Cegah Bau Mulut saat Puasa dari Daftar Makanan Berikut!

921

Arwini.com – Beberapa cara mencegah bau mulut saat puasa dari daftar makanan berikut. Hal ini karena bau mulut bisa muncul saat puasa dimana selama seharian tidak mengkonsumsi makan maupun minum.

Loading...

Bau mulut disebabkan dari dua faktor yaitu masalah kesehatan pada pencernaan atau juga masalah pada mulut.

Mungkin tak ada yang menyagka bahwa bau mulut bisa saja terjadi karena makanan atau minuman yang dikonsumsi. Ini akan berpengaruh pada rasa percaya diri yang Anda miliki.

authoritynutrition.com

Cegah Bau Mulut saat Puasa dari Daftar Makanan Berikut!

Ada beberapa makanan yang perlu Anda ketahui bisa membantu Anda dalam mengatasi bau mulut saat puasa. Makanan untuk cegah bau mulut saat puasa dari daftar makanan berikut! antara lain:

1.Yoghurt

Makanan pertama yaitu dengan mengonsumsi yoghurt. Hal ini karena menurut penelitian yang telah dilakukan, yoghurt mampu mengurangi masalah bau mulut Anda.

Yoghurt ini sebetulnya membantu dalam mengatasi bakteri yang menyebabkan bau mulut itu muncul. Selain itu, yoghurt juga mampu mengurangi plak pada mulut Anda dan penyakit yang dapat menyerang gusi.

Perlu Anda perhatikan pula, yoghurt yang Anda konsumsi sebaiknya yang tidak memiliki kandungan gula atau tidak memiliki rasa.

2.Buah-buahan

Makanan berikutnya yaitu buah-buahan seperti apel dan sayuran seledri maupun wortel. 3 jenis makanan ini cukup mampu mengatasi dengan baik masalah bau mulut Anda.

Jika Anda ingin memakan 3 jenis makanan tersebut, Anda bisa mencobanya dengan cara dijus.

Pada umumnya memang buah-buahan maupun sayuran ini cukup memiliki kandungan serat yang dapat mengatasi masalah bau mulut.

3.Makanan yang mengandung vitamin C

Konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C. Makanan yang memiliki kandungan vitamin C semisal buah melon, stroberi, dan juga jeruk yang mampu menangkal bakteri di dalam mulut.

Dengan vitamin C juga membantu terhindari penyakit gusi, penyakit gusi ini juga salah satu yang menyebabkan nafas menjadi bau.

4.Teh merah atau teh hijau

Mengonsumsi atau meminum teh seperti teh merah atau teh hijau yang membantu mencegah bau mulut itu timbul. Teh ini memiliki kandungan antioksidan polifenol yang dipercaya mampu menghentikan pertumbuhand dari bakteri.

Untuk itu, bila ingin menghindari bau pada mulut Anda bisa mencoba meminum secangkir teh. Khusunya saat berbuka puasa mengkonsumsi teh dapat membantu energi Anda kembali setelah berpuasa seharian.

Teh hijau yang memiliki kandungan flavonoid juga dapat membantu mengurangi maupun mencegah adhesi bau yang menimbulkan adanya kuman pada gigi.

Kemudian teh kayu manis bisa Anda coba juga, teh ini mampu menjaga nafas Anda tetap segar.

5.Air putih

Mengonsumsi air putih juga dapat membantu nafas Anda kembali segar. Air ini bisa Anda gunakan untuk berkumur maupun untuk diminum. Sehingga apabila sedang berpuasa, pemenuhan cairan tubuh juga harus terjaga sehari-harinya.

Selain terhindar dari dehidrasi, air juga membantu mengurangi bau pada mulut akibat kekurangan cairan.

Selain kekurangan cairan pada tubuh, dehidrasi juga akan mempengaruhi pasokan air liur. Kegunaan air liur sendiri yang dapat membersihkan mulut Anda, sehingga mungkin saja bau mulut itu timbul bila kekurangan mengkonsumsi air.

6.Makanan yang memiliki bau khas

Konsumsi makanan yang mengandung daun mint atau memiliki bau khas daun mint. Selain daun mint, Anda juga bisa mengkonsumsi kemangi.

Atau Anda juga bisa mengkonsumsi kayu manis, cengkeh, dan juga biji kapulaga yang cara mengkonsumsinya dengan mencampur atau sebagai minuman. Karena bahan alami tersebut mampu mengusir bau pada mulut.

7.Permen karet

Makanan berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi permen karet. Permen karet ini cukup membantu dalam meningkatkan sekresi pada air liur.

Permen karet ini cukup efektif dalam membantu mengeluarkan sisa makanan yang terjebak di sela gigi atau di bagian mulut lain. Hal ini juga cukup efektif dalam mencegah timbulnya bau pada mulut.

Karena kandungan permen karet yang terbebas dari gula xylitol lebih baik dibandingkan dengan yang manis.

8.Roti gandum

Makanan selanjutnya yang membantu mencegah bau mulut adalah roti gandum yang utuh. Makanan ini cukup membantu dalam mencegah terjadinya pembentukan keton lain yang menghasilkan diet karbohidrat rendah.

Keton ini disekresikan di dalam urin, mulut, dan juga keringat sehingga menghasilkan bau yang tidak sedap pada nafas Anda.

9.Makanan yang banyak mengandung serat

Mengkonsumsi serat dapat membantu dalam memerbersihkan usus. Usus yang tidak bersih adalah salah satu hal yang menyebabkan bau pada mulut.

serat ini cukup membantu dalam membersihkan saluran pencernaan Anda. Sehingga dapat mencegah timbulnya bau mulut dan menjadikan nafas Anda tetap segar.

Begitulah cegah bau mulut saat puasa yang bisa Anda coba, bahkan untuk mengurangi bau mulut Anda.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here