12 Panduan Diet Sehat di Malam Hari dengan Makanan dan Minuman Rendah Lemak

276
Diet Sehat Di Malam Hari dengan Makanan dan Minuman
Diet Sehat Di Malam Hari dengan Makanan dan Minuman

Arwini.com – Sobat sehat yang budiman, asupan kalori, nutrisi serta gizi seimbang adalah langkah utama yang harus dilakukan dalam menjalankan program diet selain olahraga dan pola hidup sehat.

Termasuk makan pada waktu malam, seringkali disalahkan dapat menyebabkan pertumbuhan lemak pada tubuh.

Ada juga yang tidak makan di malam hari karena khawatir dapat menambah berat badan, padahal jika dicermati seseorang akan memiliki kualitas tidur yang baik saat isi perut terasa cukup.

Hal ini akan berdampak pada otak yang tidak berfungsi dengan baik, kurang istrahat serta tidak memberikan efek terhadap penurunan berat badan.

Apakah Anda menginginkan hal itu? Tentu tidak kan!!!

Memilih makanan sehat untuk mempertahankan tubuh langsing merupakan hal terbaik dalam menjalankan program diet cepat.

Seseorang yang menginginkan tubuh idel, langsing, dan jauh dari kata gemuk harus mengetahui jenis makanan sehat serta makanan yang tidak dapat menambah berat badan.

Hal ini dipahami bahwa semakin banyak mengkonsumsi makanan dan tidak memberikan efek penambahan berat badan akan sangat bagus dibandingkan dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan penambah lemak atau tidak makan sekalipun.

Untuk memiliki serta mempertahankan tubuh langsing, dibutuhkan jenis makanan yang baik untuk diet, gaya hidup sehat, hingga membangun rutinitas olahraga/gerakan yang berguna bagi kesehatan.

Sebagaimana yang disebutkan dalam situs livestrong.com, ada beberapa makanan yang dapat menstabilkan serta menjaga tubuh tetap langsing selama ia tidak menerapkan pola hidup buruk.

Makanan triptofan adalah jenis makanan yang memiliki tekstur halus dan dapat membuat perut terasa nyaman.

Troptofan ini dapat Anda temui pada susu dan pisang.

Selain membantu dalam mencukupi kebutuhan istrahat pada malam hari, kedua jenis triptofan ini memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga program diet Anda tidak akan terganggu.

Jika rasa lapar tidak dapat dihindari dan Anda khawatir untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalori dan lemak tinggi, ada baiknya mencoba dua makanan di atas.

Hal lain yang menjadi bahan pertimbangan adalah mudah ditemukan.

Selain itu, ada beberapa makanan yang dapat mengatur alam bawah sadar atau lebih familiar disebut dengan siklus tidur berpotensi untuk menjaga badan ramping.

Makanan tersebut dapat Anda temukan pada makanan yang mengandung hormon melatonin seperti: buah ceri, paprika orange, tomat, kacang almond, kacang walnut, dan lain sebagainya.

Secara rinci akan kami sebutkan kedua jenis makanan di atas, berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan.

Ingat! makanan ini mengeyangkan dan tidak berpengaruh pada penambahan berat badan.

4 Makanan Rendah Lemak yang Cocok untuk Program Diet di Malam Hari

1. Kacang Almond

Dalam sebuah riset pada tahun 2009 yang bertemakan The American Journal of Clinical Nutrition ditemukan sebuah fakta unik tentang kacang almond.

Diet Sehat di Malam Hari
Kacang Almond / Tokopedia.net

Wanita yang cenderung menjadikan kacang almond sebagai menu pelengkap saat makan (baik dijadikan sayur, maupun selai) cenderung memiliki berat badan ideal (dapat mempertahankan kelangsingan) dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi kacang jenis ini.

Satu ons kacang almond mengandung dan 3 gram serat, 167 kalori, dan 6 gram protein.

Selain menjaga bentuk tubuh, kacang almond dapat membuat anda terasa kenyang dan sangat berguna dalam diet anda.

2.  Buah Apel

Buah apel banyak dijadikan sebagai salah satu alternatif terbaik dalam menjalankan program diet di pagi hari, begitu juga saat dilakukan di malam hari.

