Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan dan Kecantikan

62
Manfaat Buah Naga Bagi Kecantikan dan Kesehatan
Manfaat Buah Naga Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Arwini.com – Buah naga adalah buah yang memiliki bentuk dan warna unik, tidak ditemukan pada jenis buah lain serta memiliki khasiat tinggi bagi kehidupan. Buah yang memiliki rasa sedikit asam dan sangat manis ini digemari oleh masyakarakat karena manfaat yang terkandung dalam buah tersebut.

Ada beberapa pendapat yang bermunculan mengenai asal muasal dari tanaman ini, sebagian orang mengatakan buah ini berasal dari Mexico (Amerika bagian Tengan) dan ada juga yang mengatakan bahwa buah ini pertama kali ditemukan di Asia. Meskipun buah Naga berasal dari Mexico atau Asia, buah ini telah kita temukan di negara tercinta ini, dari supermarket hingga pedagang kaki lima menjual buah yang kaya akan manfaat ini.

Buah yang memiliki ciri khas sisik naga ini memiliki 2 macam warna, faimiliar disebut dengan buah naga putih dan buah naga merah. Masing masing dari buah ini memiliki kelebihan yang hampir sebanding, namun menurut pakar kesehatan dan gizi buah naga berwarna merah memiliki banyak keunggulan dari buah yang berwarnah putih.  Khasiat yang terdapat pada buah ini, membuat banyak orang mengkonsumsinya secara bebas, mengolah menjadi jus, hingga ada yang menjadikanya sebagai selai dan makanan siap saji.

Buah Pitaya atau lebih sering disebut manfaat buah naga. Bagitulah penyebutan nama dari buah yang sangat indah ini, memiliki bunga yang menyilaukan serta memiliki bentuk dan warna yang unik. Buah naga biasanya berwarna merah tua, meskipun beberapa jenis buah ini, berwarna merah muda atau kuning. Kulit buah naga adalah kulit tipis yang menutupi pusat buah (isi buah) yang berwarna merah ataupun putih.

Khasiat Buah Naga bagi Kesehatan Tubuh

Menjaga jantung sehat dengan memperhatikan kolesterol rendah, Jangan khawatir dengan kolesterol buah naga, kolesterol bukanlah suatu masalah. Buah naga mengandung kolesterol rendah yang tidak dapat memproduksi lemak (bahkan lemak tersebut dapat dilarutkan setelah proses metabolisme dalam tubuh). Buah naga adalah buah yang sangat cocok dalam memberikan keseimbangan antara protein dengan vitamin C, Penyerapan buaha naga sangat efesien ketika menjadi bagian dari diet.

Antioksidan dalam buah naga tidak sebanding dengan buah-buahan lainya, bahkan tidak dapat menandingi suplemen maupun pil yang dikemas secara higenis. Jangan khawatir dengan sisa makanan maupun racun yang ada dalam tubuh anda, karena hal ini akan dihancurkan serta dileburkan ketikan mengkonsumi buah bersisik naga ini.

Buah naga memiliki kadar lemak rendah walaupun terdapat banyak biji pada buah ini. Secara harfiah ribuan biji hitam kecil pada buah naga seharusnya mengandung lemak dan protein selayaknya bijia-bijian atau kacang-kacangan, namun hal itu tidak ditemui pada buah ini. Banyak buah-buahan yang kita makan memiliki biji-bijian yang banyak, dan tidak sedikit dari biji tersebut yang kita muntahkan (dibuang), seperti buah persik, apel, dan sejenisnya.

Hal tersebut musatahil kita lakukan saat mengkonsumsi bibit dari buah naga. Benih-benih tersebut sangat kecil dan bercampur baur pada daging. Tapi anda tidak perlu khawatir karena bijian tersebut mengandung polifenol yang sangat bgus untuk mengatasi lemak anda. tentu saja jika ingin menghasilkan kualitas makanan yang sehat dan menyehatkan maka konsumsilah secara langsung tanpa diolah menjadi makanan kemasan.

Buah naga memungkinkan penambahan energi  yang tinggi serta memperlancar saluran pencernaan guna mengganti asupan energi dari makanan yang dikonsumsi dan tentunya tidak akan menambah berat badan karena dapat meluruhkan sisa-sisa makanan dan lemak yang masih menyangkut pada sistem pencernaan.  Dari kesekian banyak khasiat dan kandungan buah naga, berikut kami rangkum beberpa manfaat buah naga bagi kehidupan sehari-hari:

Buah keren ini dapat mengatasi serta menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi yang banyak dialami orang saat ini. Nah jika anda memiliki masalah dengan kolesterol tinggi, anda tidak perlu khawatir karena jus maupun buah naga yang dikonsimsi memiliki kandungan vitamin B3 dan diyakini dapat menghilangkan penyakit ini. Selain penyakit ini, buah naga juga dapat memperlancar proses pengolahan makanan yang terdapat dalam tubuh sehingga anda tidak perlu khawatir dengan sembelit anda alami.

Serat Buah Naga – Serat makanan merupakan faktor nutrisi penting bagi semua orang baik muda maupun tua. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan serat adalah makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah naga mempunyai serat yang tinggi, 1 gram serat setara dengan 100g buah naga segar.

