Keunikan 7 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi Traveller

1994
Obyek dan Destinasi Wisata di Solo
Wisata Solo

7 Tempat Wisata Di Solo dengan Segala Keunikannya

Arwini.com – Hari ini siapa yang tak familiar dengan kota Solo apalagi dengan dinobatkannya Jokowi yang ‘wong Solo’ sebagai presiden republik Indonesia. Kota yang dikenal dengan slogan The Spirit of Java ini memiliki latarbelakang kultur yang kuat dan masyarakatnya dikenal memiliki sikap ramah.

Selain itu kota Solo juga dikenal mempunyai berbagai destinasi-destinasi wisata yang eksentrik. Kota Solo merupakan representatif sempurna dari perpaduan tradisional dan modern.

Berbagai tempat wisata di Solo memiliki nuansa tradisional namun dikemas dengan konsep modern. Dalam artikel spesial ini kamu akan menemukan 7 tempat wisata di Solo yang memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri.

1. Keraton Kasunanan Surakarta

Jika berkunjung ke Solo maka hal pertama yang harus kamu masukan dalam to-do-list perjalanan kamu adalah Keraton Kasunanan Surakarta.

Untuk mengetahui cikal bakal kota Solo maka kamu harus mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta. Selain sebagai ikon lahirnya kota Solo, keraton ini juga merupakan cikal bakal kesultanan Yogyakarta.

Tempat wisata di Solo ini bisa menjadi starting point sebelum mengunjungi lokasi-lokasi wisata lainnya. Apa yang membuatnya begitu spesial karena traveler dapat menemukan sisi-sisi kota Solo dari berbagai macam perspektif seperti kesenian, sejarah, budaya, dan politik secara bersamaan.

Hal inilah yang membuat Kerataon Kasunanan Surakarta memiliki high value sebagai ikon wisata kota Solo.

Bangunannya yang sangat timeless disertai ornamen-ornamen khas Jawa membuat Keraton Kasunanan Surakarta sangat disukai oleh banyak traveler.

Bangunan dan detail-detailnya merepresentasikan kekuatan budaya Jawa. Karena nuansanya begitu megah maka tak ada salahnya kamu melakukan kegiatan fotografi disini.

Kegiatan selfi memang menjadi hal wajib dalam sebuah trip dan jika kamu melakukan selfi di Keraton Kasunanan Surakarta maka kamu akan mendapat banyak apresiasi dari temanmu di sosial media. Namun selain berfoto ria, keraton ini juga memiliki berbagai peninggalan barang antik seperti keris, wayang kulit, kereta kencana dan lain-lain, pokoknya dijamin puas deh jika kamu berkunjung ke Keraton Surakarta.

2. Museum Batik Danar Hadi

Kurang afdol rasanya jika ke Solo tapi tidak mencoba mengubek-ubek berbagai lokasi yang menjajakan batik. Untuk memuaskan hasrat tersebut maka Museum Batik Danar Hadi sangat pas dijadikan spot selanjutnya di Solo.

Kota Solo memang terkenal karena berbagai wisata heritagenya dan Museum Batik Danar Hadi merupakan salah satunya.

Museum Batik Danar Hadi dikenal juga dengan sebutan House of Danar Hadi merupakan sebuah kompleks cagar budaya yang memperlihatkan berbagai koleksi batik dari berbagai tipe batik di dunia.

Tempat wisata di Solo ini sangat spesial karena pengunjung bisa melihat berbagai tipe-tipe batik beserta teknik pembuatannya. Museum ini didirikan pada 2008 yang lalu dengan harapan masyarakat lebih aware dan bangga terhadapan batik sebagai warisan budaya asli Indonesia.

Traveler bisa melihat berbagai model batik, tidak hanya batik style lokal namun terdapat juga koleksi batik mancanegara.

Uniknya lagi pengunjung akan menemukan batik-batik peninggalan masa kolonialisme Belanda dan Jepang dengan aksen-aksen batik yang masih terlihat sangat autentik.

Nah jika sudah puas melihat-lihat koleksi batik di Museum Batik Danar Hadi ini maka tak afdol rasanya jika tak membawa oleh-oleh batik, traveler bisa membeli batik di Museum Batik Danar Hadi ini.

