Cita Rasa Kuliner Asinan Bogor, Nikmati Kesegerakan Klimaks Lewat Kuliner Khas Kota Hujan

1465
Bumbu Racik Cita Rasa Kuliner Asinan Bogor
Asinan Bogor (Foto: Antaranews.com)

Arwini, Cita Rasa Kuliner Asinan Bogor – Orang-orang Indonesia sangat menyukai makanan yang mempunyai rasa powerful, mau itu pedas, asam, manis ataupun campuran dari asam, pedas dan manis. Salah satu makanan yang ‘rame-rame rasanya’ adalah asinan, dan Indonesia merupakan surganya asinan.

Asinan merupakan makanan berkuah terdiri dari campuran buah-buahan segar dengan bumbu kacang yang gurih. Meskipun mempunyai banyak varian, terdapat dua jenis asinan yang paling populer yaitu asinan betawi dan asinan bogor.

Keduanya berbeda dari segi kuah, jika asinan bogor memakai kuah saripati cabai merah sedangkan asinan betawi memakai kuah kacang. Keduanya sama-sama nikmat, namun memiliki cita rasa yang berbeda dan juga penggemar yang berbeda pula.

Secara teknik pembuatan, asinan bogor merupakan makanan yang terbuat dari buah-buahan segar dengan teknik pengasaman menggunakan garam atau cuka.

Rasanya sangat fresh dan membuat otak kembali segar, itulah mengapa banyak orang sangat menyukai asinan bogor. Asinan bogor ini biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima pada saat siang hari, ketika cuaca sedang panas-panasnya (agak terdengar aneh karena Bogor kota hujan). Mungkin orang-orang ingin memaknai cuaca panas dengan rasa asinan yang meledak-ledak di mulut.

Kebanyakan penikmat asinan bogor adalah wanita walaupun laki-laki pun juga banyak yang menyukainya. Asinan bogor ini memiliki presentasi yang catchy, mirip seperti pelangi yang berwarna-warni. Buah-buahan yang berwarna-warni dibaluri dengan kuahnya yang berwarna merah cerah, warna-warni tersebut seimbang dengan rasanya yang juga warna-warni.

Yang membuat unik asinan bogor ataupun varian asinan lainnya yaitu bisa disajikan hangat ataupun dingin. Biasanya orang lebih memilih dihidangkan dalam kondisi dingin dengan campuran es, rasanya akan sangat fresh dan sangat sangat menyegarkan.

Asinan bogor ini juga memiliki beberapa varian, yaitu asinan buah, asinan sayur dan mix antara keduanya. Sebenarnya ini lebih ke selera pembeli yang berbeda-beda, ada yang hanya suka buahnya saja atau sayurnya saja, ataupun suka keduanya. Dan untuk buah sendiri yang biasanya dipakai adalah nanas, salak, jambu dan bengkoang, sedangkan untuk sayur adalah kol, toge, dan mentimun.

Asinan bogor khas kota hujan ini pula tidaklah sulit dalam pembuatannya, jadi bagi siapapun bisa membuatnya dengan mudah. Kunci kenikmatan asinan bogor adalah di bagian kuahnya. Apa yang membuat kuahnya begitu spesial adalah karena berbagai campuran bumbu yaitu cabai, ebi, cuka dan gula pasir. Dari campuran tersebut menghasilkan kombinasi sempurna manis, asam dan pedas.

Kuah tersebut kemudian disatukan dengan buah-buah segar dan didiamkan beberapa saat agar kuah tersebut meresap. Sekilas sama seperti pembuatan acar, dan cuka membuat buah-buahan menjadi begitu segar dan nikmat. Asinan bogor ini bisa dinikmati saat kuahnya meresap sempurna, dan kombinasi dari bumbu dengan buah-buahan sangat cocok dimakan pada siang hari.

Bagi siapa saja yang menginginkan makanan yang fresh dan saat memakannya akan kembali segar kembali maka asinan bogor lah jawabannya. Rasanya yang meledak-ledak di mulut, membuat siapa saja ingin yang mencicipinya. Selain itu cara pembuatannya pun tidaklah begitu sulit, dan bahan-bahannnya pun gampang didapat.

Penjual asinan bogor memang lebih banyak ditemukan di kota Bogor, namun jika kamu beruntung kamu bisa mendapatkannya di daerahmu. Jika tidak bisa mendapatkannya di daerahmu, kamu bisa membuatnya sendiri.

Baca Juga: 7 Kuliner Paling Enak di Indonesia yang Banyak Dicari Wisatawan

Biasanya asinan bogor dijual dalam bentuk kemasan, dan bisa dimakan ketika sampai rumah, harganya pun sangat murah berkisar dari Rp.10.000 hingga Rp.15.000.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here