Kenali 8 Tanda Fisik dan Ciri Non Fisik Kehamilan 1 Minggu

29714
Tanda Fisik dan Ciri Non Fisik Kehamilan 1 Minggu
Tanda Fisik dan Ciri Non Fisik Kehamilan 1 Minggu

Tanda Fisik dan Ciri Non Fisik Kehamilan 1 Minggu – Tanda-tanda kehamilan yang muncul pada minggu pertama sebetulnya cukup banyak, baik tanda dalam hal fisik maupun non fisik. Tidak sedikit para ibu yang masih belum menyadari akan datangnya tanda kehamilan lantaran dirasa hal tersebut adalah sebuah fase yang biasa terjadi.

Contohnya saja telat datang bulan dan juga sering mual serta muntah dianggap hal yang biasa. Terlambat datang bulan biasa dipahami wanita adalah hal yang bmyk dilalami setiap wanita.

Sebagian perempuan tidak menyadari bahwa hal tersebut merupakan tanda kehamilan mingngu pertama. Begitu juga dengan mual dan muntah, dimana dianggap hanya sebuah gangguan fisik ringan dan akan segera pulih.

Sebaliknya pun demikian, ada pula sebagian perempuan mengalami tanda-tanda tersebut lalu menarik kesimpulan bahwa dirinya sedang hamil. Memang cukup sulit untuk membedakan tanda kehamilan dan hal-hal yang sudah lumrah terjadi.

Beberapa wanita merasa kebingungan menentukan dirinya sedang hamil atau tidak. Bahkan yang langsung pada kesimpulan hamil hanya karena melihat satu tanda kehamilan, padahal usia kehamilan masih masih muda, yaitu satu minggu.

Karena hal ini adalah sesuatu yang penting untuk diketahui wanita, guna merespon perubahan diri yang terjadi. Pada kesempatan ini Arwini.com akan memberikan beberapa ciri hamil fisik dan non fisik kehamilan 1 Minggu.

Baca Juga: Tanda Tanda Pasti Kehamilan Wanita

Tanda-Tanda Fisik Kehamilan 1 Munggu yang Umum Terjadi pada Wanita

Tanda-tanda kehamilan 1 minggu secara fisik adalah tanda yang bisa dilihat langsung oleh mata. Beberapa perubahan fisik, ataupun rasa nyeri yang dirasakan pada beberapa bagian tubuh.

1. Sakit Perut

Implantasi calon janin ke dinding rahim seorang ibu akan menyebabkan munculnya rasa nyeri pada perut, atau kram perut biasa disebutnya. Jadi, gejala rasa nyeri di perut ini merupakan salah satu yang timbul pada kehamilan minggu pertama dan ini akan berlangsung hingga prosesnya rampung.

2. Perubahan Terjadi Pada Payudara

Kehamilan minggu pertama juga akan ditandai dengan terjadinya perubahan pada payudara. Perubahan tersebut sendiri adalah payudara akan lebih sensitif dan nyeri saat disentuh ataupun terkena bra. Kemudian payudara juga akan lebih besar saat ibu sedang hamil. Puting payudara pun lebih membesar, berwarna lebih gelap, dan kerap kali merasa gatal. Hal ini disebabkan lantaran hormon yang ada dalam tubuh sang ibu mengalami perubahan saat hamil.

3. Lebih Sering Buang Air Kecil

Usai terjadinya implantasi, tubuh ibu hamil akan memproduksi hormon HCG yang menjadikan ibu akhinya sering buang air kecil. Frekuensi buang air kecil yang meningkat tersebut akan berlangsung pada minggu pertama kehamilan hingga sekitar 12 minggu yang kemudian akan kembali normal lagi sampai dengan minggu ke 27. Pada usia kehamilan yang memasuki 27 minggu dan seterusnya, frekuensi buang air kecil akan meningkat kembali.

4. Mengeluarkan Bercak Darah

Pendarahan ringan dengan adanya bercak darah yang dikeluarkan tubuh menjadi salah satu tanda kehamilan minggu pertama. Munculnya bercak darah atau implantation bleeding tersebut disebabkan oleh adanya proses implantasi calon janin pada dinding rahim. Bercak darah yang keluar tidak jauh berbeda dengan yang muncul saat hendak menstruasi.

5. Sering Mual dan Muntah

Tanda kehamilan minggu pertama yang selanjutnya adalah sering terjadinya mual dan muntah. Kondisi ini juga bisa disebut morning sickness lantaran kerap kali terjadi pada pagi hari, meskipun memang tidak menutup kemungkinan juga akan terjadi di sepanjang hari.

Tanda-tanda Non Fisik Kehamilan Minggu Pertama (Foto: Blog-netizen.com)
Ciri-Ciri Non Fisik Kehamilan Minggu Pertama
Yang Biasa Dialami Wanita

Selain munculnya berbagai tanda kehamilan satu minggu secara fisik, ada pula beberapa tanda yang muncul berupa secara non fisik, dengan kata lain berarti berhubungan dengan psikis.

1. Mengidam

Kehamilan awal yang masih berusia satu minggu biasanya sudah membuat sang ibu mulai menginginkan makanan ataupun minuman tertentu, alias mengidam. Yang biasa diinginkan oleh ibu hamil adalah makanan ataupun minuman yang aneh, seperti buah yang rasanya asam, ataupun makanan dan minuman yang memiliki aroma dan rasa khas. Mengidam biasanya tidak berlangsung pada masa awal kehamilan saja, namun hingga usia kehamilan di trimester 3.

2. Hidung Lebih Sensitif Terhadap Bau

Apabila seorang ibu yang kesehariannya biasa saja terhadap bau dari sesuatu tertentu dan tiba-tiba saja bau tersebut menjadi hal yang tidak disukai, bisa jadi itu merupakan salah satu tanda kehamilan satu minggu. Satu contohnya, misalkan parfum yang biasa dikenakan oleh si ibu sangat disukai baunya, namun ternyata tiba-tiba bau tersebut menjadi tidak disukai. Begitu pun sebaliknya, bau dari sesuatu yang tidak disukai oleh sang ibu, bisa jadi saat hamil bau tersebut menjadi kesukaannya.

3. Gelisah dan Cemas

Untuk ibu yang sedang hamil 1 minggu, biasanya akan timbul rasa gelisah dan cemas yang tinggi. Kecemasan tersebut bisa jadi akan membuat sang ibu stress. Maka dari itu, langsung kenali berbagai tanda kehamilan dan kemudian kontrol kondisi psikis ibu.

Kenali Kenali 8 Tanda Fisik dan Ciri Non Fisik Kehamilan 1 Minggu yang Umum dialami Wanita. Mudahan Bermanfaat

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here