Cara Merawat Rambut Kering dengan Metode Alamiah

858

Cara Merawat Rambut Kering dan Rusak – Banyak orang bilang rambut merupakan mahkota wanita, namun bagaimana jika rambut ternyata kering dan rusak, apakah masih layak disebut mahkota? Tidak dipungkiri lagi bahwa rambut merupakan salah satu organ tubuh yang membutuhkan ekstra treatment. Secantik apapun seorang perempuan, jika rambutnya kering dan rusak, tetap saja tidak terlihat menarik. Kabar baiknya, terdapat beberapa cara merawat rambut kering dengan metode alamiah sehingga rambut menjadi sehat kembali. Jika Anda peduli dengan penampilan, maka cara-cara dibawah ini bisa menjadi solusi paling tepat untuk mengatasi rambut kering dan rusak.

 

Cara Merawat Rambut Kering, Tentang Rambut Kering

Pada dasarnya rambut yang kering merupakan kondisi dimana rambut kekurangan kelembaban sehingga rambut terlihat keriting,kering, sayu, dan terlihat membosankan. Tidak heran jika banyak perempuan menyebut kondisi ini sebagai ‘akhir dari kehidupan’, ya karena memang wanita sangat membutuhkan penampilan yang menarik. Rambut yang indah dan berkilau merupakan tanda rambut yang sehat, sebaliknya rambut yang kering merupakan tanda rambut yang tak terawat. Perlu Anda ketahui, rambut memilki tiga lapisan, dan lapisan paling luar menjaga kondisi lapisan paling dalam. Pada kondisi rambut kering, lapisan luar tidak menghasilkan minyak alami, sehingga terlihat kering.

 

Hal tersebut juga berlaku untuk rambut yang rusak, lapisan rambut menjadi lemah dan kekurangan minyak alami. Salah satu penyebab rambut kering adalah lingkungan yang panas, sehingga mengakibatkan rambut menjadi kering. Terlalu lama terpapar sinar matahari juga menjadi penyebab rambut yang kering dan rusak. Bagi seseorang yang suka berenang, kandungan klorin pada kolam air juga dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Untuk itulah banyak orang membutuhkan cara merawat rambut kering dan rusak. Terdapat beberapa metode ilmiah dalam mengatasi rambut kering, selain efektif, cara-cara berikut ini juga tanpa efek samping.

 

Cara Merawat Rambut Kering dengan Metode Alamiah

Nah setelah Anda mengetahui sekelumit latar belakang terjadinya rambut kering, sekarang saatnya Anda mengetahui beberapa cara merawat rambut kering dengan metode alamiah. Cara-cara merawat rambut kering berikut tidak membutuhkan banyak dana, dan hasilnya pun sangat luar biasa. Setelah mengaplikasikannya, Anda bisa melihat rambut Anda terlihat sehat dan berkilau. Berikut beberapa cara merawat rambut kering dengan metode alamiah:

  • Basahi Rambut dengan Teh

Salah satu cara paling murah dan efektif dalam mengatasi rambut kering adalah membasahi rambut dengan teh. Bagi Anda pecinta teh, mungkin bertanya, kok bisa sich teh dipakai buat rambut kering? Teh memiliki kandungan epugallocatechin-3-gallate yang sangat berguna untuk kesehatan rambut. Selain itu secangkir teh tanpa gula memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi rambut seperti vitamin E dan C. Caranya sangat mudah, Anda bisa menggunakan teh instan atau teh basi tanpa gula, lalu gunakan teh tersebut setelah Anda keramas. Tunggu dulu beberapa menit, baru bilas dengan air hangat.

 

  • Masker Alpukat

Cara merawat rambut kering lainnya yang sangat efektif adalah dengan mengolesi rambut dengan masker alpukat. Mengapa harus masker alpukat? Jawabannya karena masker alpukat memiliki kandungan mineral dan asam lemak dalam jumlah banyak, hal tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Caranya cukup mudah, lembekan alpukat dengan menumbuknya, lalu campurkan 1 butir telur, aduk-aduk hingga terbentuk masker. Oleskan pada rambut kering, biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Untuk rambut kering parah, Anda bisa menggunakannya 2 kali dalam seminggu. Untuk perawatan, cukup satu minggu sekali, sangat mudah kan?

 

  • Minyak Zaitun

Metode alamiah dan murah meriah lainnya dalam mengatasi rambut kering adalah dengan mengoleskan minyak zaitun. Kandungan protein dan mineral yang dimiliki oleh minyak zaitun dapat melembabkan rambut kering. Selain untuk rambut kering, minyak zaitun juga dapat mengatasi masalah-masalah pada rambut lainnya seperti kerontokan dan ketombe. Caranya lumayan mudah kok, begini, oleskan minyak zaitun pada rambut, lalu tutup rambut dengan plastik transparan, biarkan selama 45 menit. Setelah itu Anda bisa keramas dan membilas rambut hingga bersih. Cukup mudah kan?

 

  • Membuat Sampo Omelet

Cara merawat rambut kering lainnya adalah dengan menggunakan sampo omelet. Nah apa itu sampo omelet? Sampo omelet adalah ramuan yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut kering. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 butir telur dengan sedikit sampo. Lalu usap-usap pada rambut kering, lalu bilas hingga bersih. Jika dilakukan rutin, produksi protein pada rambut akan meningkat, sehingga rambut berkilau dan sehat.

 

  • Mengkonsumsi Suplemen Omega-3

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi suplemen omega-3.

 

Itulah beberapa cara merawat rambut kering dengan metode alamiah. Rambut yang indah dan berkilau memang dapat membuat seseorang terlihat lebih menarik, jadi jika Anda peduli dengan penampilan, terapkanlah cara-cara diatas, semoga bermanfaat ya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here