Hidup Bahagia dengan 8 Langkah Sederhana, Membuat Hidup Anda Lebih Bermakna

3429
Langkah Hidup Bahagia
Hidup Bahagia

Arwini.com – Menjalani hidup penuh dengan kebahagiaan tentu menjadi keinginan setiap orang, namun demikian kebahagiaan sendiri bersifat subjektif karena hanya diri kita sendiri yang bisa merasakannya. Ada kalanya kita melihat seseorang memiliki kehidupan yang bahagia, namun ternyata apa yang kita lihat tidak sesuai dengan kenyataan yang dialaminya.
 
Menjadi pribadi yang lebih bahagia sebenarnya bukanlah hal yang rumit, karena ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih bahagia. Dilansir dari Mirror.co.uk, berikut ini adalah cara sederhana yang bisa dilakukan agar hidup lebih bahagia.
  
1. Menentukan Tujuan Hidup
 
Jika selama ini Anda beranggapan bahwa hidup itu dijalani saja seperti air yang mengalir, maka mulailah mengubah persepsi tersebut. Untuk mendapatkan kehidupan yang lebih bahagia, sebaiknya Anda sudah menentukan tujuan hidup secara jelas. Dengan adanya tujuan hidup yang jelas, secara otomatis Anda akan berusaha untuk meraihnya sehingga Anda bisa menjalani hidup dengan lebih bersemangat.
 
2. Mengoptimalkan ‘Me Time’
 
Kesibukan sehari-hari yang Anda jalani akan menjadi rutinitas yang membosankan jika Anda tidak memiliki waktu untuk diri Anda sendiri. Untuk mengimbangi rutinitas yang cukup menyita waktu, energi dan pikiran, Anda perlu mengoptimalkan ‘me time’ dengan hal-hal yang menyenangkan.
 
Baca Juga:  10 Manfaat Penting Membaca yang jarang Anda Sadari
 
Anda bisa sejenak menikmati hobby yang selama ini terlupakan, atau berkumpul bersama teman-teman dekat maupun keluarga dengan obrolan santai yang menyenangkan. Bahkan Anda pun bisa sekedar menonton film kesukaan atau mendengarkan musik favorit untuk merefresh pikiran dan suasana hati agar lebih positif.
 
3. Sedikit Bersantai
 
Tidak ada yang salah jika Anda memiliki ambisi tertentu untuk masa depan Anda, namun cobalah untuk sejenak bersantai. Jangan biarkan pikiran Anda terbebani dengan berbagai masalah yang membuat hidup Anda tertekan. Belajar untuk lebih santai dalam menghadapi setiap masalah bukan berarti Anda lari dari masalah, namun dengan pemikiran yang lebih fleksibel akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan solusi yang terbaik.
 
4. Menjalin Hubungan 
 
Sesibuk apapun Anda dalam pekerjaan, tetaplah menjalin hubungan yang baik dengan orang lain. Baik itu rekan kerja di lingkungan Anda bekerja, teman, keluarga maupun pasangan. Hubungan yang baik dengan semua orang akan membuat hidup Anda lebih tenang dan bahagia, dimana saat Anda merasakan kesedihan pun akan ada orang lain yang perduli dan mensupport Anda untuk tetap kuat.
 
5. Mengenali Kelebihan 
 
Setiap orang dikaruniai dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika selama ini Anda hanya fokus pada kekurangan Anda yang membuat kepercayaan diri Anda menurun, maka mulailah mengenali kelebihan yang Anda miliki. Fokus pada yang dimiliki oleh orang lain justru akan membuat Anda merasa rendah diri, sebaiknya Anda fokus pada kelebihan yang Anda miliki dan bersyukur atas anugerah tersebut.
 
6. Berani Berkata Tidak
 
Jika selama ini Anda cenderung menjadi orang yang selalu menuruti perkataan orang lain karena merasa tidak enak jika menolak, maka cobalah untuk mengatakan tidak jika memang hal itu tidak sesuai dengan keinginan Anda. Menyenangkan orang lain mungkin merupakan suatu kebaikan, namun jika hal itu membuat Anda merasa terpaksa bahkan tertekan maka ada baiknya Anda juga memikirkan kebahagiaan diri Anda sendiri.
 
7. Travelling
 
Sejenak melepaskan kepenatan dari aktivitas sehari-hari yang penuh dengan kesibukan bisa membuat Anda lebih bahagia. Anda bisa menikmati liburan bersama keluarga, teman atau pasangan Anda dan melupakan pekerjaan untuk beberapa saat. Menikmati travelling di alam terbuka bisa membantu Anda untuk merefresh segala kepenatan dan memulihkan mood menjadi lebih baik lagi.
 
8. Penuh Rasa Syukur
 
Terkadang apa yang Anda alami dalam hidup tidak sesuai dengan rencana atau harapan sebelumnya, Anda tidak perlu menyesali hal itu secara berlebihan. Cobalah untuk menjalani kehidupan Anda dengan penuh rasa syukur. Ingat, apapun yang dialami dalam kehidupan ini pasti ada hikmah di balik semua itu.
 
Bahagia itu sederhana. Selama kita bersyukur dengan apa yang kita miliki maka kita akan bisa menjalani hidup dengan lebih tenang dan bahagia. Nah, sudah bahagiakah hidup Anda?

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here