Cara Menjaga Kesehatan Mulut Sepanjang Puasa Ramadhan Berlangsung

1570

Arwini.com – Cara menjaga kesehatan sepanjang puasa ramadhan berlangsung sangatlah dianjurkan karena selama berpuasa kita tidak makan dan minum apapun dan produksi air liurpun ikut berkurang.

Oleh sebab itu dengan cara menjaga kesehatan mulut, beberapa masalah yang timbul seperti sariawan, bau mulut, radang tenggorokan ataupun masalah yang lainnya dapat diatasi dengan mudah ketika berpuasa.

Pada saat puasa sering kali bermasalah dengan yang namanya bau mulut. Selain berusaha mengatasi bau mulut saat puasa maka kesehatan mulut juga harus di jaga. Sebab pada mulut yang sehat akan mengakibatkan puasa Anda berjalan secara lancar tanpa ada gangguan.

Dalam menjaga kesehatan mulut saat berpuasa adalah sebenarnya sama dengan mengatasi mulut pada hari-hari biasanya. Akan tetapi kesehatan mulut pada umumnya yaitu disekitaran mulut secara keseluruhan. Oleh karena itu akan dijelaskan tips-tips menjaga kesehatan mulut.

kapefm.com

Menjaga Kesehatan Mulut saat Puasa Ramadhan

1.Teratur dalam menyikat gigi

Pada saat berpuasa menyikat gigi adalah pada saat setelah sahur dan menjelang akan tidur di malam hari. Anda dapat mengusahakan menggosok gigi pada dua waktu tersebut, sehingga dapat menjaga kesehatan mulut Anda serta gigi Anda pada saat berpuasa.

Menggosok gigi dengan cara ini adalah sangat efektif, sebab menyikat gigi berguna untuk menghilangkan plak, selain itu mencegah sariawan serta dapat menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan masalah bau mulut.

2.Membersihkan lidah

Lidah adalah tempat dimana berkumpulnya bakteri. Oleh sebab itu menyikat gigi tanpa membersihkan lidah adalah percuma. Hal ini disebabkan bakteri dapat berpindah secara langsung dari gigi ke lidah. Sehingga membersihkan lidah juga harus diperhatikan,

Cara menjaga kesehatan sepanjang puasa ramadhan berlangsung juga salah satunya menjaga kebersihan lidah dengan menggunakan alat pembersih lidah. Alat ini adalah sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mulut terutama saat puasa.

3.Hindari merokok

Jika Anda ingin benar-benar ingin menjaga kesehatan mulut maka Anda harus menghindari merokok. Selain rokok sebagai pemicu dalam masalah penyakit juga sebagai pemicu kesehatan dalam mulut.

Akibatnya jika Anda sering merokok, maka akan membentuk noda pada gigi Anda dan jadi kanker mulut.

4.Menggunakan obat kumur

Cara yang dapat digunakan yaitu dengan cara menggunakan obat kumur. Hal ini tidak wajib dilakukan, sebab jika Anda mempunyai masalah kesehatan mulut maka Anda tak ada salahnya untuk menggunakan obat kumur ini.

Obat kumur ini dapat mencegah tumbuhnya bakteri yang telah berkembang di dalam mulut. Sehingga dapat menimbulkan plak hitam pada gigi dan juga karang pada gigi.

5.Mengonsumsi makanan yang sehat

Selain itu juga dalam berbuka puasa Anda juga dapat memperhatikan dalam pemilihan makanan yang Anda makan. Terkadang banyak menu makanan yang Anda makan sehingga harus sesuai dengan takaran. Jangan sampai makan terlalu berlebihan.

Sebab jika makan terlalu berlebihan, maka dapat mengakibatkan karang gigi semakin menumpuk dan kekenyangan. Oleh sebab itu mengakibatkan malas dalam menggosok gigi.

6.Sering berkumur

Berkumur dapat membantu dalam membersihkan bau mulut, dan juga pada saat sholat juga harus berkumur dengan benar. Hal ini dapat membantu dalam menghilangkan kotoran-kotoran dan bakteri di dalam mulut khususnya pada bagian sela-sela gigi.

7.Konsumsi teh hijau

Dalam menjaga kesehatan mulut yaitu dapat mengkonsumsi teh hijau. Dalam hal ini dapat mengkonsumsi teh hijau pada saat berbuka puasa dan sahur. Sebab dalam kandungan teh hijau terdapat zat aditif yang dapat disebut dengan catechin.

Dalam hal ini catechin dapat membunuh bakteri di dalam mulut. Bakteri ini yang dapat menyebabkan bau mulut yang tidak enak. Selain itu juga dapat menggunakan teh bunga lavender yang terkenal mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

8.Konsultasi ke dokter

Dalam menjaga kesehatan mulut juga dapat berkonsultasi dengan dokter. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui secara langsung apa saja yang dapat menyebabkan bau mulut saat puas. Pastinya juga dokter akan memberi masukan.

Masukan dalam hal ini dapat berupa obat yang dapat mengatasi mulut pada saat kering. Sehingga dalam hal ini bau mulut akan terhindar dan mulut Anda akan tetap sehat pda saat berpuasa.

Cara menjaga kesehatan sepanjang puasa ramadhan berlangsung dapat disimpulkan yaitu dengan cara menggosok gigi dengan cara 2 kali gosok gigi selama 2 menit. Dalam hal ini diutamakan stelah mandi pagi ataupun sebelum tidur dapat membersihkan gigi.

Selain itu jug dapat membilas mulut Anda secara sering-sering tanpa menelan air tersebut, hal ini dilakukan agar mulut Anda tetap basah. Jika mulut kering itulah yang dapat mengakibatkan bau mulut yang tak sedap serta tumbuh plak gigi jika tidak suka gosok gigi.

Sehingga tidak ada alasan bagi Anda dalam membersihkan mulut pada saat puasa berlangsung. Perhatikan porsi makan juga penting, sebab hal ini dapat mempengaruhi dalam kesehatn perut ataupun mulut.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here