Diabetes Pada Ibu Hamil Jangan Disepelekan!

671
Diabetes Pada Ibu Hamil
Pemeriksaan Diabetes Pada Dokter / Extension.illinois.edu
Advertisement
Loading...

Diabetes pada Ibu Hamil – Kencing manis atau diabetes merupakan salah satu penyakit paling mengerikan yang ada di muka bumi.

Kabar buruknya, penyakit kencing manis merupakan penyakit yang sering muncul pada ibu hamil. Pasti kaget kan? Tapi hal tersebut memang fakta, karena ibu hamil mengalami kenaikan berat badan drastis yang membuat kadar insulin menjadi berkurang.

Kabar baiknya, ibu hamil dengan diabetes masih bisa melahirkan secara normal. Selain itu terdapat juga berbagai pengobatan medis untuk mengobati diabetes pada ibu hamil.

Jika ibu hamil kebetulan sedang mengalami diabetes, jangan khawatir karena banyak sekali solusi untuk mengatasinya. Dalam artikel ini Arwini telah menghimpun berbagai info mengenai kencing manis pada ibu hamil, check it out!

Mengenal Kencing Manis pada Ibu Hamil

Kencing manis pada ibu hamil atau gestational diabetes hanya terjadi pada saat masa-masa kehamilan. Gestational diabetes merupakan diabetes tipe 2 yang tidak terlalu memiliki efek ekstrem seperti diabetes tipe 1.

Advertisement
Loading...

Umumnya memiliki gejala infeksi pada lambung dan kandung kemih, peningkatan rasa lapar dan lelah, dan sering buang air kecil. Meskipun merupakan diabetes tipe 2, namun jangan sampai menyepelekan penyakit kencing manis ini, karena bisa mengakibatkan penyakit-penyakit lainnya pada ibu hamil.

Penyebab Diabetes pada Ibu Hamil

Gestational diabetes bisa dibilang merupakan gejala alamiah pada ibu hamil. Mengapa seperti itu?

Hal tersebut karena saat kehamilan, plasenta menghasilkan hormon yang menyebabkan adanya peningkatan kadar gula dalam darah.

Sayangnya organ pankreas pada ibu hamil tidak mampu menghasilkan kadar insulin yang cukup. Karena kadar gula dalam darah semakin meningkat maka munculah gestational diabetes ini.

Sebenarnya penyakit kencing manis pada ibu hamil bukanlah tipe kencing manis yang terlalu berbahaya, dan akan hilang setelah masa persalinan. Namun jika tidak ditangani dengan baik, resiko munculnya penyakit jantung juga semakin tinggi.

Kemungkinan mengidap gestational diabetes semakin besar jika faktor-faktor dibawah ini berada pada diri Anda:

  • Kadar gula darah tinggi namun belum masuk dalam level diabetes.
  • Berat badan berlebih sebelum kehamilan.
  • Latar belakang diabetes pada keluarga.
  • Pernah mengalami gestational diabetes sebelumnya.

Gejala Kencing Manis pada Ibu Hamil

Untuk mengetahui apakah bumil mengalami gestational diabetes atau tidak, bisa cek gula darah di klinik terdekat. Bisa juga melihat gejala-gejala yang timbul selama masa kehamilan, berikut beberapa gejala kencing manis pada ibu hamil:

  • Sering merasa haus padahal sering minum.
  • Frekuensi buang air kecil meningkat.
  • Sering merasa lapar padahal sudah makan banyak.
  • Kehilangan berat badan.
  • Pandangan kabur.
  • Sering mengalami kelelahan.

Cara Mengobati Diabetes pada Ibu Hamil

Beberapa pengobatan bisa dilakukan ibu hamil dalam menangani gestational diabetes. Berikut beberapa cara mengobari kencing manis pada ibu hamil:

  • Selalu periksa kadar gula dalam darah untuk menghindari komplikasi. Terus melakukan komunikasi dengan dokter, agar kesehatan Anda dan bayi Anda bisa terjaga.
  • Selalu konsumsi makanan dan minuman rendah gula sesuai dengan rekomendasi dokter.
  • Sebisa mungkin untuk tetap aktif dan dinamis dengan olahraga kecil selama masa kehamilan.
  • Jika kadar insulin semakin sedikit, dokter bisa melakukan penyuntikan insulin untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah.
  • Lakukan berbagai pengobatan medis sesuai arahan dokter spesialis.

Baca: Bahaya Hipertensi pada Ibu Hamil

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here