Tidak Perlu Malu untuk Menangis, Inilah 5 Manfaat Menangis yang Jarang Diketahui

1108
Manfaat Menangis
(Foto: fashionavecpassion.com)

Arwini.com, Manfaat Menangis saat Diperlukan – Menangis sering diasosiasikan dengan ketidakberdayaan bahkan dianggap sikap yang lemah terutama jika dilakukan oleh laki-laki.  Meski pada kenyataannya air mata merupakan reaksi alami yang dikeluarkan oleh tubuh ketika merespon tekanan emosi.

Saat emosi memuncak dan benar-benar ada dorongan yang kuat untuk menangis, namun Anda menahannya agar sebisa mungkin tidak menangis maka kondisi ini akan menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman dan seperti ada yang mengganjal.

Pernahkah Anda mengalaminya?  Hal ini hanyalah sedikit contoh mengapa kita memang perlu untuk menangis ketika merespon tekanan emosi.

Jika selama ini Anda merasa kuat dan menangis bukanlah ekspresi yang akan membuat Anda merasa lebih baik, maka sebaiknya Anda mengetahui 5 manfaat menangis seperti dikutip dari Lifehack berikut ini.

1. Menangis akan membuat Anda lebih mudah bangkit dari kesedihan

Saat beban pikiran dan kesedihan sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata dan cenderung memendamnya seorang diri, maka hal itu justru akan membuat Anda semakin merasa terpuruk.  Namun saat Anda mengekspresikannya dengan menangis, hal itu akan membantu menghilangkan kesedihan dan lebih mudah untuk bangkit dari persoalan yang ada.

2. Menangis akan mengurangi beban pikiran dan membantu mengatasi stress

Jika Anda berpikir bahwa semua baik-baik saja dan berpura-pura seolah tidak ada kesedihan sedikitpun di hati, sebaiknya pikiran tersebut dibuang jauh-jauh.

Anda tidak bisa selamanya lari dari kesedihan dan masalah yang menghimpit, menghadapinya meski pahit dan harus menangis bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengurangi beban pikiran Anda.

Ingatlah bahwa kebiasaan memendam kesedihan dan beban pikiran justru akan menimbulkan efek yang kurang baik untuk kesehatan jiwa.

Ketika Anda merespon emosi dengan menangis dan hati terasa lebih tenang, maka perlahan pikiran pun akan lebih jernih dalam menghadapi permasalahan termasuk menyadari penyebab kesedihan yang selama ini Anda kubur dalam-dalam.

Selain itu tekanan stress emosional pun akan menurun saat Anda menangis.  Hal ini juga akan sangat berpengaruh pada perubahan mood atau suasana hati ke arah yang lebih positif.

3. Menangis akan membantu Anda menerima rasa kehilangan

Kesedihan yang memuncak akibat kehilangan orang yang disayangi tentu akan membuat Anda tak mampu berkata-kata.  Hal terbaik yang perlu Anda lakukan hanyalah menangis dan membiarkan semua beban di dada luruh bersama jatuhnya air mata.

Sekuat apapun Anda, rasa kehilangan akan tetap menimbulkan kesedihan di hati.  Mengekspresikan kesedihan dengan menangis akan membantu Anda menjadi lebih ikhlas dan menerima rasa kehilangan tersebut sebagai bagian dari perjalanan hidup.

4. Menangis membuat perasaan lebih ringan dan Anda menjadi lebih kuat

Hasil studi yang dilakukan di University of Florida menyatakan bahwa 88,8 persen responden merasa lebih baik usai menangis.  Sehingga dari studi tersebut ditarik sebuah kesimpulan bahwa menangis terbukti lebih efektif dari segala jenis antidepresan yang beredar di pasaran.

Selain itu dengan menangis, Anda telah mengakui kesedihan dan perasaan yang sedang dialami.  Keberanian untuk menangis tentu membutuhkan kekuatan tersendiri.  Dan dengan menangis Anda pun akan merasa lebih kuat dari sebelumnya.

5. Menanagis akan membantu mengeluarkan racun tubuh

Dalam studinya, Dr. William H. Frey Il PhD seorang ahli syaraf dari Paul-Ramsey Medical Center menyebutkan bahwa wanita rata-rata memiliki kecenderungan menangis hingga 75 kali dalam setahun, sedangkan laki-laki hanya sekitar 7 kali dalam setahun.

Penelitian tentang tangisan dan air mata juga menunjukkan bahwa air mata yang keluar saat menangis akan membantu tubuh mengeluarkan zat racun pemicu kortisol atau dikenal sebagai zat pemicu stress.

Frey berasumsi bahwa menangis bukan hanya bentuk respon alami manusia terhadap stress dan kesedihan, namun juga memberikan efek positif yang menyehatkan.  Dimana menangis terbukti mampu menurunkan detak jantung, tekanan darah dan memberikan efek terapi pada tubuh.

Menangis merupakan reaksi alami untuk mengurangi stress emosional yang tengah dialami, sehingga ketika tidak dikeluarkan akan memberikan efek yang kurang baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran.

Baca Juga: Tips Move On anti Galau Buat Anda yang Sedang Patah Hati

Jangan pernah menahan kesedihan Anda apalagi lari dari kesedihan tersebut atau memendamnya seorang diri.  Cobalah untuk menerima rasa sedih tersebut, mengakui kesedihan tersebut dan menangislah untuk mengekspresikannya.  Anda pasti akan merasa jauh lebih baik usai menangis.

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here