Gunung Rinjani Lombok: Perpaduan dari Eksotisme Alam dan Spiritual

Ketinggian Gunung Rinjani Lombok
Gunung Rinjani Lombok

Arwini.com – Gabungan dari eksotisme alam dan eksotisme spiritual tersaji di Gunung Rinjani Lombok. Pegunungan ini merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia, yang keindahannya tidak hanya dikagumi oleh wisatawan lokal tapi juga mancanegara.

Gunung Rinjani beberapa kali mendapatkan penghargaan di berbagai ajang, di antaranya menjadi finalis Tourism for Tommorow Award pada tahun 2007 yang lalu.

Selain menjadi destinasi wisata terfavorit di Lombok, Gunung Rinjani juga memiliki makna tersendiri bagi Suku Sasak dan Hindu Bali, dimana Gunung Rinjani dipercaya sebagai tempat sakral berkumpulnya para dewa dan dewi.

Legenda Dewi Anjani yang sangat terkenal, membuat pegunungan ini berbeda dengan gunung lainnya di Indonesia. Sebut saja gunung Tangkuban Perahu yang ada di Bandung.

Terlepas dari legenda tersebut, Gunung Rinjani menawarkan spot wisata luar biasa, dimana keindahan panorama alamnya bahkan disebut-sebut sebagai yang terindah di Indonesia bahkan di Asia.

Gunung Rinjani terletak di zona transisi garis imajiner atau garis Walacea, itu artinya pengunjung bisa melihat bentang alam dari dua sub daratan yang berbeda yaitu tropis Asia dengan Australia.

Uniknya, pengunjung dapat menemukan flora dan fauna yang berbeda karakter, seperti kijang, burung penghisap madu, trenggiling, lutung budeng dan lain-lain.

Beberapa pemandangan indah juga tersaji pada bentang alam perpaduan padang savana, hutan tropis dan bukit-bukit yang indah. Atas keunikan ini, Gunung Rinjani dianggap sebagai spot pendakian high-class, yang memiliki panorama alam yang sangat indah.

Seperti yang kita tahu bahwa gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, dan hal itul yang membuat Gunung Rinjani semakin bergengsi dimata para pendaki.

Berada di puncak, pendaki akan disuguhkan dengan gabungan antara kebebasan dengan kepuasan karena bisa melihat pemandangan keseluruhan dari pulau Bali, Sumbawa dan Lombok.

Gunung yang masuk dalam bagian Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) ini memiliki ketinggian 3,700 meter diatas permukaan laut, jadi bagi kamu yang ingin mendaki gunung ini, persiapkan latihan fisik dan peralatan mendaki yang lengkap.

Suku Sasak yang menempati sebagian besar dataran gunung mempercayai bahwa Gunung Rinjani tidak hanya memberikan keindahan panorama saja, tapi juga memberikan nilai spiritual bagi seimbangnya ekosistem alam.

Bagi kamu yang ingin mendaki, hendaknya mengetahui berbagai informasi mengenai Gunung Rinjani ini. Sama seperti gunung-gunung tinggi lainnya, Gunung Rinjani juga memiliki trek ekstrem bagi para pendaki, suhu rata-rata di Gunung Rinjani berkisar antara 20-10 derajat Celsius, jadi pastikan kamu membawa perlengkapan yang lengkap seperti jaket dan baju tebal.

Selain itu kondisi cuaca hampir tidak bisa diprediksi, hal inilah yang membuat beberapa pendaki harus kehilangan nyawanya di gunung eksotis milik pulau Lombok ini.

Selain itu, bagi kamu yang ingin mendaki Gunung Rinjani, pastikan sudah memiliki ijin pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Setelah mendapatkan ijin, kamu akan mendapatkan panduan-panduan mengenai medan yang akan ditempuh, batas lama pendakian dan penutupan pendakian.

Pastikan kondisi badan kamu juga sedang fit, dan bawalah perbekalan yang penting-penting sesuai dengan medan yang akan didaki. Gunung Rinjani pastinya akan menjadi destinasi wisata yang tak akan pernah kamu lupakan seumur hidupmu!

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here