Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Mudah

Apa reaksi Anda saat mencium aroma menyengat yang bersumber dari badan orang lain? Tentunya Anda akan menutup hidung, lalu pindah dari tempat tersebut. Nah hal itu bisa menjadi penyakit sosial paling berbahaya, karena jika hal itu terjadi pada Anda, maka Anda akan di-blacklist oleh orang lain dan dicap sebagai pribadi yang jorok. Nah tentunya Anda tak menginginkan hal tersebut bukan? Bau badan atau bromhidrosis merupakan aroma tidak sedap yang keluar dari tubuh yang disebabkan karena bakteri. Beberapa cara menghilangkan bau badan berikut bisa menjadi solusi terbaik bagi siapa saja yang mengalami penyakit membahayakan hubungan sosial ini.

 

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Mudah

Bagi Anda yang sedang dekat dengan seseorang yang spesial, tentunya Anda tidak ingin bau badan mengganggu hubungan Anda bersama sang kekasih. Nah bau badan ini pada dasarnya disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini merubah protein yang ada pada keringat menjadi asam sehingga menimbulkan aroma yang tak sedap. Bakteri tersebut bernama propionibacteria dan staphylococcus epidermidis, dan dapat menyebabkan aroma yang sangat menyengat jika keduanya hidup dalam keringat. Nah kali ini pembaca dapat menemukan beberapa cara menghilangkan bau badan dengan mudah, cek dibawah ini ya.

  1. Tomat

Bagi Anda yang memiliki masalah bau badan, tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli produk antiseptic, cukup gunakan tomat yang ada di dapur Anda. Si merah mungil ini memiliki sifat antiseptic alamiah yang dapat membunuh bakteri propionibacteria dan staphylococcus epidermidis pada tubuh. Selain itu tomat juga dapat memperkecil pori-pori sehingga mengurangi kadar keringat pada tubuh. Nah dibawah ini Anda bisa melihat step-by-step pembuatan ramuan tomat untuk mengatasi bau badan.

  1. Hancurkan 8 buah tomat pada mangkuk, Anda bisa meremasnya dengan menggunakan tangan atau menggunakan alat lainnya.
  2. Nah setelah itu saring dengan menggunakan saringan.
  3. Anda bisa menambahkan 3 sendok madu murni.
  4. Nah jadikan ramuan tomat ini sebagai pembersih badan saat mandi.
  5. Oles-oles ramuan tomat pada permukaan badan, sama seperti saat Anda menggunakan sabun.
  6. Lakukan cara ini setiap hari.
  7. Anda juga mengkonsumsi jus tomat untuk hasil yang lebih maksimal.

 

  1. Air Perasan Lemon

Jika badan Anda mulai mengeluarkan aroma tak sedap, segera pergi ke dapur Anda, lalu temukan beberapa buah lemon. Air perasan lemon sangat efektif mengatasi bau badan yang menyengat. Kandungan asamĀ  dalam buah lemon dapat mengurangi kadar pH pada kulit sehingga dapat mengurangi aroma tak sedap pada tubuh. Berikut beberapa cara menghilangkan bau badan dengan menggunakan air perasan lemon.

  • Cara pertama, Anda bisa memotong buah lemon menjadi dua bagian. Lalu oleskan ujung buah pada permukaan ketiak. Oleskan hingga menyeluruh, biarkan mengering, lalu bilas dengan air bersih.
  • Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda bisa mencampurkan 4 sendok makan air perasan lemon dengan air bersih. Aduk-aduk, lalu bilas-bilas pada area ketiak. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil maksimal.

 

  1. Lobak

Selain lemon dan tomat, Anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan masakan lainnya untuk menghilangkan bau badan, salah satunya yaitu lobak. Anda mungkin tak menyangka bahwa lobak dapat mengatasi bau badan, namun perlu Anda ketahui, lobak memiliki kandungan antibakteri yang sangat banyak sehingga bakteri pun tidak dapat tumbuh saat Anda mengaplikasikannya pada tubuh. Selain itu kandungan vitamin C dalam lobak sangat baik bagi kesehatan kulit, khususnya yang berhubungan dengan kadar pH kulit.

  1. Sediakan 2-3 lobak, potong-potong.
  2. Masukan kedalam blender, hancurkan hingga menjadi pasta.
  3. Nah oleskan pasta lobak tersebut pada area ketiak dan sekitarnya.
  4. Biarkan mengering, sekitar 10-15 menit.
  5. Bilas dengan air hangat.
  6. Anda bisa melakukannya pada pagi hari sebelum berangkat kerja, dan ramuan lobak ini dapat menjaga tubuh dari bau badan selama seharian.

 

Nah itulah beberapa ramuan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan. Namun agar lebih powerful, Anda bisa membaca beberapa tips menghilangkan bau badan berikut ini:

  • Agar tubuh bisa terbebas dari bakteri penyebab bau badan, Anda bisa mandi air hangat, paling tidak sekali sehari.
  • Pakaian yang terbuat dari material serat alami sangat baik menyerap keringat. Serat alami tersebut yaitu katun, sutra, dan wol.
  • Hindari makanan yang ekstra pedas karena hal tersebut dapat memperbanyak kadar keringat dalam tubuh.
  • Pastikan Anda selalu mencuci area ketiak dan pastikan untuk selalu menjaga kehigienisannya.
  • Anda bisa menggunakan deodorant untuk mengurangi kadar asam pada ketiak.

 

Nah itulah beberapa cara menghilangkan bau badan, jika aroma badan Anda mulai menyengat, segera lakukan cara-cara diatas, semoga bermanfaat.

 

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here