Panduan Diet: Dapatkan Tubuh Ideal dengan Minum Jus Setiap Hari

6370
diet sehat dengan minum jus
diet sehat dengan minum jus
Advertisement
Loading...

Arwini.com – Langsing adalah kata yang sangat prestisius di mata wanita. Bahkan saat tubuh sudah langsing pun, banyak perempuan masih merasa masih gendut-gendut saja. Iya seperti itulah wanita, mahluk yang membutuhkan banyak treatment, dan juga perhatian dari banyak orang. Berbeda dengan pria, kata ‘langsing’ tidaklah terlalu prestisius, yang terpenting pasangannya yang langsing.

Tidak diragukan lagi bahwa sayuran dan buah-buahan sangat bermanfaat bagi perkembangan kesehatan jasmani. Selain itu ia juga dapat  menjaga ketahanan tubuh dari berbagai penyakit. Manfaat kedua makanan ini mendorong beberapa orang untuk menjadikannya sebagai makanan pelengkap setelah makanan pokok.

Buah-buahan dan sayuran dapat dikonsumsi secara bebas, baik itu langsung dimakan, di olah terlebih dahulu (masak, kukus, goreng, hingga dibakar) hingga ada yang dijadikan sebagai minuman khusus (jus).

Jus dijadikan sebagai sarapan pagi, minuman pelengkap, bahkan dijadikan kebutuhan pokok yang tidak boleh dilewatkan. Yang lebih membanggakan, jus dapat digunakan sebagai alternatif mendapatkan tubuh ideal.

Terlepas dari hal itu, terdapat beberapa resep jus yang paling bagus untuk diet. Namun perlu diperhatikan, jus bukanlah minuman yang dapat membuat tubuh langsing dalam 24 jam. Minum jus harus menjadi salah satu bagian dari life style, sehingga program diet pun bisa berjalan dengan baik.

Advertisement
Loading...

Jus yang dibuat secara khusus tanpa tambahan susu full cream atau gula sangat bermanfaat bagi kesehatan jasmani. Selain itu, Jus yang berguna bagi program diet adalah buah-buahan serta sayuran yang kaya dengan kandungan nutrisi dan serat (baca: buah untuk diet). Namun hal itu tidak akan memberikan efek lebih jika tidak di minum pada waktu yang tepat.

Waktu Terbaik dalam Minum Jus Setiap Hari

Seperti yang disebutkan dalam situs Livestrong.com waktu yang tepat untuk memanfaatkan jus sebagai alternatif diet adalah diantaranya:

Minum Jus di saat Sembelit

Sembelit (susah buang air) adalah salah satu penyakit yang dapat mengganggu sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan terganggu maka akan berpengaruh pada keterlambatan peluruhan makanan yang kita konsumsi dan berakibat pada penumpukan makanan dalam tubuh.

Salah satu cara untuk melancarkan sistem pencernaan yaitu dengan meminum jus yang kaya dengan serat seperti  pepaya, jambu, mangga, nanas dan sayur sawi yang di campur dengan nanas. Kandungan vitamin c dan serat yang terdapat pada minuman tersebut dapat mengatasi sembelit yang anda alami.

Gimana jika anda tidak sembelit? Apakah tidak boleh meminum jus? Minum jus adalah salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Jadi selain untuk program diet langsing, jus bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pencernaan yang lancar akan memudahkan organ tubuh bekerja secara maksimal dan memberikan pengaruh baik bagi tubuh ideal anda.

Pagi hari, waktu terbaik untuk Minum jus

Tentu saja tidak ada batasan waktu untuk menikmati jus yang anda inginkan, baik pagi hari, siang hari maupun malam hari. Semuanya dapat anda lakukan demi kesehatan, namun jika anda sedikit mendambakan berat badan ideal, maka kami sangat menyarankan untuk mengkonsumsi jus di pagi hari.

Ibarat sebuah kendaraan yang istrahat di malam hari, jika di pagi hari dipanaskan dengan bahan bakar dan oli baru maka akan berdampak baik bagi kenyamanan perjalanan. Begitu juga dengan tubuh kita, sisa makanan yang diolah di malam hari, akan dibersihkan di pagi hari dengan jus sehat. Salah satu jus yang sangat cocok di konsumsi di pagi hari adalah jus apel, jus jeruk atau jus alpukat.

Minum jus saat makan makanan berlemak

Untuk menjaga keseimbangan asupan makanan yang kita konsumsi setiap harinya diperlukan penetralisir yang tepat. Terlebih lagi anda mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung lemak tinggi.

Salah satu penetralisir yang dapat meluruhkan lemak yang mengendap dalam tubuh adalah mengkonsumsi jus segar. Selain membersihkan sistem penceranan, jus juga dapat memudahkan sistem pencernaan untuk memproses kalori dalam tubuh.

Jus nanas, mentimun, semangka hingga jus lemon sangat baik untuk mengurangi kelebihan lemak yang mengendap dalam pencernaan.

4 Jus Paling Bagus untuk Diet Sehari-hari

Diet sangat identik dengan pengurangan porsi makanan, padahal beberapa orang dengan porsi makan yang banyak, badannya kurus-kurus saja. Diet tidak hanya mengharuskan Anda memotong porsi makan, namun juga memilih cara yang paling tepat dalam mengatur pola makan.

Katie Cavuto, melalui womenshealthag, mengatakan bahwa salah satu metode yang paling tepat untuk diet adalah dengan menerapkan ‘blender juice’. Blender juice merupakan istilah yang berarti mencampurkan berbagai sayuran atau buah menjadi segelas jus. Berikut ini Anda dapat menemukan beberapa jus paling bagus untuk diet beserta resepnya.

