Fakta Seputar Mimpi Buruk yang Sering Diabaikan

Fakta Seputar Mimpi Buruk di Malam Hari
Bangun dari Mimpi (Foto: Writerscafe.org

Arwini.com, Fakta Seputar Mimpi Buruk – Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dan seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman hingga membuat kita terbangun dari tidur.

Dikutip dari Cosmopolitan, mimpi bisa diartikan sebagai hasil kerja otak terhadap suatu masalah yang belum selesai.

Lalu bagaimana dengan mimpi buruk yang dialami ketika tidur?  Berikut ini adalah fakta seputar mimpi buruk yang sebaiknya Anda tahu.

Hal-hal tak terduga yang bisa berpengaruh pada isi mimpi

Tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang ternyata bisa berpengaruh pada isi mimpi hingga memunculkan mimpi buruk dalam tidur Anda?  Hal-hal tak terduga yang bisa mempengaruhi mimpi antara lain adalah:

  • Bau

Aroma atau bau yang menyengat bisa berpengaruh dalam memunculkan mimpi buruk, sebaliknya aroma bunga atau wewangian bisa memunculkan mimpi yang cenderung positif.

  • Suara

Suara yang terdengar di sekitar kita saat tidur bisa mempengaruhi isi mimpi, suara bising cenderung memunculkan mimpi yang kurang menyenangkan.

  • Makanan pedas

Konsumsi makanan berat atau pedas sesaat sebelum tidur bisa memicu munculnya mimpi buruk, sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsinya minimal 2 jam sebelum tidur.

  • Posisi tidur tengkurap

Studi yang diterbitkan dalam Journal Dreaming menyebutkan bahwa posisi tidur tengkurap cenderung memuncullkan mimpi buruk ketika tidur.

  • Tidur dalam keadaan lapar

Tahukah Anda bahwa tidur dalam keadaan lapar juga bisa memicu munculnya mimpi buruk?  Ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan ringan yang mengenyangkan ketika merasa lapar di malam hari, cobalah untuk makan pisang atau minum segelas susu hangat agar tidur lebih nyenyak dan terhindar dari mimpi buruk.

  • Nonton film horor sebelum tidur

Rasa takut dan kecemasan akibat menonton film horor akan sangat berpengaruh pada isi mimpi Anda, karena perasaan tersebut akan terbawa di alam bawah sadar hingga memunculkan mimpi buruk yang menakutkan.

Hubungan gangguan kesehatan dengan mimpi buruk

Pada umumnya mimpi buruk muncul akibat adanya tekanan stress, perubahan hormonal, kecemasan, peristiwa traumatis, atau pengaruh obat-obatan yang diminum.

Fakta lain yang berhubungan dengan mimpi buruk yaitu adanya hubungan antara gangguan kesehatan dengan mimpi buruk.

  • Penyakit jantung

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa ada hubungan antara mimpi buruk dengan gangguan irama jantung, dan hal ini terutama dialami oleh lansia.

Selain itu, pengalaman mimpi buruk yang sering dialami juga mampu meningkatkan detak jantung hingga memicu terjadinya nyeri dada.

Kebanyakan serangan jantung terjadi pada saat dini hari ketika sedang tidur, terutama pada fase REM (Rapid Eye Movement), dimana nafas cenderung lebih cepat, berat dan tidak teratur.

  • Resiko penyakit parkinson

Gangguan tidur dan mimpi buruk pada seseorang yang disertai dengan gerakan fisik seperti menangis, berteriak atau memukul bisa memicu resiko terjadinya penyakit parkinson dan penurunan fungsi syaraf.

  • Sleep apnea

Saat Anda mengalami mimpi buruk yang disertai dengan sesak nafas, besar kemungkinan hal itu merupakan gejala atau indikasi adanya sleep apnea (henti nafas sejenak saat tidur).

Ketika seseorang bermimpi seolah tercekik atau tenggelam, pada kenyataannya nafasnyalah yang tersumbat sehingga otak kekurangan oksigen.

Tips agar tidak mengalami mimpi buruk

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari kemungkinan munculnya mimpi buruk, seperti di bawah ini:

  • Hindari melihat gambar atau film yang menyeramkan sebelum tidur, termasuk juga mendengarkan cerita horor yang menakutkan.
  • Cobalah untuk menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman dan menyenangkan agar tidur Anda lebih nyenyak.

    Fakta Seputar Mimpi Buruk
    Fakta Seputar Mimpi Buruk (Foto: Gizmopod.com)
  • Tidak ada salahnya mendengarkan musik lembut yang menenangkan agar tubuh lebih rileks dan nyaman.
  • Cobalah untuk memikirkan hal-hal yang menyenangkan sebelum tidur karena hal itu juga akan sangat berpengaruh pada isi mimpi Anda ketika tidur.
  • Kurangi stress, Anda bisa mencoba dengan mandi air hangat sebelum tidur atau kegiatan lainnya yang menenangkan seperti meditasi atau yoga.
  • Cobalah untuk mengurangi asupan kafein setidaknya 4 jam sebelum tidur agar tidur Anda lebih nyenyak dan terhindar dari kemungkinan munculnya mimpi buruk.

Itulah beberapa fakta seputar mimpi buruk dan bagaimana cara untuk menghindarinya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Insomnia (susah tidur) di Malam Hari

Ingatlah bahwa semua mimpi buruk tersebut tidak nyata, cobalah untuk tetap berpikir positif agar tidak mengganggu kehidupan Anda, dan jangan lupa untuk selalu berdo’a sebelum tidur.  Semoga bermanfaat.

 

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here