3 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

34
Cara Menghilangkan Bekas Luka

Arwini.comTidak hanya menimbulkan rasa sakit, sebuah kecelakaan juga dapat meninggalkan bekas luka pada tubuh. Terkadang bekas luka dapat menjadi tanda atau pengingat pada momen-momen tertentu, namun jika bekas luka berada pada area terekspos seperti wajah atau lengan, tentu banyak orang yang bersusah payah untuk menghilangkannya.

Bekas luka yang terekspos dapat membuat penampilan menjadi menurun, semulus apapaun permukaan kulitnya. Berikut ini Arwini sajikan pembahasan mengenai jenis-jenis bekas luka beserta cara menghilangkannya. Semoga dengan artikel ini, pembaca dapat dengan mudah menghilangkan bekas luka yang sangat mengganggu penampilan.

Jenis-jenis Bekas Luka

Sebelum menginjak pada sesi pembahasan mengenai cara menghilangkan bekas luka, ada baiknya Anda mengetahui beberapa jenis bekas luka. Bekas luka bisa terjadi karena faktor-faktor tertentu dan biasanya disebabkan karena hal-hal yang menyakitkan seperti terjatuh dari kendaraan, terkena pukulan, tersayat benda tajam atau bisa juga karena jerawat. Nah berikut ini Anda dapat menemukan jenis-jenis bekas luka.

  • Atrophic

Jenis bekas luka yang pertama yaitu Atrophic. Atrophic ini disebabkan karena hiperpigmentasi atau kelebihan pigmen. Orang yang terbiasa berjemur dibawah sinar matahari yang sangat terik biasanya memiliki kulit yang seperti terbakar di beberapa area pada tubuh.

  • Hypertrophic

Jenis bekas luka lainnya yaitu Hypertrophic yaitu bekas luka yang disebabkan karena adanya kelebihan jaringan pada kulit. Hal ini bisa terjadi karena adanya infeksi pada kulit.

  • Keloid

Jenis bekas luka lainnya yaitu Keloid. Bekas luka ini disebabkan karena kecelakaan dalam yang sangat parah, sehingga tubuh harus memperbaiki kulit secara maksimal. Keloid ini berbentuk seperti benjolan berwarna hitam, benjolan ini disebabkan karena adanya kelebihan kolagen selama masa penyembuhan.

  • Stretch

Strech merupakan bekas luka yang disebabkan karena adanya peningkatan berat bada ekstrem, sehingga muncul kerutan dibeberapa area permukaan tubuh.

  • Acne

Seseorang yang mengalami jerawat parah dan tidak ditangani secara cepat akan menghasilkan bekas luka pada area wajah.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Nah setelah mengetahui  beberapa jenis bekas luka, inilah saatnya pembaca mengetahui cara menghilangkan bekas luka. Pada artikel ini Anda tak akan menemukan metode menghilangkan bekas luka yang terlalu rumit, melainkan menggunakan metode alamiah yang sangat mudah untuk dipraktekan di rumah, silahkan simak dibawah ini.

  • Shea Butter dan Minyak Kelapa

Jika Anda mengalami kecelakaan dan akhirnya menimbulkan bekas luka segera cari shea butter dan minyak kelapa. Bagi pembaca yang belum tahu, shea butter merupakan mentega yang terbuat dari lemak pohon shea dan memiliki lemak omega-3 yang sangat baik dalam me-recovery jaringan kulit.

Minyak kelapa sendiri memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk banyaknya kandungan antioksidan didalamnya.

Caranya sangat mudah, Anda tinggal mencampurkan keduanya pada mangkuk, lalu oleskan pada area bekas luka. Anda tak perlu membersihkannya karena keduanya sangat baik bagi kulit.

  • Tekanan Pakaian

Cara menghilangkan bekas luka lainnya yaitu dengan memanfaatkan tekanan pakaian sehingga jaringan kulit dapat dengan mudah memperbaiki dirinya sendiri. Cara ini pernah sangat booming pada abad 18 dan 19 yang lalu. Jika bekas luka berada pada permukaan lengan, Anda bisa menggunakan pakaian superketat pada area tangan, sebaiknya gunakan yang elastis.

  • Ekstrak Bawang Putih

Cara menghilangkan bekas luka lainnya yaitu dengan menggunakan ekstrak bawang putih. Nah bawang putih ini jika diekstrak akan menghasilkan beberapa kandungan bioflavenoid seperti cepalin, quercetin, dan kaempferol. Meskipun aromanya sangat menyengat, namun ekstrak bawang putih ini dapat menghilangkan bekas luka hanya dalam waktu beberapa minggu. Pada dua minggu pertama, bekas luka terlihat agak memudar.

Nah pada minggu ke-4, bekas luka dapat dihilangkan. Namun penggunaan ekstrak bawang putih ini harus pada orang yang tidak alergi pada bawang putih tentunya. Anda tinggal mengoleskan ekstrak bawang putih pada area bekas luka, dan lakukan metode ini secara rutin.

Nah itulah pembahasan mengenai jenis dan cara menghilangkan bekas luka. Jangan pernah sepelekan bekas luka karena bisa saja bekas luka tersebut menjadi permanen, oke semoga bermanfaat ya.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here