Cara Mudah Mencegah Gejala Asam Lambung

Gejala dan Penyebab Penyakit Asam Lambung

Cara Mudah Mencegah Gejala Asam Lambung – Naiknya asam lambung bisa menimbulkan masalah pada pencernaan atau sering dikenal dengan istilah GERD (Gastroesophageal reflux disease).  Kondisi tersebut bisa memicu gejala seperti mual muntah dan munculnya rasa panas akibat asam lambung yang mengiritasi esofagus baik itu di dada (heartburn) maupun di leher.

Selain itu, naiknya asam lambung juga sering ditandai dengan gejala nyeri dada, kesulitan untuk menelan, batuk kering, tenggorokan terasa sakit atau suara serak, cairan asam (acid reflux) yang berbalik arah, sering  bersendawa dan perut cenderung kembung sehingga menimbulkan rasa yang kurang nyaman.

Naiknya asam lambung bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah terlambat makan sehingga perut mengalami kekosongan, mulut kering, kehamilan, kebiasaan merokok, kegemukan, adanya gangguan pada jaringan ikat hingga penyakit diabetes.

Jika gejala asam lambung tidak segera diatasi dan berlangsung dalam waktu yang lama maka bisa menyebabkan kompilkasi yang lebih serius seperti resiko penyempitan kerongkongan, radang pada esofagus bahkan resiko kanker esofagus yang membahayakan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah gejala asam lambung agar tidak kambuh kembali.

  • Biasakan makan dalam porsi kecil

Kebiasaan makan dalam porsi yang besar bisa menyababkan perut lebih meregang, akibatnya otot yang menghubungkan perut dan kerongkongan akan lebih terbebani.  Dan kondisi ini akan meningkatkan resiko terjadinya gejala asam lambung.  Oleh karena itu sebaiknya biasakan makan dalam porsi yang lebih kecil setiap hari setidaknya 3-4 kali.  Penting juga untuk menghindari jenis makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung seperti makanan asam, pedas, minuman bersoda, alkohol, dan makanan yang banyak mengandung minyak ataupun lemak.

  • Menurunkan berat badan

Salah satu faktor yang bisa memicu terjadinya gejala asam lambung adalah kegemukan, dimana kelebihan berat badan bisa mengganggu sistem keseimbangan di dalam tubuh termasuk juga pada sistem pencernaan.

Anda bisa mencoba diet karbohidrat sebagai salah satu cara yang cukup efektif untuk menurunkan berat badan.  Bahkan sebuah studi menyebutkan bahwa setelah menjalani diet karbohidrat selama 6 hari penderita asam lambung akan mendapatkan manfaat yang siginifikan.  Namun perlu diperhatikan bahwa makanan yang dikonsumsi harus tetap mengandung gizi yang seimbang agar tubuh tetap sehat.

  • Perbaiki kualitas tidur

Sejumlah studi menunjukkna bahwa ada hubungan antara gaya hidup dengan gejala naiknya asam lambung, dan dalam hal ini adalah kualitas tidur yang kurang baik.  Penting juga bagi Anda untuk mengatur kembali cara tidur agar gejala naiknya asam lambung bisa lebih terkendali.

Salah satu cara yang dianjurkan adalah dengan menyangga kepala menggunakan bantal yang lebih tinggi sehingga gejala asam lambung bisa menurun dan tidak kambuh lagi.

  • Mengunyah permen karet non pepermint

Kebiasaan mengunyah permen karet diyakini bisa membantu menyeimbangkan pH lambung, hal ini dikarenakan mulut lebih banyak memproduksi air liur pada saat mengunyah permen karet.

Permen karet yang dianjurkan adalah permen karet non pepermint.  Dalam sebuah studi terungkap bahwa pepermint justru bisa mengurangi kontraksi otot LES, dan hal ini akan mengakibatkan naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan.

  • Mengunyah makanan sampai halus

Kebiasaan makan secara terburu-buru sehingga hanya membutuhkan waktu sebentar untuk mengunyah sangat tidak dianjurkan karena bisa menimbulkan gangguan pencernaan, salah satunya adalah naiknya asam lambung.

Cara terbaik dalam mengunyah makanan adalah sampai halus sehingga lebih mudah untuk dicerna, dengan begitu lambung bisa bekerja secara lebih efisien dan mengurangi resiko gejala asam lambung akibat lambung yang bekerja ekstra keras.

Dianjurkan juga untuk mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup setidaknya 8-10 gelas perhari agar terhindar dari resiko dehidrasi, karena pada saat dehidrasi produksi asam lambung cenderung cenderung meningkat.

Selain melakukan upaya pencegahan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala naiknya asam lambung, yaitu dengan mengkonsumsi pisang, susu atau kunyit.  Pisang bisa berfungsi sebagai antasida atau zat yang menetralisir produksi asam lambung berlebih di lambung.

Selain pisang, Anda juga bisa memanfaatkan kunyit untuk mengatasi gejala naiknya asam lambung.  Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan merebus kunyit yang sudah dihaluskan selama 15 menit, kemudian setelah hangat bisa disaring dan diminum dengan menambahkan sedikit madu atau gula merah.  Selamat mencoba.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here