Kandungan serat pada buah dapat membantu dalam penurunan kolesterol, memperlancar sistem pencernaan, serta dapat mengenyangkan.

Diet di Malam Hari Dengan Buah Apel
Buah Apel / Dekatilmu.blogspot.com

Tertuan dalam sebuah penelitian eropa dalam jurnal “appetite” ditemukan bahwa wanita yang memasukkan 3 buah pir atau 3 buah apel setiap harinya dalam program diet mereka cenderung lebih cepat menurunkan berat badan ketimbang dengan wanita yang lebih suka mengkonsumsi 3 kukis oast ke dalam menu sarapan maupun makan siang, meskipun kandungan serat yang terdapat dalam kukis sebanding dengan kandungan serat pada apel.

3. Buah Tomat

Selain apel, tomat dijadikan sebagai salah satu alternatif buah yang dapat membantu untuk mempertahankan tubuh langsing beberapa orang.

Tips diet di Malam Hari dengan Buat Tomat
Buah Tomat / Obatpembesaranprostat.com

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, konsumsilah setiap hari buah tomat merah secara konsisten, satu cangkir tomat merah setara dengan 43 kalori yang membantu Anda merasa kenyang lebih cepat.

Selain dapat membantu dalam program diet, buah tomat juga berguna untuk menyehatkan dan menimbulkan kesegaran dalam diri saat dikonsumsi.

4. Ikan Salmon

“International Journal of Obesity” menemukan bahwa orang yang menjadikan ikan salmon sebagai alternatif diet lebih berpotensi menurunkan berat badan sebanyak 10 ons dibandingkan dengan beberapa orang yang melakukan program diet lain.

Kurangi Lemak di Malam hari dengan Ikan Salmon
Ikan Salmon / Barusip.blogspot.com

Hal itu dipengaruhi oleh kandungan ikan salmon yang membantu Anda merasa lebih kenyang, sehingga tidak memiliki nafsu makan berlebih.

Jadikanlah ikan salmon sebagai menu makan malam untuk diet Anda, agar tidak menambah rasa lapar saat beraktivitas di malam hari.

Yang kami sebutkan hanya sebagian dari beberapa makanan yang dapat mememenuhi kebutuhan tubuh sehat, sehingga Anda dapat menemukan makanan lain setelah melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter gizi maupun dokter umum.

Carila jenis makanan yang dapat dijadikan menu makan malam, bisa dijadikan cemilan, ataupun bisa langsung dikonsumsi tanpa mengolahnya.

Perhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi setiap harinya, variasikan dengan makanan lain untuk menghindari kebosanan.

4 Minuman Rendah Lemak yang Cocok Untuk Program Diet di Malam Hari

Tidak hanya makanan yang dapat menggagalkan program diet Anda, minuman pun demikian.

Anda harus mengetahui beberapa minuman yang dianjurkan untuk  dikonsumsi saat malam hari menjelang tidur. Di antara minumn tersebut adalah:

1. Susu

Minuman yang baik untuk diteguk pada malam hari yang pertama adalah Susu. Susu mengandung triptofan yang merupakan salah satu asam amino esensial pada tubuh manusia yang memiliki fungsi untuk mensintesis protein.

Minuman Pelengkap saat diet Malam Hari
Susu / Bodymask.blogspot.com

Triptofan tersebut mempunyai kadar lemak yang rendah, sehingga meminum susu di malam hari adalah kebiasaan baik yang tidak mengganggu ataupun bahkan menggagalkan program diet anda.

Triptofan yang terkandung dalam Susu juga akan membantu untuk mencukupi kebutuhan istirahat di malam hari.

Tidur Anda akan terasa lebih nyenyak jika membiasakan untuk meminum susu sebelum tidur.

2. Teh Hijau

Minuman baik untuk diteguk di malam hari yang selanjutnya adalah Teh Hijau. Teh hijau adalah minuman herbal alami yang kaya akan khasiatnya.

Salah satu khasiat dari Teh Hijau adalah membantu untuk mengurangi kadar lemak yang ada dalam tubuh.

Menu Makan Sehat untuk Diet
Teh Hijau / Sembooh.com

Teh hijau mengandung polifenol yang bermanfaat untuk melindungi diri dari radikal bebas, serta juga akan memberikan pengaruh terhadap penyerapan lemak di dalam tubuh.

