Adakah Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil?

1345
bahayakah ibu hamil makan semangka
manfaat buah semangka untuk ibu hamil

Arwini.com –┬áPada masa kehamilan, seorang ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan janin yang sedang dikandung, dan salah satunya adalah buah semangka.

Mengapa semangka termasuk jenis buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil? Ternyata semangka memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, dan jika Anda ingin tahu apa saja manfaat semangka untuk ibu hamil, maka berikut ini adalah penjelasannya untuk Anda.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Semangka

Semangka atau Citrullus lanatus diketahui banyak mengandung nutrisi sehingga sangat baik untuk kesehatan. Semangka terdiri dari 91 persen air dan 6 persen gula, dan diperkaya dengan berbagai kandungan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Di antaranya adalah vitamin A, B1, B6, dan C. Semangka juga mengandung asam amino sitrulin, biotin, asam spantotenik, tembaga, potasium, kalium dan magnesium. Dan berdasarkan warna yang dimiliki, semangka diketahui banyak mengandung beta karoten dan likopen dimana kandungan karotenoid maupun antioksidan pada semangka akan semakin tinggi ketika buah ini masak.

Segudang Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Karena banyak mengandung nutrisi penting, maka semangka termasuk buah yang baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil, adapun beberapa manfaat semangka untuk ibu hamil antara lain adalah:

1. Menjaga Tubuh Ibu Hamil tetap Terhidrasi

Kondisi kekurangan cairan pada ibu hamil akan sangat berbahaya bagi kehamilannya, oleh karena itu ibu hamil harus dalam kondisi terhidrasi agar tetap sehat. Selain konsumsi air putih, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi semangka. Kandungan air dan elekrolit yang tinggi pada semangka dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Selain itu kandungan serat yang tinggi pada semangka akan membantu melancarkan pencernaan sehingga sangat efektif mengurangi keluhan sembelit pada ibu hamil. Konsumsi semangka juga tidak akan berpengaruh pada peningkatan berat badan. Jadi ibu hamil tidak perlu khawatir akan resiko mengalami obesitas.

2. Mengurangi Resiko Stroke, Jantung maupun Hipertensi

Semangka kaya akan potasium yang bisa membantu mengontrol denyut jantung maupun tekanan darah sehingga bermanfaat dalam mencegah terjadinya stroke.

Adapun kandungan likopen dan kalium pada semangka juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, sedangkan vitamin A dan C pada semangka bisa mencegah terjadinya oksidasi kolesterol yang bisa menyumbat pembuluh darah.

Selain itu sirkulasi darah akan lebih lancar karena pengaruh asam amino sitrulin pada semangka yang bisa mencegah penumpukan lemak pada sel-sel di dalam tubuh (baca: obesitas ibu hamil).

3. Mengurangi Keluhan Mual Pada ibu Hamil

Konsumsi semangka atau jus semangka di pagi hari diyakini dapat mengurangi keluhan mual di pagi hari atau morning sickness pada ibu hamil.

Hal ini dikarenakan buah semangka memiliki efek menenangkan organ pencernaan, dimana kandungan strulin pada semangka berperan dalam menjaga asam lambung agar tetap normal sehingga bisa meminimalisir keluhan mual di pagi hari.

Karena efek mengkonsumsi buah semangka sangat bagus dalam mengurangi keluhan mual, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya sekali dalam sehari.

4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Pada saat hamil, daya tahan tubuh pada ibu cenderung menurun dan hal ini bisa diatasi dengan konsumsi semangka. Kandungan vitamin A dan C pada semangka sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin A berperan membantu memelihara membran mukosa agar kuman tidak masuk, sedangkan vitamin C berperan dalam menjaga produksi protein yang akan melawan virus dan bakteri yang masuk.

Selain itu kandungan antioksidan dalam semangka sangat efektif dalam melawan radikal bebas, sehingga mampu meningkatkan sistem imun pada ibu hamil. Telah kami jelaskan secara rinci menganai vitamin yang cocok bagi ibu hamil (baca: vitamin ibu hamil) yang sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan ibu hamil.

5. Mengurangi Pembengkakan pada Ibu Hamil

Kandungan air pada semangka cukup tinggi sehingga mampu melancarkan proses pembuangan urine dari dalam tubuh, sehingga bisa mengurangi penumpukan cairan yang bisa memicu terjadinya pembengkakan pada ibu hamil. Itulah mengapa banyak wanita hamil yang menjadikan semangka sebagai makanan harian.

6. Membantu Pembentukan Tulang Janin

Semangka kaya akan kalium yang berfungsi dalam mempertahankan kaslium di dalam tubuh, sehingga akan sangat membantu dalam proses pembentukan tulang dan gigi pada janin yang dikandung.

Selain itu juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang ibu hamil, karena kebutuhan akan kalsium telah terpenuhi dengan baik.

7. Mencegah terjadinya Kram Otot pada Ibu Hamil

Berbagai perubahan pada tubuh ibu pada masa kehamilan bisa berpengaruh pada kondisi tulang dan otot terutama karena adanya peningkatan berat badan. Namun dengan mengkonsumsi semangka, keluhan kram otot pada ibu hamil bisa diminimalisir.

Ternyata cukup banyak ya manfaat buah semangka untuk ibu hamil. Namun demikian sebaiknya konsumsi semangka dilakukan dalam batas yang dianjurkan agar mendapatkan menfaat yang efektif.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here