilihan berpuasa atau tidak dikembalikan kepada keyakinan bunda terhadap kondisi yang sedang dialami.

Bila kondisi memungkinkan, tidak memiliki kekhawatiran terhadap ketahanan tubuh maka pilihan berpuasa tentu menjadi pilihan terbaik. Namun bunda harus memperhatikan asupan nutrisi cukup, baik saat sahur maupun berbuka.

“Berpuasalah maka kamu akan sehat”.

Sabda nabi ini tentu bisa jadi pertimbangan mengapa puasa memiliki peranan penting terhadap kesehatan tubuh, tidak terkecuali bunda yang sedang hamil. Ulasan di bawah ini setidaknya akan memberikan gambaran mengapa puasa itu penting untuk dikerjakan.

hellosehat.com

 Manfaat Berpuasa di bulan Ramadhan bagi Ibu Hamil

Pada dasarnya bunda yang sedang hamil bukanlah menjadi hambatan untuk menjalankan kewajiban berpuasa. Jika selama hamil, bunda dalam kondisi yang sehat maka segeralah untuk berpuasa.

Namun jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter kandungan, agar bunda mengetahui apa saja yang dibutuhkan. Baik makanan dan minuman yang harus dikonsumsi, kegiatan yang cocok selama ramadhan, hingga aktivitas yang sebaiknya dihindari.

Dengan melakukan tahapan ini, tentu bunda akan mendapatkan nasehat tambahan dari dokter guna menghindari segala resiko yang mungkin terjadi selama berpuasa, seperti dampak buruk terhadap perkembangan janin bila asupan nutrisi tidak tercukupi. Biasanya, dokter akan memberi penilaian seputar kondisi berat badan, check darah, kondisi tubuh lemah atau tidak dan lain sebagainya.

Secara umum manfaat puasa ramadhan bagi ibu hamil, bisa dilihat dari lima kelompok bahasan di bawah ini:

1. Menjaga keseimbangan nutrisi

Puasa tentu erat kaitannya dengan makanan, bila makanan yang dikonsumsi adalah makanan sehat tentu akan berdampak baik pada kesehatan tubuh. Begitu juga sebaliknya. Pertimbangan asupan makanan ibu hamil akan memberikan dampak pada keseimbangan nutrisi tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung

Puasa yang dilakukan selama bulan ramadhan dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) serta dapat menurunkan kolesterol buruk (LDL). Baik peningkatan maupun penerunan dari kolesterol ini berdampak pada kesehatan jantung.

3. Pikiran lebih kreatif

Para ahli menyebutkan, “perasaan tenang dapat membuta pikiran lebih tajam”. Perasaan tenang ini mudah didapatkan melalui puasa.

Jika ditinjau dari segi insting, rasa lapar memang menjadi masalah utama saat berpuasa sehingga wajar jika jika dikatakan rasa lapar akan memaksa kita untuk berpikir lebih kreatif dari sebelumnya.

4. Mencegah kegemukan

Pada saat berpuasa, usus-usus dalam tubuh juga akan menjadi lebih bersih dari sisa-sisa makanan sebelumnya. Nah beberapa endapan makanan inilah yang berubah menjadi lemak. Sehingga bila seorang berpuasa, sisa makanan ini lebih bersih dibandingkan saat tidak berpuasa.

5. Metabolisme tubuh lebih lancar

Manfaat lain dari puasa ramadhan yang jarang diperhatikan adalah kelancaran proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh. Menjalankan puasa tentu mengurangi kinerja sistem pencernaan sehingga metabolisme lebih lancar dan sehat.

Bagaimana Kondisi Janin yang ada di dalam tubuh? Apakah aman jika berpuasa? Apa saja yang harus Bunda kerjakan saat berpuasa?

Beberapa penelitian membuktikan bahwa berat badan bayi yang baru dilahirkan tidak dipengaruhi oleh kondisi ibu hamil yang sedang berpuasa. Begitu pula dengan perkembangan IQ sang buah hati tidak dipengaruhi oleh kondisi bunda yang sedang berpuasa.

Selain itu, terdapat juga penelitian yang menyatakan sampel darah ibu hamil yang menjalankan ibadah puasa tidak mengalami perubahan seperti yang terjadi saat tidak berpuasa.

Ketiga kondisi di atas tentu bisa dijadikan pertimbangan bahwa puasa bagi ibu hamil tidak membahayakan bagi perkembangan janin di dalam tubuh. Namun pertimbangan di atas, memiliki ketentuan yang harus dijalankan seperti asupan nutrisi dan apa saja aktivitas yang harus dihindari.

Tips tambahan bagi ibu hamil yang ingin menjalankan puasa ramadhan

  • Konsumsi air putih sebanyak mungkin untuk menghindari dehidrasi. Baik saat sahur, berbuka, setelah shalat tarawih maupun menjelang tidur.
  • Konsumsi segelas susu saat sahur, berguna dalam menambah energi serta dapat mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil.
  • Hindari mengkonsumsi makanan manis saat sahur, agar tidak cepat lemas dan lapar.
  • Konsumsi buah-buahan ketika sahur, hal tersebut bertujuan agar dapat mencegah potensi wasir yang sering terjadi pada ibu hamil.
  • Hindari mengkonsumsi makanan pedas saat sedang sahur.

Itulah beberapa ulasan manfaat puasa ramadhan bagi ibu hamil dan dampaknya ke bayinya. Semoga bermanfaat!

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here