  1. Jus Selada Air dan Wortel

Selada air merupakan salah satu sayuran yang sangat kaya akan manfaat. Sayuran ini bahkan diklaim dapat mengobati penyakit kangker. Selain itu sayuran yang sering digunakan sebagai garnish masakan ini juga dapat mendorong tubuh untuk mengeluarkan lemak-lemak yang tidak diperlukan.

Selada air jika dikombinasikan dengan wortel maka hasilnya akan sangat powerful untuk menurunkan berat badan. Banyak orang bahkan mampu menurunkan berat badan hanya dengan mengkonsumsi jus wortel, apalagi jika dikombinasikan dengan selada air.

Bahan-bahan:

  • Selada Air, 1 mangkuk
  • Wortel ukuran sedang, 3 buah
  • Bayam, ½ mangkuk
  • Tomat, 2 buah, potong-potong
  • Merica, 1 sendok teh
  • Garam, 1 sendok teh

Cara Membuat Jus Selada Air dan Wortel

  • Langkah pertama adalah cuci wortel, lalu kupas dan potong-potong.
  • Cuci, dan potong-potong juga sayuran lainnya.
  • Masukan seluruh sayuran kedalam blender.
  • Tuangkan jus kedalam gelas penuh.
  • Minum pada pagi hari, setiap hari.
  1. Jus Collar Hijau

Salah satu jus paling bagus untuk diet adalah jus collar hijau. Jus ini memang tidak terlalu mainstream, namun kamu bisa menemukan collar di supermarket ataupun toko khusus sayuran. Sayuran yang memiliki nama latin Brasscia Olleracae ini memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Bahan-bahan:

  • Collar hijau, 2 helai daun
  • Apel, 2 ½ buah
  • Mentimun, ½ buah
  • Seledri, 2 batang
  • Lemon, ½ buah, kupas
  • Jeruk nipis, ½ buah, kupas

Cara Membuat Jus Collar Hijau:

  • Cuci, lalu potong-potong semua bahan.
  • Masukan kedalam blender atau juicer.
  • Masukan 1 gelas air mineral.
  • Tuangkan jus kedalam gelas, dan minum rutin sehari dua kali.
  1. Jus Apel dan Bayam

Jus paling bagus untuk diet selanjutnya adalah jus apel dan bayam. Apel sering digunakan dalam program diet, baik dikonsumsi dalam bentuk jus maupun dimakan mentah-mentah. Apel memiliki kandungan serat yang sangat banyak, selain itu kandungan kalorinya juga sangat sedikit. Apel akan sangat powerul dalam menurunkan berat badan jika dikombinasikan dengan bayam.

Bahan-bahan:

  • Apel, 2-3 buah, potong-potong
  • Bayam, 2 mangkuk
  • Lemon, ½ buah, kupas
  • Selada merah, ½ mangkuk
  • Merica, ¼ sendok teh
  • Garam, ½ sendok teh

Cara Membuat Jus Apel dan Bayam:

  • Cuci semua bahan, masukan kedalam blender.
  • Tambahkan air mineral kedalam blender.
  • Tuangkan jus kedalam gelas besar.
  • Peras lemon diatas jus.
  • Minum rutin dua kali sehari.
  1. Jus Paprika dan Jeruk Bali

Jus paling bagus untuk diet lainnya adalah jus paprika dan jeruk bali. Kombinasi dari buah dan sayur ini memberikan efek yang sangat powerful untuk tubuh. Jika diminum rutin, jus ini mampu mendorong tubuh untuk mencapai postur terbaik.

Bahan-bahan:

  • Paprika kuning, 1 buah besar
  • Jeruk bali, 1 buah
  • Wortel, 3 batang
  • Kiwi, 1 buah kecil
  • Jahe segar, ½ inci, kupas
  • Bit, 1 buah kecil

Cara Membuat Jus Paprika dan Jeruk Bali:

  1. Cuci, potong-potong, lalu masukan semua bahan kedalam blender.
  2. Blender selama 5-10 menit
  3. Tuangkan jus kedalam gelas besar
  4. Selamat menikmati

Sayuran Terbaik Untuk Diet dengan Jus Sehari-hari

Selain jus buah-buahan anda juga dapat mengkonsumsi salah satu sayuran legendaris yang dapat membantu anda unuk menurunkan berat badan, sayur tesebut diberi nama pare. Sayuran ini tidak diminati karena bau dan rasa pahit yang tidak tertahankan. Namun anda tidak akan percaya jika mengetahui kandungan sayur ini, yaitu salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan dengan resiko efek samping yang sangat nihil.

Jangan khawatir dengan rasa pahit serta bau yang ditimbulkan oleh sayuran ini. jus pare dapat menghilangkan gelambir lemak badan secara cepat dengan cara mentralisir kalori serta kadar gula hingga dapat mencegah penyerapan glukosa yang terdapat dalam tubuh.

Jika anda merasa khawatir dengan pahit dan bau tidak sedap dari jus ini, maka anda boleh mencoba tips berikut:

  1. Siapkan 1 buah pare (hilangkan bijinya),
  2. Siapkan 1 buah mentimun,
  3. Siapkan perasan jeruk lemon,
  4. Siapkan 2 buah apel/nanas.
  5. Blender keempat bahan tersebut dengan rata.
  6. Jika hal itu masih kurang, maka tambahlah dengan satu sendok nasi madu.
  7. Biasakan untuk dikonsumsi 2 kali dalam sehari.

Baca Juga: Diet malam hari dengan Makanan dan Minuman Rendah Lemak

Itulah beberapa jus paling bagus untuk diet yang tentunya bisa Anda konsumsi secara rutin. Jangan lupa ya untuk mengkombinasikan jus-jus diatas dengan makanan sehat lainnya.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here