Menyeduh teh hijau dengan air hangat dan meminumnya ketika malam hari adalah hal yang tepat untuk membantu menyukseskan program diet kita.

Selain bermanfaat untuk membantu penyerapan lemak di dalam tubuh, teh hijau juga bermanfaat untuk membakar ekstra kalori.

Satu cangkir teh hijau, sektar 150 ml akan bisa membantu membakar 25 sampai dengan 30 kalori yang ada dalam tubuh kita.

Pembakaran kalori yang disebabkan karena meneguk seduhan teh hijau memang tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan berolahraga.

Memang alangkah baiknya untuk mendapatkan hasil diet yang optimal, meneguk seduhan teh hijau di malam hari bisa untuk diimbangi dengan berolahraga di pagi harinya.

Anda disarankan untuk meneguk teh hijau tanpa tambahan gula ataupun sirup. Meneguknya secara alami dengan menggunakan air hangat, itu akan lebih baik buat program diet Ana. Sebetulnya meneguk teh hijau dalam keadaan hangat ataupun dingin sama saja menyehatkan.

Jika seduhan teh hijau kita tambahkan dengan es batu, maka tidak lama es pun tentu akan mencair dan akan bercampur dengan air tehnya. Hal itu akan menjadikan kepekatannya mengalami penurunan, sehingga juga akan mempengaruhi kurangnya manfaat dari teh hijau itu sendiri untuk menurunkan berat badan Anda. Maka dari itu, sangat disarankan untuk meneguk dalam keadaan panas atau hangat.

3. Jeruk Nipis

Air perasan lemon atau jeruk nipis merupakan satu minuman yang baik juga untuk membantu Anda sukses menjalankan program diet.

Walaupun rasa asam dan kecut yang dimiliki oleh lemon ataupun jeruk nipis terasa kurang nikmat jika disantap secara langsung, akan tetapi kandungan nutrisi yang dimilikinya sangat bermanfaat untuk tubuh.

Minuman Rendah Lemak di Malam Hari
Jeruk Nipis / Infounik.org

Vitamin C berlimpah yang ada didalam lemon ataupun jeruk nipis mempunyai manfaat sebagai antioksidan serta juga penangkal racun jahat.

Selain itu, perasan air lemon juga dapat untuk membantu mengurangi gumpalan lemak yang menempel dalam tubuh.

Meminumnya saat malam hari dengan dipadukan bersama air hangat akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan secara perlahan.

Tak perlu meracik lemon dengan repot-repot, Anda hanya perlu menyediakan 150 ml air hangat untuk dicampurkan dengan perasan air lemon.

Menu diet sehat di malam hari dengan Menggunakan Madu
Madu / Ahlinyaobatherbal.com

4. Madu

Madu telah terkenal menjadi satu bahan yang membantu untuk menurunkan berat badan. Diet madu terbukti dapat menurunkan berat badan seseorang sampai dengan 1.4 kilogram dalam seminggu.

Meneguk madu murni sebanyak satu sendok makan bersama dengan air hangat saat sebelum tidur di malam hari akan membantu Anda mengurangi keinginan makan di malam hari.

Maka dari itu, madu terpercaya menjadi salah satu minuman baik yang akan membantu menyukseskan program diet anda.

Selengkapnya: Program Diet Sehat dengan Minum Jus Terbaik

4 Kebiasaan Buruk Penambah Berat Badan di Malam Hari

Terbiasa dengan aktivitas yang teratur dan sehat akan berdampak baik pada kualitas kehidupan seseorang, begitu juga dengan kebiasaan buruk yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan menimbulkan sasuatu yang tidak diinginkan sebelumnya.

Jika Anda sedang berkonsentrasi dengan program diet, maka perhatikanlah kebiasaan yang telah anda lakukan setiap hari.

Tidak hanya makanan dan minuman yang baik untuk diet yang perlu Anda perhatikan, rutinitas keseharian pun perlu Anda perhatikan.

Salah satu dari kebiasaan yang banyak orang hindari saat melakukan program penurunan berat badan adalah tidak makan di malam hari.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan makan malam yang setiap hari, namun perlu dipahami bahwa setiap makanan yang kita konsumsi ada batasan dan rambu-rambu tertentu yang tidak boleh kita langgar, terlebih lagi rambu dan batasan tersebut dibarengin dengan sesuatu yang dapat menimbulkan dampak yang lebih besar.

