Yakin Masih Nahan? Ikuti Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen Ini!

276
Cara Menghilangkan Bau Kaki
Advertisement
Loading...

Arwini.com – Sekece apapun penampilan Anda, namun jika kaki Anda bau, orang-orang pasti akan illfeel dan akan menjauhi Anda. Memang sepertinya sepele, namun pastinya hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama yang berhubungan dengan sosialisasi.

Semua orang pasti tidak ingin memiliki kaki bau, karena hal tersebut berdampak pada rasa kepercayaan diri yang semakin menurun. Semua orang yang mengalami bau kaki pasti akan bertanya, apa sich penyebab bau kaki dan bagaimana cara mengatasinya?

Untungnya terdapat banyak cara menghilangkan bau kaki, baik dengan cara medis ataupun dengan bahan alami. Dalam artikel ini, sahabat Arwini dapat menemukan beberapa cara alami menghilangkan bau kaki dengan cara tepat. Untuk lebih jelasnya, baca terus hingga akhir ya.

Tentang Bau Kaki dan Penyebabnya

Bau kaki adalah kondisi dimana kaki mengeluarkan bau tak sedap, dan aroma yang muncul dari bau tersebut dapat mengganggu orang-orang disekitar. Bau kaki biasanya terjadi pada orang yang tidak pernah peduli dengan kesehatan kakinya.

Menurut Josep Stern seorang ahli penyakit kaki (podiatrist) menyebutkan “bau tidak sedap pada kaki berasal dari 120 ribu kelenjar keringat yang terletak di kedua telapak kaki“. Keringat pada kaki tidaklah memiliki bau namun keringat yang berlebihan memberikan reaksi negatif pada sel-sel kulit mati yang menyebabkan pertumbuhan jamur di sela-sela jari kaki.

Advertisement
Loading...

Penyebab Munculnya Bakteri Pada Kaki

Banyak hal yang dapat menyebabkan munculnya bakteri pada kaki seperti tidak memakai kaus kaki, jarang cuci kaki, menggunakan krim-krim tertentu, dan lain-lain. Kabar baiknya jika Anda membuat kaki tetap kering, bersih dan selalu terjaga dari bakteri, maka Anda tak perlu khawatir kaki bakalan bau. Namun jika bau kaki sudah terlanjur sulit untuk dihilangkan, maka dibutuhkan cara mengatasi bau kaki yang efektif dan paling mudah untuk dilakukan.

Dari keterangan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa ada dua penyebab utama mengapa kaki menjadi bau. Yang pertama adalah karena keringat. Namun keringat tidak akan membuat kaki terlampau bau. Yang kedua dan merupakan penyebab utama bau kaki adalah bakteri. Bakteri pada kaki menyerap berbagai macam gas dan juga kotoran, sehingga kaki menimbulkan aroma tak sedap.

Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Aktivitas Rutin di Rumah

  1. Rendam kaki dengan air hangat yang telah dicampurkan dengan garam sedikit.
  2. Taburi bedak talk sedikit untuk menjaga kaki tetap kering, utamakan di area sela-sela jari kaki
  3. Oleskan krim pelembab untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada telapak kaki
  4. Potong kuku secara rutin, namun usahakan direndam dengan air hangat sebelum dipotong (agar lebih lunak saat dipotong)
  5. Potonglah dengan lurus, jangan terlalu pendek dan jangan terlalu sudut karena dapat membuat tumbuhnya kuku pada daging.
  6. Pakai kaos kaki yang dapat menyerap keringat serta sepatu yang sesuai ukuran.
  7. Bila terdapat luka pada kaki, rawatlah dengan baik agar tidak terjadi infeksi.
  8. Sebelum dan sesudah menggunkan alas kaki tertutup, usahakan untuk mencuci kaki.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen dengan Bahan Alami

Nah setelah Anda mengetahui beberapa penyebab bau kaki dan langkah sederhana mengatasinya, Anda pasti sudah ada bayangan dong, apa yang mesti Anda lakukan. Jika kaki Anda sudah terlanjur bau, dan sulit untuk dihilangkan, maka Anda harus segera melakukan pengobatan. Berikut beberapa cara menghilangkan bau kaki dengan cepat dan alami:

  • Teh Hitam

Salah satu cara terbaik menghilangkan bau kaki adalah dengan menggunakan teh hitam. Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada teh hitam mampu membunuh bakteri pada kaki. Selain itu teh hitam juga dapat memperkecil pori-pori pada kaki, sehingga keringat tidak mudah keluar. Jadi Anda tak perlu tuh mengoleskan deodoran pada kaki sebelum pergi kemana-mana, cukup rendam kaki Anda kedalam ramuan teh hitam. Berikut cara membuat ramuan teh hitam untuk mengatasi bau kaki:

  1. Rebus beberapa pack teh hitam dengan air bersih.
  2. Biarkan mendidih.
  3. Angkat, lalu biarkan agak hangat terlebih dahulu.
  4. Setelah hangat, masukan kaki kedalam bak berisi air rebusan teh hitam.
  5. Biarkan selama 10-20 menit.
  6. Lakukan cara ini, minimal sekali seminggu.
  • Cuka

Cara menghilangkan bau kaki lainnya adalah dengan menggunakan cuka. Mengapa harus cuka? Jawabannya karena cuka memiliki asam asetat yang berfungsi sebagai antifungal, sehingga kaki terbebas dari jamur dan bakteri. Kandungan antifungal ini ternyata sangat aman dan tidak memiliki efek samping apapun untuk kaki. Hal terbaik dari cara ini adalah bahannya sangat gampang didapatkan. Anda dapat menggunakan cuka yang ada di dapur Anda. Berikut cara membuat ramuan cuka untuk mengatasi bau kaki:

  1. Campurkan ½ botol cuka dengan 6 gelas air hangat didalam sebuah bak.
  2. Masukan kaki kedalam bak, dan biarkan selama 10-20 menit.
  3. Basuh kaki dengan sabun.
  • Tawas

Cara menghilangkan bau kaki lainnya adalah dengan menggunakan tawas. Perlu Anda ketahui, tawas memiliki sifat astringent yang berarti dapat memperkecil pori-pori pada kaki. Hal tersebut sangat berguna agar keringat tidak muncul berlebih. Selain itu tawas juga bersifat antiseptic, sehingga dapat membunuh kuman dan bakteri jahat dengan sangat baik. Berikut cara membuat ramuan tawas untuk mengatasi bau kaki:

  1. Campurkan satu gelas air hangat dengan satu sendok makan bubuk tawas.
  2. Cuci kaki dengan ramuan tawas tersebut.
  3. Biarkan selama 15 menit, lalu keringkan kaki, dan taburkan bubuk tawas pada kaki.
  4. Biarkan beberapa saat, lalu cuci dengan sabun.
  5. Lakukan cara ini, minimal seminggu sekali.
  • Baking Soda

Cara menghilangkan bau kaki lainnya adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda dapat menetralkan ph disekitar kaki, dan juga dapat membunuh bakteri jahat. Berikut cara membuat ramuan baking soda untuk menghilangkan bau kaki:

  1. Campurkan air hangat dengan baking soda.
  2. Masukan kaki, dan biarkan selama 10-20 menit.
  3. Basuh dengan air bersih.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan bau kaki secara permanen. Semoga Anda bisa terbebas dari aroma tak sedap pada kaki, semoga bermanfaat.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here