9+ Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil di Tiap Trimester

4832
Makanan Wajib Untuk Ibu Hamil
Makanan Ibu Hamil

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil – Pertumbuhan janin dalam kandungan sangat tergantung pada asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu sejak awal kehamilan. Dimana kebutuhan akan nutrisi janin akan mengalami peningkatan sesuai dengan usia kehamilan.

Oleh karena itu penting bagi ibu hamil untuk mengetahui berbagai jenis nutrisi yang dikonsumsi agar janin yang dikandung bisa mengalami pertumbuhan yang sempurna dan sehat. Nah, uraian berikut ini akan menjelaskan lebih jauh mengenai makanan apa saja yang baik untuk ibu hamil sesuai dengan usia kandungannya.

Daftar Makanan Sehat Ibu Hamil Tiap Trimester

Pada dasarnya makanan yang baik untuk ibu hamil adalah yang mengandung gizi tinggi sesuai dengan kebutuhan ibu dan janinnya. Namun meski demikian, bukan berarti semua makanan bergizi bisa dikonsumsi begitu saja oleh ibu hamil tanpa ada pantangannya.

Karena beberapa makanan yang diketahui memiliki gizi tinggi justru tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan, seperti misalnya olahan susu yang belum mengalami proses pasteurisasi, ikan tuna, dan kerang-kerangan.

Setelah Bunda mengikuti panduan cara membuat anak dan dipastikan sedang mengandung calon buah hati. Perhatikan jenis makanan yang akan kami sebutkan. Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil sesuai dengan usia kehamilan

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Pada masa kehamilan ini, biasanya ibu hamil mengalami keluhan mual dan muntah sehingga tubuh mudah lelah dan terasa lemas. Adapun makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain:

1. Pisang

Pisang banyak mengandung vitamin B6 yang dapat membantu mengurangi keluhan mual di awal kehamilan. Selain itu kandungan serat, vitamin, dan asam folat di dalam pisang juga sangat baik untuk kesehatan. Pisang juga diyakini bisa menjadi sumber energi bagi ibu hamil sehingga tidak mudah lelah dan lemas.

2. Bayam

Kandungan asam folat di dalam sayur bayam cukup tinggi sehingga sangat baik jika dikonsumsi selama masa kehamilan. Asam folat diketahui sebagai zat penting yang bermanfaat dalam membantu pertumbuhan sel.

Dan pada ibu hamil, asam folat dapat mencegah resiko terjadinya cacat tabung syaraf maupun tulang belakang. Selain itu, bayam juga banyak mengandung vitamin A, C dan K, serta zat besi dan mangaan.

3. Brokoli

Sama halnya dengan bayam, brokoli juga mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga sangat baik jika dikonsumsi saat hamil.

Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan adalah asupan gizi yang cukup untuk menggantikan nutrisi yang terbuang akibat keluhan mual dan muntah di awal kehamilan.

Ibu hamil bisa menyiasatinya dengan makan makanan yang bergizi dalam porsi kecil namun frekuensinya sering agar kebutuhan janin tetap terpenuhi.

Salah satu caranya adalah ngemil makanan sehat seperti buah, biskuit, sereal, roti gandum, dan susu.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimeseter Kedua

Pada masa kehamilan ini, jenis makanan yang dianjurkan antara lain adalah:

1. Telur

Telur mengandung kolin yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk perkembangan otak janin. Adapun kebutuhan ibu hamil akan kolin sekitar 450 mg per hari.

Selain bisa diperoleh dari telur, kebutuhan akan kolin juga bisa didapatkan dari susu, daging sapi, dan kacang kedelai. Namun telur yang dikonsumsi haruslah matang, tidak boleh setengah matang atau bahkan mentah, karena dikhawatirkan masih mengandung mikroorganisme yang bisa membahayakan kehamilan (Baca: Hamil Kosong).

2. Alpukat

Selain kaya akan serat, alpukat juga banyak mengandung vitamin C, K, B6 dan asam folat, serta lemak tak jenih yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Alpukat juga diyakini mampu mengurangi keluhan mual pada masa kehamilan.

3. Kacang-kacangan

Kandungan protein dan lemak sehat yang terkandung dalam kacang-kacangan sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama menjaga kesehatan jantung.

Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester III

Pada masa kehamilan ini, jenis makanan yang dianjurkan antara lain adalah:

1. Pepaya

Pepaya yang dianjurkan adalah yang benar-benar matang karena banyak mengandung serat, vitamin A dan potasium. Pepaya sangat efektif untuk mengatasi keluhan sembelit pada masa kehamilan, terutama di trimester III.

2. Ikan

Ikan kaya akan kandungan omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan menjaga kesehatan jantung, sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil.

3. Kentang

Seiring dengan pertambahan usia kandungan, kebutuhan kalori juga mengalami peningkatan, namun tetap harus seimbang agar berat badan tetap terkontrol. Konsumsi kentang menjadi hal yang dianjurkan selain nasi, karena diyakini bisa membantu mengontrol berat badan.

