Cara Tepat merawat Hamster agar Jinak

8141
Cara Tepat merawat Hamster agar Jinak

Arwini.com – Ketika anda berencana untuk merawat hamster, tujuan utama perawatan tersebut adalah melengkapi kebutuhan hamster, baik kandang, makanan, air dan permainan. Hamster adalah binatang yang hidup di gurun yang membutuhkan tempat kering dan hangat.

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah: Hindari menjaga hamster dalam akuarium, kandang kaca atau tempat yang yang memudahkan binatang ini terkena kelembaban.

Carilah kandang yang dibuat khusus untuk hamster, seperti kandang yang terbuat dari kawat. Kandang tersebut pun harus diisi dengan permainan seperti roda, tabung, menara, terowongan dan permainan lain yang bertujuan untuk melatih perkembangan dan pertumbuhan hamster.

Selain memperhatikan kandang, diet juga termasuk elemen penting dalam mengurus hamster, air segar harus tersedia setiap saat, yang ditempatkan pada botol yang telah disiapkan secara khusus.

Untuk menghindari bulu hamster terkena air, jangan menyimpan minuman hamsterpada piring atau mangkok. Seperti yang telah kami paparkan, hamster adalah binatang peliharaan yang hidup pada tempat yang kering sehingga menghindarkan hamster dari air dan kelembaban adalah prioritas utama dalam perawatannya.

Untuk makanan, anda dapat memperolehnya di pasar ataupun penjual makanan ternak dalam pemenuhan gizi hamster.

Selain dari makanan kemasan, anda juga dapat mencoba makanan lain seperti irisan apel, wortel dan sayur kangkung. Jenis makanan ini sangat cocok untuk pertumbuhan hamster. Yang perlu diperhatikan adalah pemberian makanan hamster ketika merasa lapar.

Jangan berpikiran bahwa hamster hanya butuh makan pada waktu tertentu. Semisal pagi, siang dan malam saja. Karena hal itu berpengaruh pada perkembangan psikologis hewan ini. Sebaiknya anda mendatangi dokter hewan, untuk memastikan makanan dan waktu apa yang cocok bagi hewan peliharaan ini.

Daftar perawatan hamster selanjutnya adalah memperhatikan tempat tidurnya, pastikan tempat istrahat hamster dibuat sealami mungkin, diberi permainan yag tidak menimbulkan kebisingan, dan dibuat senyaman mungkin.

Tempat tidur yang nyaman serta permainan yang cocok bagi hamster bertujuan untuk mencegah hamster mengembangkan kondisi yang disebut ketumpulan. ketika hewan peliharaan seperti hamster tidak memiliki tempat tidur yang tenang dan tidak memiliki kegiatan permainan yang memadai, hal itu akan berdampak pada kesehatan dan mental hewan tersebut.

Dampak lain yang diakibatkan dari ketidaknyaman tersebut adalah hamster dapat berubah jahat yang dapat menyerang dan menggigit anda. Makanya banyak yang kita temui, hamster yang tidak jinak dan menyerang orang yang menyapanya, Usahakan perlakukan hamster seperti manusia dalam hal pemenuhan kandang dan perlakuan terhadapanya.

Setelah anda mengetahui bagaimana cara merawat hamster, saatnya untuk mengunjungi toko hewan untuk mendapatkan hamster yang sesuai dengan keinginan anda.

Pastikan toko tersebut memelihara hamster dalam keadaan baik dan bersih, pastikan dengan teliti hewan peliharaan tersebut tidak cacat dan sakit, dan pastikan semua pertanyaan yang anda lontarkan terjawab baik oleh karyawan.

Setelah dibawah ke rumah dan diletakkan pada kandangnya, biarkan sehari atau lebih untuk menyesuaikan hamster dengan lingkungannya, setelah itu lakukanlah perawatan yang penuh dengan kasih sayang dan tidak menyakitinya.

5 Cara Mudah Menjinakkan Hamster Garang dan Agresif

Hamster adalah salah satu hewan yang sering kali dijadikan peliharan oleh sebagian orang. Hamster bukanlah seekor hewan yang tergolong agresif, apalagi hewan buas. Karakter hamster bukanlah seekor binatang yang suka menyerang makhluk hidup yang lain. Justru kebalikannya, hamster lah yang sering menjadi buruan beberapa hewan.

Karakter hamster yang tidaklah buas menjadikan banyak orang memilihnya untuk diperlihara. Tubuh mungil, pawakan yang lucu dengan bulu lembut dan suka berlarian itulah yang membuat banyak orang menggemari seekor hamster. Cara memelihara hamster pun tidaklah rumit dan juga biaya pemeliharaannya relatif murah.

Meskipun tidak banyak orang yang mengeluh soal keganasan hewan yang satu ini, namun untuk sebagian orang pemula yang memelihara hamster masih terdapat kesulitan untuk menjadikan hamster bersahabat, alias jinak.

Sering juga ditemui para pemilik hamster harus menerima gigitan dari peliharannya itu. Yah, walaupun memang gigitannya tidak terlalu menyakitkan lantaran gigi yang dimilikinya tidak terlalu tajam, akan tetapi tetap saja memperoleh gigitan dari hamster adalah sesuatu yang tak nyaman.