1. Kebiasaan Makan Menjelang Tidur

Ada beberapa dampak yang ditimbulkan dari perilaku makan malam tepat sesaat sebelum tidur di antaranya; kesulitan untuk memejamkan mata, kualitas tidur tidak baik untuk kesehatan, tubuh kesulitan untuk mencerna makanan yang dikonsumsi.

Tidur di malam hari berguna baik untuk keseimbangan hormon, mentralisir aliran darah, metabolisme dan penghematan energi.

Jika seseorang kesulitan untuk tidur di malam hari, hal itu juga dapat menggangu beberapa fungsi tidur bagi tubuh, akibatnya tubuh akan kesulitan dalam mencerna makanan sehingga kelebihan makanan tersebut berubah menjadi asam lemak dan dapat menaikkan berat badan.

2. Kebiasaan minum Kafein saat malam

Mengkonsumsi kafein di malam hari berpengaruh pada kualitas tidur, kandungan kafein yang terdapat pada kopi, teh dan minuman bersoda dapat membuat seseorang kesulitan tidur di malam hari, jika diteruskan dapat membuat seseorang menjadi insomnia.

Berbeda dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein di siang hari, kafein tersebut dapat memperlancar metabolisme tubuh serta dapat meningkatkan efektifitas dalam beraktivitas yang dapat mempengaruhi penurunan berat badan.

3. Karbohidrat Berlebihan di Malam Hari

Sebagaimana yang ytelah kita ketahui, mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar karbohidrat tinggi akan berpengaruh pada peningkatan gula darah secara drastis.

Peningkatan tersebut berakibat pada pertumbuhan berat badan yang tidak terkontrol.

Sebaliknya, ketika gula darah menurun saat ingin tidur, Anda akan terbangun di malam hari karena perasaan lapar.

Kunci utama untuk menghindari berkurang atau bertambahnya gula darah yaitu dengan makan tanpa kenyang dan hindari makanan yang memiliki kadar karbohidrat tinggi.

4. Ngemil sambil Nonton Televisi

Beberapa orang tidak memperhatikan makanan yang mereka makan saat sedang asyik menonton, makanan yang masuk dalam mulut tanpa sadar dikalahkan dengan adegan film atau acara televisi yang mencengang.

Mengkonsumsi makanan ringan ataupun cemilan dalam jumlah banyak saat menonton televisi dapat mempermudah pertumbuhan lemak dalam tubuh.

Bayangkan jika Anda menghabiskan 1 toples makanan selama satu putaran film. Jika filmnya ada 4, bisa saja Anda menghabiskan 4 toples makanan semalam suntuk.

Untuk mengatasi hal ini, carilah cemilan sehat yang tidak berpengaruh dalam penambahan berat badan.

Untuk menghindari peningkatan lemak akibat 4 kebiasaan buruk di atas, kami menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat guna memeprlancar metabolisme serta tidak membuat anda merasa kekecangan secara berlebih.

Dan kontrollah makanan yang anda konsumsi, jangan terlalu cepat, serta makanlah di waktu yang tepat (lapar).

Catatan Seputar Menu Diet Sehat di Malam Hari

Perlu dipahami di sini bahwa ada banyak cara mendapatkan badan sehat sesuai dengan keinginan dari informasi yang didapatkan.

Sudah barang tentu kita olah dari data yang valid dan akurat yang diketahui oleh ahli di bidangnya masing-masing, semisal ahli gizi, dokter dan pelatih gym.

Cara satu tidak akan berhasil jika tidak dikombinasikan dengan cara lain seperti olahraga teratur dan menerapkan pola hidup sehat.

Program diet ini berlaku bagi siapa saja yang ingin mendapatkan berat badan ideal, baik wanita maupun lelaki, begitu juga dengan ibu hamil. Namun untuk ibu hamil, secara khusus kami bahas pada artikel diet sehat ibu hamil untuk menghindari kekhawatiran terhadap bayi yang dikandung.

Itulah beberapa Tips Diet Sehat Malam Hari: 12 Panduan Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga. Selamat Mencoba

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here