Kebutuhan nutrisi yang meningkat sesuai dengan usia kehamilan bisa dipenuhi dengan asupan gizi yang seimbang, baik itu karbohidrat, protein, vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga bisa mendukung tumbuh kembang janin secara optimal.

Daftar Makanan Sehat yang Baik dikonsumsi Selama Kehamilan

Mengkonsumsi makanan sehat selama masa kehamilan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh ibu hamil. Asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang janin yang sedang dikandung, sehingga hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

Selain lebih selektif dalam memilih jenis makanan, ibu juga harus pintar dalam memilih jenis makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi saat hamil. Ada banyak jenis makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan, terutama yang memiliki kandungan gizi tinggi, karena akan sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan janin secara sempurna.

Nah, jika Anda ingin tahu lebih jauh mengenai apa saja makanan sehat yang baik untuk ibu hamil, maka sebaiknya Anda simak uraian berikut ini.

1. Susu

Kandungan nutrisi yang ada di dalam susu tentu sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan, demikian juga untuk kehamilan. Kandungan protein dalam susu sangat bermanfaat dalam proses pembentukan jaringan pada janin, pertumbuhan otot, dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Produk olahan susu juga diketahui memiliki manfaat yang sama, namun sebaiknya ibu hamil menghindari produk olahan susu yang tidak melalui proses pasteurisasi karena diyakini masih mengandung mikroorganisme yang bisa membahayakan kehamilan.

2. Telur

Tahukah Anda jika ada lebih dari 12 vitamin yang terkandung dalam sebutir telur? Selain itu, telur juga kaya akan protein, mineral dan omega-3. Kandungan kolin yang terdapat dalam telur diketahui sangat bermanfaat dalam pertumbuhan otak sehingga mampu menurunkan resiko janin mengalami cacat tabung syaraf.

Penting untuk diketahui, ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi telur yang masih mentah ataupun setengah matang, karena dikhawatirkan masih mengandung mikroorganisme yang bisa membahayakan kehamilan.

3. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung protein yang cukup tinggi, sehingga sangat bermanfaat bagi proses pertumbuhan janin secara keseluruhan. Yang perlu diingat adalah tingkat kematangan daging yang akan Anda konsumsi, pastikan sudah benar-benar matang,

4. Kacang-kacangan

Kandungan asam folat pada kacang-kacangan cukup tinggi sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada masa kehamilan, karena bermanfaat dalam pembentukkan sistem syaraf sehingga mampu menurunkan resiko janin lahir dengan kondisi mengalami kelainan pada sistem syaraf dan tulang belakang.

5. Sereal

Selain asam folat, sereal juga diketahui mengandung vitamin dan mineral penting yang diperlukan oleh tubuh. Sereal juga diyakini bermanfaat dalam meingkatkan nafsu makan dan memiliki kemampuan meminimalisir keluhan mual di awal kehamilan.

6. Ubi jalar

Ubi jalar termasuk jenis makanan sehat yang baik untuk ibu hamil, karena banyak mengandung karoten, vitamin C, folat dan serat, terutama yang berwarna ungu atau orange baca juga vitamin hamil.

Karoten diketahui bermanfaat bagi kehamilan karena dapat dikonversi menjadi vitamin A. Dan meskipun konsumsi vitamin A secara berlebihan dapat memebahayakan kesehatan, karoten pada ubi jalar berbeda, karena hanya dikonversi seperlunya saja.

7. Buah-buahan

Buah-buahan menjadi makanan sehat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil, terutama karena kaya akan vitamin C. Dimana vitamin C diketahui mampu melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga melindungi ibu dan janinnya dari resiko serangan penyakit (baca: cegah kecacatan bayi). Beberapa buah yang sebaiknya dikonsumsi antara lain: jeruk, apel, pisang, buah naga, semangka, stroberi, alpukat, pepaya matang.

8. Roti Gandum

Roti gandum lebih disarankan karena mengandung karbohidrat, serat dan zat besi sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dari 4 lembar roti gandum yang dikonsumsi dalam sehari, mampu memenuhi kebutuhan akan serat harian sekitar 20-35 gram.

9. Sayuran Hijau

Sayuran hijau diketahui banyak mengandung asam folat dan zat besi sehingga baik untuk kehamilan. Selain itu kandungan serat yang cukup tinggi pada sayuran sangat bermanfaat untuk mengatasi keluhan sembelit pada ibu hamil. Beberapa sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi saat hamil antara lain: bayam, kangkung, brokoli, sawi hijau, daun katuk, dan kacang panjang.

Selain makanan sehat yang sangat dianjurkan di atas, ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup agar terhindar dari resiko kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi akibat produksi keringat yang lebih di masa kehamilan, serta akibat keluhan mual di awal kehamilan.

Dan jangan lupa, imbangi makanan sehat ibu hamil dengan olah raga ringan serta istirahat yang cukup agar tetap bugar selama kehamilan.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here