Cara Menghitamkan Rambut Permanen Tanpa Efek Samping

Cara Menghitamkan Rambut Permanen Tanpa Efek Samping – Setiap orang pasti menginginkan rambut yang hitam dan tebal, wajar saja memang, karena rambut hitam dan tebal merupakan simbol kesuburan dan kesehatan. Rambut hitam dan tebal mencerminkan rambut yang sehat dan selalu terawat, karena alasan estetis tersebut, banyak orang tidak ingin kompromi terhadap perawatan rambut. Di era modern ini, teknologi kedokteran atau kecantikan memang dapat memberikan solusi untuk menghitamkan rambut, namun bagaimana dengan efek sampingnya? Cara menghitamkan rambut tanpa efek samping memang selalu mengacu pada metode alamiah, dan memang dengan cara tersebut banyak orang bisa terhindar dari efek samping yang lebih mengerikan.

Loading...

 

Mengapa Warna Rambut Menjadi Luntur?

Sebelum membahas tentang cara menghitamkan rambut permanen tanpa efek samping, ada baiknya Anda mengetahui mengapa warna rambut menjadi luntur. Terdapat beberapa gejala warna rambut menjadi luntur seperti warna rambut yang menguning dan warna rambut yang memutih. Pada dasarnya masalah pada warna rambut disebabkan oleh fungsi hidrogen peroksida dan melanin yang menurun, terutama karena suplai enzim katalase yang berkurang. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut seperti menopause, merokok, minum alkohol, genetika, dan lain-lain. Selain itu paparan sinar matahari yang berlebih dapat membuat rambut menjadi kekuningan, sinar ultra violet berlebih dapat memudarkan warna rambut.

Cara Menghitamkan Rambut Permanen Tanpa Efek Samping

Nah setelah Anda mengetahui penyebab rambut menjadi memudar, sekarang saatnya mengetahui beberapa cara menghitamkan rambut permanen tanpa efek samping. Cara-cara berikut ini bisa digunakan bagi mereka yang warna rambutnya memudar, kemerah-merahan, ataupun beruban. Rambut hitam dan tebal memang selalu menjadi dambaan orang banyak, berikut beberapa cara menghitamkan rambut permanen tanpa efek samping.

 

  • Kentang

Sebenarnya Anda tak perlu pergi ke salon hanya agar rambut hitam dan tebal, cukup gunakan bahan yang ada di kulkas. Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah kentang. Kentang memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi rambut. Kandungan nutrisi pada kentang seperti niacin, zat besi, zinc dan vitamin C sangat berguna untuk mengembalikan warna alami rambut dan juga memperkuatnya. Berikut beberapa cara menghitamkan rambut dengan menggunakan kentang.

Cara pertama:

Masukan 3 buah kentang kedalam food processor, biarkan cair. Jangan mengupas kulitnya ya, karena kulit kentang memiliki nutrisi yang berguna untuk rambut. Lalu tuangkan jus kentang pada rambut, remas-remas selama 5 menit. Setelah itu biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

 

Cara kedua:

Buat jus kentang dengan menggunakan food processor. Sementara itu kocok-kocok kuning telur, lalu masukan jus kentang dan madu kedalamnya. Oleskan ramuan tersebut pada seluruh area rambut, biarkan selama 30 menit, bilas dengan sampo.

 

  • Oyong

 

Setiap orang pasti sangat membenci warna rambut yang memudar, kemerah-merahan seperti tersengat matahari. Untungnya ada cara menghitamkan rambut termudah yang bisa dicoba di rumah. Iya, Anda dapat menggunakan oyong sebagai obat alami dalam menghitamkan rambut. Oyong merupakan sayuran yang sering dipakai membuat sup atau tumisan. Kandungan enzim pada oyong dapat mengembalikan pigmen rambut dan memperkuat keratin. Berikut cara menghitamkan rambut dengan menggunakan oyong:

Bahan-bahan:

Oyong, 3 buah

Minyak kelapa, 1 mangkuk

Sediakan oleh Anda 3 buah oyong, lalu potong-potong menjadi beberapa bagian. Keringkan potongan oyong tersebut dengan meletakannya dibawah sinar matahari langsung. Setelah kering, masukan potongan oyong kedalam minyak kelapa, biarkan selama 3 hari. Masukan minyak kelapa dan oyong tersebut kedalam panci, lalu rebus selama 5 menit. Saring ramuan tersebut, lalu oleskan pada rambut sesaat sebelum tidur, lakukan cara ini secara rutin.

 

  • Bayam

Sayuran lainnya yang dapat kamu manfaatkan untuk menghitamkan rambut adalah bayam. Makanan favorit Popeye ini tidak hanya dapat menguatkan otot, namun juga dapat mengembalikan warna rambut yang memudar sekaligus memperkuatnya. Kandungan enzim pada bayam dapat memperbaiki kinerja melanin pada rambut. Berikut cara menghitamkan rambut dengan menggunakan bayam:

Bahan:

Bayam, 2 mangkuk

Masukan bayam kedalam mangkuk berisi air, lalu remas-remas oleh Anda bayam tersebut hingga hancur dan menghasilkan ekstrak cairan bayam. Sebelumnya, Anda bisa keramas terlebih dahulu dengan menggunakan sampo, lalu keringkan rambut. Setelah kering, oles-oles ekstrak bayam tersebut pada area rambut. Biarkan selama 30 menit, bilas dengan air hangat.

 

  • Teh Hitam

Cara menghitamkan rambut lainnya adalah dengan menggunakan teh hitam. Teh hitam memiliki kandungan kafein dan antioksidan yang dapat menstimulasi rambut menjadi hitam kembali. Berikut cara menggunakan teh hitam sebagai obat alami penghitam rambut:

Bahan-bahan:

Bubuk teh hitam, 2 sendok makan

Garam, 1 sendok teh

Rebus bubuk teh hitam dan garam selama 2 menit. Lalu saring cairan teh hitam tersebut, setelah agak hangat, basuhkan pada rambut. Biarkan selama 20 menit dan jangan dibilas dengan sampo.

 

 

 

 

 

 

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here