Tentu saja, jumlah serat dalam buah naga yang dikeringkan jauh lebih rendah daripada jumlah serat dalam buah naga segar. Tergantung pada tingkat retensi kelembaban dari buah naga kering, jika anda mengharapkan 100g serat dari buah naga yang anda budidayakan, maka hal itu akan sangat membantu dalam menurunkan berat badan anda. Jika Anda ingin meningkatkan serat yang ada pada tubuh, Anda dapat makan lebih banyak buah naga.

Selain itu, ada banyak kandungan senyawa dalam buah naga yang bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya: kandungan serat di dalamnya dapat meluruhkan sisa-sisa makanan dalam tubuh, senyawa betakaroten dapat mengimbangi betakaroten yang terdapat dalam wortel sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu cara mudah merawat serta menjaga kesehatan mata, kandungan antioksidan dapat mencegah tumbuhnya penyakit kanker, dan kandungan vitamin C dapat menjadikan penampilan lebih cantik serta memiliki kekebalan tubuh yang kuat.

Manfaat Kulit Buah Naga bagi Kehidupan

Akhir-akhir ini khasiat buah naga semakin digemari masyarakat Indonesia, baik untuk dikonsumsi maupun dijadikan obat tradisional. Manfaat serta khasiat yang terkandung dalam buah naga berguna untuk memperindah kecantikan, berguna untuk program diet, hingga dapat dijadikan sebagai salah satu buah wajib bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kemunculan buah naga sebagai inovasi terbaru dalam memperoleh tubuh yang cantik lagi sehat adalah hal yang tidak diduga sebelumnya, hingga dapat menyaingi kemasyhuran buah lain. Khasiat yang terkandung di dalamnya tidak hanya terletak pada buah atau isinya, kulit buah naga pun sangat penting untuk kehidupan kita. Tak jarang kita temui beberapa olahan makanan yang terbuat dari tumbuhan ini, berikut kami sadur dari situs 1000-macam-manfaat.blogspot.com ada 3 manfaat khusus kulit buah naga bagi keseharian kita.

Kandungan senyawa yang terdapat dalam kulit buah naga, menurut salah satu peneliti dari Chianan Univeristy/ahli kimia terapan “berperan aktif untuk mencegah pertumbuhan sel tumor B16F10 yang dapat membahayakan tubuh”.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh dahlan abu bakar dalam situs Unhas.ac.id: Hasil uji in vitro yang dilakukan Li-chen Wu, peneliti Department of Applied Chemistry National Chi-Nan University menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah naga berdaging merah berpotensi menghambat pertumbuhan sel tumor B16F10 pada dosis 25 gram.

Kulit Buah Naga Melenturkan Pembuluh Darah

Kekakuan pembuluh darah adalah penyakit yang banyak diderita masyarakat, yang menyebabkan pada pengkonsumsian obat troxerutin sebagai langkah awal untuk mengtasi pecahnya pembuluh darah mikro. Salah satu kegunaan obat ini yaitu mencegah potensi terpecahnya pembuluh darah. Sudah menjadi rahasia umum, obat adalah jalan tercepat untuk menghilangkan rasa sakit yang kita alami, namun ada saja dampak lain yang didapatkan saat mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia. Jika anda khawatir dengan penggunaan obat berbahan kimia yang akan berdampak buruk pada tubuh di kemudian hari, ada solusi jitu untuk menghindari kejadian yang tidak dinginkan akibat pembuluh darah terpecah yaitu mengkonsumsi kulit buah naga.

Senyawa aktif yang terdapat didalamnya dapat melunturkan pembulu darah yaitu pentacyclic taraxast 10ene 3aol dan teraxast 120,20 (30) dien 3aol. Manfaat kedua senyawa ini dapat melindungi pembulu darah dari kekakuan.

Tips !!! Berikut cara mencegah tumor dengan pemanfaatan khasiat buah naga: Kumpulkan kulit buah naga yang telah di bersihkan, lalu potong tipis-tipis. Hasil irisan kulit tersebut dijemur selam 3-4 hari. Jika dirasa irisan tersebut cukup kering, maka jadikanlah buan naga sebagai minuman pengganti teh di pagi hari. Teh kulit buah naga dapat anda temukan secara mudah di pasar, sehingga anda tidak perlu lagi untuk mencari ataupun memproduksinya.

Dapat Mendeteksi Formalin dan Boraks pada Makanan

Makanan yang mengandung formalin atau boraks adalah makanan yang berbahaya bagi tubuh manusia,  karena mengandungan racun yang dapat mempengaruhi kerja syaraf yang berikabat pada penyakit tertentu. Fakta terbaru disebutkan bahwa kulit buah naga dapat mendeteksi makanan yang mengandung boraks dan formalin. Sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk menghindarkan diri dari racun tersebut.

Tips!!! Untuk mengetahui apakah makanan mengandung kedua jenis racun tersebut maka ikutilah langkah berikut: Potonglah kulit buah naga menjadi beberpa bagian, lalu rendam dengan air tawar yang telah diaduk dengan perasan jeruk nipis.

Diamkan hingga ia berubah menjadi merah. Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan sebuah tisu untuk dicelupkan ke dalam air yang telah berwarna merah tersebut dan diletakkan pada makanan yang akan diuji. Tunggu hingga 15 menit, jika tisu yang telah dicelupkan pada buah naga tersebut berubah menjadi putih berarti makanan tidak mengandung formalin dan boraks namun jika warna merah bertahan lama hingga beberapa menit maka makanan yang diuji mengandung boraks.

Halaman Selanjutnya, Manfaat Buah Naga Bagi Kecantikan

Loading...
1
2
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here