3 Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat tanpa Efek Samping

1322
Cara Menghilangkan Panu

Cara Menghilangkan Panu – Beberapa masalah kesehatan memang tidak berbahaya, namun terkadang hal tersebut dapat membuat penderita merasa kurang percacya diri. Salah satu di antara masalah tersebut adalah panu. Penyakit ini merupakan penyakit yang berbentuk spot berwarna putih atau agak kehitam-hitaman yang muncul pada permukaan kulit.

Loading...

Panu tidak termasuk dari penyakit berbahaya, namun panu dapat menyebabkan penderitanya dicap jorok oleh orang lain. Adanya bintik-bintik putih pada kulit membuat penampilan seseorang terlihat buruk, terutama jika bintik-bintik putih tersebut berada bagin yang terlihat seperti wajah.

Nah berikut ini pembaca dapat menemukan informasi lengkap mengenai panu dan beberapa cara menghilangkan panu dengan cepat. Jangan tunggu lama lagi, segera persiapkan diri untuk mengikut langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat

Panu atau tinea versicolor merupakan bintik-bintik yang diakibatkan oleh jamur yang diberi nama Malassezia. Jamur ini sebenarnya sangat bermanfaat bagi kulit. Malassezia dapat menangkal adanya infeksi pada kulit sehingga kulit terbebas dari kuman dan bakteri. Namun jika pertumbuhannya  sangat berlebihan, maka jamur Malassezia ini dapat mengganggu pigmentasi kulit sehingga muncul binti-bintik putih atau dikenal juga dengan panu. Nah apa saja sich penyebab terjadinya kelebihan produksi jamur Malassezia ini, temukan jawabannya di bawah ini.

  • Jamur Malassezia dapat berkembang biak dengan sangat massive pada kondisi cuaca panas atau lembab.
  • Jamur Malassezia juga dapat tumbuh dengan sangat cepat saat seseorang berkeringat sangat banyak.
  • Selain itu, tipe kulit berminyak juga dapat menstimulasi berkembang biaknya jamur Malassezia.
  • Daya tahan tubuh lemah juga dapat menstimulasi berkembang biaknya jamur Malassezia.
  • Jamur Malassezia juga dapat berkembang biak karena adanya perubahan hormon pada tubuh seseorang.

Nah itulah beberapa penyebab mengapa panu bisa berkembang biak pada tubuh. Perlu pembaca ketahui, panu ini tidak mengenal batas etnik, jadi semua orang bisa mengalaminya. Panu ini lebih banyak menyerang remaja dan anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan, orang dewasa juga dapat mengalami panu ini. Nah setelah mengetahui bebeberapa penyebab munculnya panu, di bawah ini sahabat arwini dapat menemukan beberapa cara menghilangkan panu dengan cepat dan mudah.

Minyak Kelapa

Bagi Anda yang sering surfing untuk menemukan artikel kesehatan, pasti sering menemukan ulasan mengenai minyak kelap. Yap minyak kelapa merupakan minyak alamiah yang sangat berkhasiat bagi kesehatan kulit.

Minyak kelapa ini memiliki sifat anti-fungal sehingga sangat efektif mengurangi produksi jamur Malassezia pada kulit. Kandungan asam lemak ringan pada minyak kelapa dapat berfungsi sebagai fungisida alami.

  • Cara pertama, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa secara langsung pada permukaan kulit yang terkena panu. Nah biarkan dulu hingga mengering, Anda tak perlu membilasnya karena minyak kelapa akan terserap oleh kulit seutuhnya.
  • Cara kedua, Anda bisa mencampurkan minyak kelapa dengan beberapa tetes madu. Oleskan pada permukaan kulit yang terkena panu, biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Bawang Putih

Bagi Anda yang suka melihat film horor, pasti familiar dengan bawang putih. Bawang putih biasanya digunakan untuk menakut-nakuti hantu. Namun selain sebagai penangkal hantu, bawang putih juga dapat berfungsi sebagai penangkal panu. Sama seperti minyak kelapa, bawang putih ini memiliki kandungan anti-fungal yang sangat baik untuk mengatasi panu. Selain itu bawang putih juga dapat mengurangi rasa gatal yang diakibatkan panu.

  • Cara pertama Anda bisa menghancurkan bawang putih dengan menggunakan blender. Lalu oleskan pada panu, biarkan selama 20 menit, bilas dengan sabun dan air hangat.
  • Untuk hasil yang lebih powerful, Anda bisa mengkonsumsi bawang putih yang masih mentah sebanyak 2-3 siung. Konsumsi dengan menggunakan air hangat, jika tidak kuat dengan rasanya, Anda bisa menyediakan madu disamping Anda.
  • Jika Anda kurang nyaman dengan aroma dan rasa dari bawang putih, Anda bisa menggunakan suplemen bawang putih yang tersedia di apotek-apotek.

Lidah Buaya

Cara menghilangkan panu selanjutnya yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Mengapa lidah buaya? Jawabannya karena lidah buaya memiliki protein bernama 14kDa yang memiliki kadar anti-fungal dan anti-inflamasi yang sangat kuat. Hal ini tentunya sangat efektif dalam mengatasi panu pada tubuh.

  • Cara pertama, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya langsung pada kulit yang terkena panu. Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam sehari.
  • Atau Anda juga bisa mencampurkan 2 sendok makan gel lidah buaya dengan dua sendok makan minyak lavender. Oleskan pada permukaan kulit yang terkena panu, lalu biarkan mengering. Untuk hasil yang lebih powerful, lakukan metode ini 2-3 kali dalam sehari.

Nah itulah informasi lengkap beserta beberapa cara menghilangkan panu dengan cepat. Jangan tunggu hingga jamur Malassezia berkembang biak pada kulit, segera atasi dengan cara-cara diatas, semoga bermanfaat ya.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here