3. Museum Purba Sangiran

Kota Solo juga mempunyai tempat wisata ekslusif yang dikenal hingga penjuru dunia yaitu Museum Purba Sangiran. Museum Purba Sangiran merupakan museum arkeologi yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO.

Museum ini dikenal sebagai museum arkeologi paling lengkap di Asia, betapa tidak karena di museum ini pengunjung dapat menemukan puluhan ribu fosil dengan berbagai backgroundnya.

Yang paling penting dari museum ini adalah adanya dokumentasi tentang pola kehidupan manusia purba di Jawa berjuta-juta tahun yang lalu.

Tempat wisata di Solo ini sangat cocok bagi traveler yang menginginkan kegiatan liburannya ‘engga biasa-biasa aja’, untuk itulah mengapa museum langka di Solo ini bisa menjadi alternatif terbaik.

4. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu adalah kompleks wisata air terjun terkenal di kota Solo. Objek wisata populer di Solo ini memiliki sebuah jembatan yang terlihat sangat artistik apalagi untuk kegiatan fotografi.

Dengan latar air terjun, berfoto di jembatan tersebut terlihat sangat keren. Jembatan tersebut dinamakan ‘pegat kretek’ yang merepresentasikan perpisahan, banyak orang yang percaya jika ada pasangan yang melintasi jembatan tersebut maka tak lama kemudian akan berpisah.

Tenang saja hal tersebut hanya pemanis objek wisata tersebut, karena aslinya masih sangat banyak pasangan yang melintasi jembatan ‘kretek pegat’ ini. Destinasi wisata ini terletak di kaki gunung Lawu dan menjadi objek wisata air terjun paling terkenal di kota Solo.

Nuansa alam yang masih sangat alami dan juga adanya berbagai penginapan, membuat Grojogan Sewu Tawangmangu ini sangat oke untuk dikunjungi.

5. Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo

Jika kamu ke Solo maka pastikan untuk mengunjungi Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo, karena kamu akan merasakan taman hiburan yang berbeda dari biasanya. Taman hiburan populer kota Solo ini masih menjaga sisi budaya dalam keseluruhan wahana yang ada didalamnya.

Pertunjukan-pertunjukan seni tradisional seperti wayang kulit, wayang orang, ketoprak masih bisa ditemukan disini. Namun dewasa ini Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo bertransformasi menjadi lebih modern dengan adanya wahana-wahana seperti permainan anak, waterpark, konser dan lain-lain.

6. Candi Ceto

Satu lagi objek wisata heritage yang ada di kota Solo adalah Candi Ceto, sebuah candi yang terletak di kaki gunung Lawu. Dinamakan Ceto, karena memang candi tersebut terletak di dusun Ceto, Jenawi Solo.

Di era modern ini banyak traveler yang ingin merasakan nuansa mistis di sebuah objek wisata dan Candi Ceto ini bisa menjawab keinginan para traveler. Kesan eksotis dan juga mistis memang melingkupi area candi, namun hal-hal tersebut malah yang membuat banyak orang ingin mengunjunginya.

Suasana khas pegunungan akan menyertai traveler seperti adanya kabut-kabut tipis yang anggun dan juga heningnya suasana. Candi Ceto bisa menjadi objek wisata pilihan terbaik saat mengunjungi kota Solo.

7. Alun-Alun Kidul

Nah jika sudah seharian jalan-jalan ke beberapa objek wisata di Solo maka pada malam harinya kamu bisa beristirahat dan nongkrong-nongkrong di Alun-Alun Kidul kota Solo. Dan uniknya lagi konsep dua beringin yang berada di Alun-Alun Kidul dibawa oleh Hamengkubowono I dan untuk kemudian dibuat di Yogyakarta.

Baca Juga: Tempat Wisata Terbaru di Jogja

Terlepas dari itu semua objek wisata populer kota Solo ini bisa membuat siapa saja betah berlama-lama mengunjunginya. Pada malam hari suasana di Alun-Alun Kidul lebih luar biasa lagi, kamu bisa menyewa sepeda wisata yang mempunyai lampu kerlap-kerlip untuk mengelilingi area alun-alun.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here