Jangan Sembarangan Memilih Krim Pemutih, Kenali Ciri-ciri Krim Pemutih Berbahaya yang Mengandung Merkuri

Ciri-ciri Krim Pemutih Berbahaya
Wasapada Kosmetik Berbahaya (Foto: creamhn.co.id)

Arwini.com, Ciri-ciri Krim Pemutih Berbahaya – Selama ini masih banyak wanita Indonesia yang mengidentikkan kecantikan wajah dengan kulit putih dan mulus.  Tak heran jika kemudian banyak kaum wanita yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kulit wajah putih secara instan meski perawatan yang dipilih bisa menimbulkan efek negatif yang berbahaya.

Salah satu cara yang dianggap ampuh untuk memutihkan kulit wajah secara instan adalah dengan menggunakan krim pemutih.  Keinginan untuk memiliki wajah putih dalam waktu singkat menjadi faktor utama bagi kaum wanita tidak berpikir panjang dalam memilih krim pemutih, terlebih jika mendapatkan rekomendasi dari taman atau bahkan iklan yang cukup menjanjikan.

Jika selama ini Anda mempercayakan perawatan kulit wajah dengan menggunakan krim pemutih, maka sebaiknya Anda mengetahui komposisi dan kandungan zat di dalamnya.

Salah satu kandungan zat yang sebaiknya Anda hindari dalam krim pemutih adalah merkuri.

Merkuri atau air raksa memang banyak disalahgunakan untuk bahan kosmetik karena mampu mencerahkan kulit dalam waktu singkat.  Namun penggunaan merkuri pada kosmetika bisa menimbulkan efek buruk, mulai dari yang ringan seperti alergi, bintik-bintik hitam dan iritasi kulit, hingga efek yang membahayakan seperti:

  • Kerusakan permanen pada jaringan kulit
  • Gangguan perkembangan janin hingga kecacatan
  • Kerusakan pada susunan syaraf dan otak
  • Kerusakan permanen pada organ ginjal dan resiko kanker

Meskipun efek samping penggunaan krim pemutih bermerkuri terlihat dalam jangka waktu 2-10 tahun, namun paparan merkuri dosis tinggi dalam jangka pendek bisa menyebabkan efek muntah, diare dan kerusakan ginjal.

Dan yang penting untuk diketahui, paparan merkuri yang masuk ke dalam tubuh akan sangat sulit untuk dikeluarkan.  Karena merkuri yang diaplikasikan pada kulit bisa lengsung meresap dan masuk dalam pembuluh darah.

Agar terhindar dari resiko yang membahayakan tersebut, sebaiknya Anda lebih jeli dalam memilih krim pemutih dan mengetahui ciri-ciri krim pemutih yang mengandung merkuri.

Berikut ini adalah ciri-ciri krim pemutih yang mengandung merkuri:

Krim cenderung lengket, pekat, dan mengkilat

Salah satu ciri krim pemutih mengandung merkuri adalah teksturnya yang cenderung lengket, pekat, dan mengkilat.  Krim wajah yang aman digunakan biasanya tidak lengket. Sedangkan krim pemutih bermerkuri warnanya juga terlihat mencolok dan mengkilat karena adanya tambahan pewarna tekstil untuk memberikan efek warna kuning.

Krim pemutih wajah berbau menyengat

Kandungan merkuri bisa menimbulkan aroma yang menyengat sehingga produsen nakal acapkali menambahkan parfum dalam jumlah besar untuk menyamarkan aroma merkuri yang sesungguhnya.

Krim pemutih wajah terlihat tidak tercampur rata

Krim yang mengandung merkuri biasanya terlihat tidak tercampur rata atau tampak tidak menyatu sehingga ada partikel padat yang tampak terpisah dari krim tersebut.

Menimbulkan rasa panas dan kemerahan

Cobalah perhatikan krim pemutih wajah yang Anda gunakan, apakah menimbulkan rasa panas dan gatal setelah dioleskan ke wajah?  Jika iya, maka kemungkinan besar krim pemutih Anda menggunakan bahan merkuri.  Terlebih jika wajah Anda menjadi tampak kemerahan begitu terkena sinar matahari.

Kulit wajah menjadi putih dan halus dalam waktu singkat

Mungkin Anda akan sangat senang mengetahui perubahan drastis pada kulit wajah yang memutih dalam waktu singkat.  Namun dibalik perubahan tersebut, sebaiknya Anda waspada karena hal itu adalah efek merkuri yang ada dalam krim pemutih.  Semakin banyak kandungan merkurinya, semakin cepat kulit wajah Anda berubah menjadi putih.

Namun, warna putih yang dihasilkan oleh merkuri biasanya terlihat pucat.  Sedangkan efek kulit terlihat halus terjadi karena lapisan kulit terluar sudah menipis dan terkikis oleh logam merkuri, sehingga pori-pori tampak mengecil.

Kondisi ini jugalah yang menyebabkan jerawat enggan muncul di kulit yang terpapar merkuri, karena lapisan epidermis kulit telah rusak dan kandungan protein juga sudah hilang sehingga bakteri tidak bisa berkembang.

Selain itu, melanin yang seharusnya bisa melindungi dari paparan sinar matahari sudah tidak berfungsi.  Itulah mengapa kulit cenderung gatal dan kemerahan ketika terkena sinar matahari.

Selain itu, ciri-ciri krim pemutih yang mengandung merkuri biasanya menimbulkan efek ketergantungan.

Dimana ketika pemakaian krim dihentikan, maka kulit akan kembali seperti semula bahkan bisa menimbulkan efek gatal dan jerawat sehingga krim pemutih harus digunakan terus agar kulit tetap putih dan halus.

Baca Juga: 15 Tips Menghilangkan Kerutan Wajah dengan Bahan Alami

Itulah beberapa ciri-ciri krim pemutih yang mengandung merkuri, pastikan kosmetika Anda terdaftar oleh BPOM yang bisa dipertanggungjawabkan.  Nah, bagaimana dengan krim pemutih wajah yang Anda gunakan?

 

 

 

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here