Tak pelu khawatir, hal itu masih dapat diatasi. Diartikel ini akan dijelaskan tentang bagaimana menjadikan hamster peliharaan anda menjadi jinak dan tidak agresif.

Sebelum melangkah pada cara menjadikan hamster jinak, terlebih dahulu anda harus mengetahui beberapa penyebab hamster bersifat agresif dan mudah mengigit.

Hamster dapat bersifat agresif dikarenakan lingkungan sekitar kandang yang kurang nyaman.

Kondisi suhu yang terlalu panas, kemudian banyak polusi udara serta adanya hewan lain didekatnya akan menjadikan hamster pun stress dan memicu menjadi agresif.

Perlakuan pemilik pun menjadi salah satu faktor yang menyebabkan hamster bersifat agresif. Jika sang pemilik merawat dengan cara yang kurang lembut, hamster bisa jadi agresif dengan bau manusia.

Selain itu, cara memegang yang salah juga dapat berakibat gigitan dari si hamster.

5Kenalkan Hamster dengan Lingkungan di Kandangnya

Untuk anda yang baru saja memelihara hamster, jangan langsung mengajaknya untuk bermain main dengan anda. Terlebih dahulu biarkan si hamster mengenal kandangnya, mengenali bau dari lingkungan yang akan ditempatinya sehari-hari.

Seekor hamster yang telah mengenal tempat barunya, biasanya nampak memberikan tanda pada tempat-tempat tertentu yang menurutnya adalah tempat yang nyaman. Nah, setelah anda merasa hamster milik anda sudah mulai nyaman dengan kandang barunya, barulah coba untuk memegang dan mengajaknya bermain.

Hamster adalah hewan yang mengandalikan indera penciuman untuk mengenali apapun yang ada di sekitarnya. Maka, bau khas anda pun bakal dikenal oleh hamster.

4Perlakukan Hamster dengan Baik dan Lembut

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa perlakuan pemilik yang tidak tepat kepada hamster akan memicu hamster tersebut bersifat agresif. Jangan biasakan untuk mengangkat hamster dengan mencubitnya pada bagian punggung.

Hal ini akan menjadikan hamster agresif dan ketika anda mencoba untuk mendekatinya kembali, ia bisa jadi menggigit anda lantaran ia sudah mengenal bau khas tangan anda yang pernah menggotongnya tidak dengan lembut.

3Kenalkan dengan Benda Asing

Untuk anda yang sudah pernah digigit oleh hamster, latihlah hamster anda supaya sifat ganasnya hilang. Dengan cara apa ? kenalkan dia dengan benda asing. Anda mungkin bisa menggunakan tongkat kecil atau penggaris dan sodorkan itu kepada hamster anda.

Biarkan hamster menyerang tongkat tersebut hingga dia merasa bosan dan berhenti menyerang. Dari situ hamster anda akan belajar bahwa usahanya untuk menyerang penyusup, dalam hal ini adalah tongkat yang anda sodorkan tadi, ternyata hanya sia-sia lantaran yang diserang olehnya tidak menjauh dan tetap terdiam.

Ia juga akan berpikir bahwa mangsa tongkat tersebut bukanlah hal yang melukainya. Lakukan hal tersebut beberapa kali sampai dengan hamster anda sudah dapat menerima benda asing.

Setelah itu baru cobalah untuk memberikan tangan anda kepadanya. Dekatkan tangan anda kepada hamster dan biarkan ia mengendusnya dan mencoba untuk mengenali. Jika hamster sudah tidak menggigit anda lagi, coba gendong dan elus hamster dengan lembut.

2Jangan Menggendong Hamster dengan Memegang Secara Tiba-tiba

Cara memegang hamster memang menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan supaya tangan anda pun tidak menjadi korban gigitan. Anda perlu perhatikan, janganlah memegang hamster secara tiba-tiba dan langsung menggendongnya.

Hal ini akan menjadikan hamster terkaget dan justru akan memberikan perlawanan kepada anda dengan cara menggigit.

Ulurkan tangan anda terlebih dahulu dan biarkan hamster untuk mengendus dan mengenalinya. Setelah dia melangkah ke tangan anda, barulah angkat dan gendong.

Bagi anda yang sudah pernah digigit hamster dan masih merasa trauma saat memegangnya, gunakan perantara seperti wadah kecil ataupun sekop kecil untuk menggambilnya dari kandang. Kemudian baru tuangkan ke tangan anda.

1Sodorkan Makanan Kesukaan

Tips selanjutnya untuk membuat hamster jinak adalah dengan menyodorkan makanan kesukaannya. Makanan kesukaan hamster adalah kuaci. Cobalah untuk menyodorkan kuaci didekatnya dan biarkan hamster memakan kuaci tersebut dari tangan anda. Disaat hamster sudah mulai merasa nyaman dengan sodoran kuaci yang anda berikan, cobalah untuk mengelusnya ataupun menggendongnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here