7 Manfaat Buah Bengkoang bagi Kesehatan

41
Manfaat Buah Bengkoang
Buah Bengkoang

Manfaat Buah Bengkoang – Bengkoang merupakan buah yang sangat kaya akan manfaat. Bahkan beberapa situs menyebut bengkoang sebagai umbi-umbian yang paling kaya akan nutrisi. Dari tampilan luar, bengkoang memang terlihat kurang menarik, namun jika sudah dikupas, Anda akan tahu betapa fresh-nya bengkoang ini.

Selain dimakan mentah, bengkoang sering dijadikan bahan untuk jenis kulinari tertentu seperti jus organik atau rujak. Selain itu bengkoang juga sering digunakan untuk produk-produk kecantikan. Si putih mungil ini memberikan banyak manfaat untuk banyak orang, nah berikut ini pembaca dapat menemukan beberapa manfaat buah bengkoang bagi kesehatan.

Sekilas Tentang Buah Bengkoang

Sebelum saya membahas tentang beberapa manfaat bengkoang bagi kesehatan, saya akan share sekilas tentang bengkoang ini. Bengkoang ini memiliki nama latin Pachyrhizus erosus dan merupakan umbi-umbian yang berasal dari Amerika Selatan dan Tengah. Bengkoang dikenal juga dikenal dengan nama lain seperti jicama, yam bean dan mexican turnip. Namun secara global, bengkoang lebih dikenal dengan sebutan yam bean.

Bengkoang masuk ke Asia Tenggara oleh penjajah asal Spanyol yang membawa benih-benih bengkoang dari Meksiko. Hingga kini, bengkoang menjadi umbi-umbian yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di Asia Tenggara seperti Filipina dan Indonesia. Biasanya, bengkoang sering digunakan sebagai bahan membuat salad, jika di Indonesia bengkoang sangat familiar sebagai bahan baku rujak.

Manfaat Buah Bengkoang 

Bengkoang memiliki tekstur juicy, rasanya manis dan juga agak crunchy saat dikunyah. Banyak orang menyangka bengkoang termasuk kedalam keluarga buah-buahan, padahal bengkoang termasuk kedalam keluarga umbi-umbian. Boleh dibilang bengkoang ini merupakan kombinasi dari buah, sayuran dan umbi-umbian. Meskipun memiliki presentasi yang sangat simpel, namun bengkoang memiliki sangat banyak manfaat, berikut beberapa manfaat buah bengkoang bagi kesehatan.

1. Melancarkan Pencernaan

Bagi Anda yang memiliki masalah pada pencernaan, maka bengkoang ini sangat baik bagi Anda. Bengkoang memiliki kandungan serat yang sangat banyak, jadi sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Kandungan serat dalam bengkoang dapat melancarkan buang air besar, membersihkan saluran pencernaan, dan juga mencegah sembelit. Rasa manis dari bengkoang berasal dari serat larut bernama oligofructose inulin. Bagi Anda penderita diabetes, bengkoang dapat menjadi makanan alternatif karena rasa manis yang dihasilkan tidak membahayakan kadar gula dalam darah.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Perlu pembaca ketahui, bengkoang juga sangat bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh. Mengapa seperti itu? Hal tersebut karena bengkoang memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak. 100 gram bengkoang dapat menghasilkan 40% asam absorbic yang dibutuhkan tubuh selama sehari. Kandungan vitamin C pada bengkoang dapat mempertahankan sistem imun dan juga menstimulasi sel-sel darah putih menjadi lebih stabil.

Bengkoang dapat menjaga Anda dari serangan-serangan bakteri, virus dan bakteri, sehingga tubuh pun terhindar dari penyakit-penyakit yang tak diinginkan. Selain itu bengkoang juga kaya akan kandungan antioksidan, sehingga mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Jika dimakan secara konstan, bengkoang dapat mencegah tubuh dari penyakit-penyakit berbahaya seperti kangker dan stroke.

3. Melancarkan Sistem Sirkulasi Tubuh

Perlu pembaca ketahui, kandungan zat mineral seng dan besi dalam bengkoang sangat bermanfaat dalam mempertahankan sistem sirkulasi tubuh. Kedua zat mineral tersebut merupakan zat paling penting dalam jaringan darah. Tanpa zat seng dan besi, tubuh akan terkenan anemia dan lemahnya fungsi organ. Jadi jika Anda ingin selalu bugar, maka sering-seringlah mengkonsumsi bengkoang.

4. Menstabilkan Tekanan Darah

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, maka bengkoang mesti dimasukan dalam food list Anda. Kandungan potasium yang dimiliki bengkoang dapat menstabilkan tekanan darah. Selain itu kandungan potasium juga dapat melancarkan aliran cairah pada tubuh sehingga Anda bisa terhindar dari dehidrasi.

5. Memperkuat Tulang

Manfaat bengkoang lainnya yaitu dapat memperkuat tulang. Kandungan manggan, besi, dan magnesium yang dimiliki bengkoang dapat memperkuat densitas mineral pada tulang. Zat-zat tersebut dapat memperbaiki kerusakan pada tulang, dan juga dapat menghindarkan dari bakteri atau virus penyebab penyakit tulang. Jadi bengkoang ini sangat baik untuk kesehatan tulang, dan dapat mencegah dari osteoporosis. Konsumsi bengkoang secara konstan, maka Anda dapat menjaga kekuatan tulang Anda.

6. Memperbaiki Fungsi Otak

Bengkoang juga memiliki kandungan vitamin B6 yang sangat bermanfaat untuk fungsi otak. Vitamin B6 juga dapat memperbaiki fungsi kognitif dan melancarkan peredaran darah dalam otak. Selain itu kandungan vitamin B6 juga dapat merubah protein menjadi asam amino, sehingga otak apat berfungsi secara maksimal.

7. Menurunkan Berat Badan

Bengkoang sangat bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Bengkoang sangat rendah akan kalori, kaya akan serat, dan juga nutrisi-nutrisi penting lainnya, sehingga cocok untuk dimasukan dalam program diet.

Nah itulah 7 manfaat buah bengkoang bagi kesehatan, semoga dapat menjadi inspirasi dan motivasi agar selalu mengkonsumsi bengkoang ini.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here