Cegah penyakit ini! Saat puasa di Bulan Ramadhan

692
Cegah penyakit ini! Saat puasa di Bulan Ramadhan

Arwini.com – Mencegah penyakit saat puasa di bulan Ramadhan harusnya sudah menjadi hal yang wajib dilaksanakan sepanjang bulan ramadhan. Siapapun membutuhkan ketahanan tubuh yang konsisten, baik sebelum ramadhan, sepanjang ramadhan, maupun setelahnya.

Loading...

Ibadah puasa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya mencegah berbagai macam penyakit. Namun, tidak jarang beberapa penyakit menyerang seseorang saat menjalankan ibadah puasa. Hal ini disebabkan oleh kesalahan dalam mengatur pola makan, gaya hidup tidak teratur, pikiran yang menimbulkan stres, hingga emosi yang tidak terkontrol dengan baik.

Cegah penyakit ini! Saat puasa di Bulan Ramadhan

Daftar Penyakit yang Muncul Sepanjang Bulan Ramadhan

Terdapat beberapa penyakit yang dapat menyerang seseorang saat sedang melaksanakan ibadah puasa. Hindari bila memungkinkan dan obati bila meresahkan. Berikut daftar penyakit yang timbul sepanjang bulan ramadhan dan cara mengatasinya:

  1. Bau mulut

Salah satu penyakit yang kerap menyerang seseorang saat sedang berpuasa ialah bau tidak sedap pada mulut. Meski tidak membahayakan, namun bau naga ini berdampak pada kepercayaan diri semakin berkurang.

Bau mulut disebabkan oleh berkurangnya cairan yang diproduksi air liur, tidak seperti hari-hari di luar puasa yang ditopang dengan beberapa makanan yang dikonsumsi setiap hari. Selain itu, bau mulut juga disebabkan oleh beberapa penyakit. Seperti penyakit gigi dan gusi, saluran pernapasan, atau yang lainnya.

Cara mengatasi bau mulut sepanjang ramadhan:

  • Gosok gigi secara teratur, baik setelah sahur dan sebelum tidur.
  • Konsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh yaitu 8 gelas per hari. Pada saat puasa, konsumsi air putih 2 gelas pada saat sahur dan 6 gelas pada waktu berbuka hingga menjelang tidur.
  • Konsumsi buah-buahan. Selain mengandung banyak air, kandungan yang terdapat dalam buah juga dapat mencegah terjadinya bau mulut.
  • Hindari aktivitas yang menimbulkan bau mulut, seperti makanan yang mengandung bau berlebihan (pete, jengkol, dll) juga aktivitas seperti merokok setelah sahur.
  1. Sakit maag

Salah satu penyakit yang rentan muncul pada saat bulan Ramadhan ialah penyakit maag. Meskipun penyakit maag merupakan penyakit yang sangat mengganggu dan dapat menghambat aktivitas sehari-hari, namun bukan berarti kita harus meninggalkan puasa. Penyakit ini dikenali dengan beberapa gejala di antaranya, rasa mual, sering sendawa, perut terasa kembung, serta terasa perih pada bagian ulu hati.

Cara mencegah penyakit maag pada saat berpuasa dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan pada saat sahur dengan porsi yang cukup dengan kebutuhan tubuh (baca: menu sahur khusus penderita maag), menyegerakan berbuka, serta mengonsumsi makanan yang mengandung kadar manis yang cukup.

Selain itu, pada saat berbuka puasa hindari mengonsumsi makanan dengan porsi yang besar. Bagi yang sebelumnya sudah menderita maag kronis, konsumsi obat maag pada saat sahur atau berbuka.

  1. Kadar gula darah rendah

Penyakit lain yang rentan menyerang seseorang yang sedang berpuasa ialah kadar gula darah rendah. Hal ini ditandai dengan tubuh terasa lemas, tangan bergetar, tubuh mengeluarkan keringat dingin, dan tidak jarang hingga menyebabkan pingsan secara mendadak.

Untuk mencegah kadar gula darah rendah di bulan ramadhan yaitu rutin makan sahur, karena salah satu penyebab rendahnya kadar gula darah ialah lupa sahur. Selain itu, kondisi ini juga sering terjadi pada penderita diabetes.

  1. Diare atau sembelit

Penyakit selanjutnya yang rentan menyerang seseorang pada saat bulan Ramadhan ialah diare atau sembelit. Kondisi ini terjadi akibat gerakan usus pada saat berpuasa berbeda dengan hari-hari di luar puasa ramadhan.

Untuk penanganan diare atau sembelit pada bulan ramadhan dapat melalui pengaturan pola makan saat berpuasa, khususnya pada waktu sahur dan berbuka. Kebanyakan orang menjalani sahur dengan porsi sedikit lalu balas dendam pada saat berbuka dalam jumlah yang banyak, sangat tidak dianjurkan.

Sebaliknya, konsumsi makanan dengan porsi yang cukup pada saat sahur dan lengkapi kebutuhan nutrisi tubuh pada saat berbuka puasa.

  1. Penyakit ginjal

Sakit ginjal juga merupakan penyakit yang rentan menyerang seseorang di bulan Ramadhan. Kondisi ini ditandai dengan gejala rasa pegal yang terjadi pada bagian pinggang, serta buang air kecil yang tidak lancar.

Sakit ginjal dapat terjadi karena tubuh kekurangan asupan cairan. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit ini, tentu memperbanyak air putih sesuai dengan porsi yang dibutuhkan tubuh adalah prioritas utama. Selain itu, konsumsi buah dan sayur sehat selama bulan Ramadhan.

Dengan mengatur pola hidup yang sehat, kita dapat mencegah berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatan.

Demikian ulasan mengenai beberapa penyakit yang akan muncul sepanjang bulan ramadhan. Semoga penjelasan tips kesehatan yang ada pada halaman ini berguna bagi sahabat arwini. Semoga bermanfaat

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here