Cara Menghilangkan Ketombe Cepat dan Permanen

Cara Menghilangkan Ketombe Cepat dan Permanen – Setiap orang pasti menghindari yang namanya ketombe, karena dengan adanya ketombe pada rambut, penampilan pun menjadi terlihat kurang menarik. Ketombe merupakan sel-sel mati yang berbentuk serpihan dan berada di permukaan kulit rambut. Jika jumlahnya banyak, ketombe bisa terlihat sangat jelas pada rambut, sehingga orang-orang biasanya akan menjauhi orang yang berketombe tersebut. Nah gawat kan? Oleh karena itu, diperlukan cara menghilangkan ketombe dengan cepat dan permanen agar ketombe tidak muncul dikemudian hari. Kabar baiknya Anda dapat menemukan beberapa cara tersebut dalam artikel ini, dan setelah mempraktekan cara-cara berikut ini, Anda bisa mengatakan selamat tinggal pada ketombe.

 

Mengapa Muncul Ketombe pada Rambut?

Sekece apapun Anda, jika rambut dipenuhi ketombe, orang-orang disekitar pasti akan menjauhi Anda. Meskipun tidak menular, namun ketombe layaknya penyakit menular, karena orang-orang akan menjauhi kita. Sebelum membahas tentang beberapa cara menghilangkan ketombe dengan cepat dan permanen, sebaiknya Anda mengetahui penyebab munculnya ketombe pada rambut. Banyak orang menyangka ketombe disebabkan karena kulit kepala yang kering, memang tidak sepenuhnya salah karena kulit kepala kering dapat menimbulkan ketombe, namun dengan porsi yang sangat kecil. Ketombe dalam jumlah banyak dan membandel disebabkan oleh jamur bernama malassezia globosa, dan jamur ini membutuhkan banyak minyak pada kulit kepala agar bisa hidup. Oleh karenanya, ketombe membandel dan banyak sering dialami oleh orang dengan kulit kepala berminyak.

 

Cara Menghilangkan Ketombe Cepat dan Permanen

Nah Anda sudah tahu kan penyebab munculnya ketombe pada rambut, sekarang waktunya Anda mengetahui beberapa cara menghilangkan ketombe dengan cepat dan permanen. Cara yang digunakan adalah metode alamiah dan bisa dipraktekan di rumah. Mengapa harus menggunakan metode alamiah? Produk-produk penghilang ketombe yang ada di pasaran memang dapat menghilangkan ketombe, namun tidak permanen, biasanya 2-3 hari setelah pemakaian, ketombe akan datang kembali. Berikut beberapa cara menghilangkan ketombe dengan cepat dan permanen.

 

  1. Baking Soda

Anda mungkin tersugesti dengan berbagai produk anti ketombe di televisi, padahal salah satu obat anti ketombe terbaik ternyata berada di dapur Anda. Baking soda merupakan bahan pembuat kue dan memiliki manfaat dalam menghilangkan ketombe. Setelah baking soda menempel di kulit kepala, ketombe dan minyak pada kulit kepala akan langsung terkelupas. Berikut ini Arwini berikan cara membuat ramuan baking soda untuk menghilangkan ketombe pada rambut:

Bahan-bahan:

  • Baking soda, 2 sendok makan
  • Air, 1 gelas
  • Cuka apel, 2 sendok makan

Caranya cukup mudah, campurkan baking soda dengan air. Oleskan pada permukaan kulit kepala, lalu pijat-pijat rambut hingga baking soda meresap secara merata, biarkan selama 2 menit. Setelah itu buat oleh Anda campuran cuka apel dengan segelas air. Basuh rambut yang telah diolesi baking soda dengan cairan cuka apel. Cuka apel membantu menyeimbangkan PH pada rambut. Lakukan cara ini minimal seminggu sekali.

 

  1. Daun Mimba

Cara menghilangkan ketombe lainnya adalah dengan menggunakan ramuan daun mimba. Mimba yang memiliki nama latin Azadirachta indica A. Juss ini merupakan tanaman asli India, namun sudah tersebar  luas di Indonesia, khususnya pulau Jawa. Kandungan anti-mikroba dan antioksidan pada daun mimba dapat membunuh bakteri pada permukaan kulit kepala, selain itu dapat juga menghilangkan minyak berlebih pada kulit rambut. Berikut cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan ramuan mimba:

Bahan-bahan:

  • Daun mimba, beberapa helai
  • Minyak zaitun, 4 sendok makan

Hancurkan daun mimba dengan meremas-remasnya, atau Anda bisa menumbuknya dengan menggunakan ulekan. Masukan daun mimba yang telah hancur kedalam mangkuk. Lalu campurkan 4 sendok minyak zaitun, aduk-aduk merata. Setelah itu tempelkan ramuan tersebut pada permukaan kulit kepala. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan sampo.

  1. Lemon

Ketombe disebabkan oleh adanya pergantian lapisan epidermal pada kulit kepala, dan ini terjadi dengan cepat, hal tersebut terjadi karena adanya infeksi jamur malassezia globosa pada kulit kepala. Salah satu cara menghabisi malassezia globosa adalah dengan menggunakan lemon. Berikut panduan dalam membuat ramuan lemon untuk menghilangkan ketombe pada rambut.

Bahan-bahan:

  • Minyak kelapa, 2 sendok makan
  • Air perasan lemon, 1 sendok makan

Campurkan minyak kelapa yang agak hangat dengan air perasan lemon. Oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala, biarkan selama satu jam. Cuci dengan sampo.

 

  1. Yogurt

Cara lainnya yang sangat mudah Anda praktekan adalah dengan menggunakan yogurt. Sediakan oleh Anda satu cangkir yogurt murni, lalu oleskan pada permukaan kulit kepala, biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

 

Nah itulah beberapa cara menghilangkan ketombe cepat dan permanen. Selain cara-cara diatas, jangan lupa untuk selalu mencuci rambut Anda secara rutin, semoga bermanfaat.

 

 

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here