5 Desa Agrowisata di Sleman yang Wajib Dikunjungi

4008
Desa Ogrowisata Favorit di Sleman Jogja

Arwini.com – Selain objek wisata yang cukup beragam, kota Yogyakarta juga menyimpan potensi wisata alam yang tak kalah menarik berupa desa agrowisata yang menawarkan pemandangan pedesaan dengan  keramahan penduduk dan aktivitas lainnya yang menyenangkan.

Ada banyak desa agrowisata yang bisa dikunjungi saat berada di Yogyakarta.  Berikut ini adalah daftar desa agrowisata di wilayah Sleman yang bisa menjadi referensi destinasi wisata desa yang menarik.

1. Desa Wisata Tanjung

Desa wisata Tanjung berada di utara kota Jogja, tepatnya di Dusun Tanjung, Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.  Hanya berjarak sekitar 5 km dari Monumen Yogya Kembali, dan butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Jogja untuk sampai ke lokasi desa wisata ini.

Suasana pedesaan yang nyaman berpadu dengan hawa sejuk pepohonan yang asri menyajikan nuansa desa yang kental.

Berbagai aktivitas menarik bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, mulai dari kesenian tradisional jathilan atau kuda lumping, karawitan hingga membatik (baca: Pusat Kerajinan Tangan Jogja).

Aktivitas lain yang cukup unik adalah atraksi Ciciblung berupa permainan nada yang dihasilkan dengan cara menepuk aliran air di sungai.

Desa wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas home stay sehingga Anda bisa membaur dengan masyarakat dan merasakan kehidupan di pedasaan secara langsung.

2. Agromina Wisata Karangsari

Desa wisata Karangsari terletak di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Desa Karangsari, Pakem, Sleman.  Potensi wisata di desa wisata ini cukup lengkap, selain hawa sejuk pedesaan berbagai kegiatan menarik bisa dilakukan di lokasi ini.

Di kawasan desa agrowisata ini, Anda bisa mencoba berbagai kegiatan seperti paket pertanian berupa kegiatan membajak sawah, hingga memanen padi ataupun sayuran.  Selain itu ada juga paket perkebunan yang akan mengajarkan Anda bagaimana cara membudidayakan salak, hingga memetik buah salak.

Paket lain yang ditawarkan adalah paket peternakan yang berisi kegiatan cara beternak sapi, kerbau atau kambing dari memberi makan hingga memandikan hewan ternak.  Untuk menambah wawasan seni dan budaya, Anda bisa memilih paket budaya berupa kegiatan karawitan dan menabuh gamelan.

Bagi Anda yang suka menjelajahi kekayaan kuliner tradisional, berbagai hidangan khas “ndeso”  bisa Anda nikmati, seperti sego megono, gudhangan, trancam dan berbagai olahan ikan yang siap memanjakan lidah Anda.

Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap, mulai dari arena outbound, area camping ground, hingga pemancingan dan homestay.  Hanya dengan biaya sebesar Rp 40.000-Rp 60.000, Anda bisa menikmati suasana alam pedesaan dan berbagai fasilitas yang menyenangkan.

3. Desa Wisata Pentingsari

Desa wisata ini terletak di Dusun Pentingsari, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman.  Desa wisata ini cukup menarik karena selain terletak di kaki Gunung Merapi, berbagai potensi wisata alam lainnya juga bisa ditemukan di desa ini, seperti Pancuran Suci Sendangsari yang konon katanya merupakan tempat pertemuan antara Dewi Nawang Wulan dan Joko Tarub sehingga airnya diyakini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit dan membuat awet muda.

Beberapa situs peninggalan sejarah berupa luweng sejak zaman Pangeran Diponegoro, batu dakon hingga batu persembahan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Jalur tracking yang cukup menantang juga bisa dinikmati para pengunjung yang ingin berpetualang di lereng Gunung Merapi, melewati sungai, tebing hingga goa dan hutan tentu akan memberikan pengalaman tersendiri yang sulit untuk dilupakan.

Adapun kegiatan yang bisa dilakukan cukup bervariasi mulai dari atraksi wisata berupa mengunjungi objek pertanian dan perkebunan, membajak sawah, panen padi, memancing, sepakbola lumpur, hingga outbound.

Selain itu Anda juga bisa memilih paket seni budaya yang menarik, berupa penyambutan dengan jathilan atau punokawan, belajar karawitan, gamelan, tari klasik, atraksi kuliner hingga kreasi janur.

Baca Juga: Tempat Bermain Anak di Jogja untuk Mengisi Liburan

Jika Anda ingin menikmati kunjungan keluar, Anda bisa memilih paket Lava Tour Merapi dengan menggunakan truk, kunjungan ke sentra jamu, sentra sapi atau kunjungan ke Museum Gunung Merapi yang pastinya seru.  Fasilitas di desa wisata ini juga cukup lengkap, mulai dari area camping ground, outound, homestay, joglo, pendhopo, hingga sewa soundsystem dan tour guide.

4. Desa Wisata Kelor

Desa wisata ini terletak di Dusun Kelor, Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi, Sleman.

Dengan fasilitas area camping ground, outbound, dan homestay Anda akan disajikan dengan suasana pedesaan yang asri dengan berbagai kegiatan alam yang menarik.

Baca Juga: 14 Ide Tempat Wisata di Jogja yang Sayang untuk Dilewatkan

Selain susur sungai, permainan outbound dan kuliner, Anda juga bisa menikmati wisata unik di kebun salak.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here