Tak Perlu Capek Olahraga, Coba Cara Mengecilkan Betis Besar dan Berotot Ini!

1003
Cara Mengecilkan Betis
Advertisement
Loading...

Arwini.com – Betis berukuran besar sangat identik dengan olahragawan, dan bagi kebanyakan orang, betis berukuran besar bukanlah pilihan yang menarik. Termasuk pada kaum hawa, betis berukuran terlalu besar dan juga berotot cenderung dihindari karena dapat memperburuk citra feminim mereka.

Pada pria, betis yang besar dan berotot juga bukan merupakan pilihan menarik, meskipun bagi sebagian pria, betis besar dapat meningkatkan citra maco mereka. Terlepas dari hal tersebut, terdapat banyak cara mengecilkan betis yang besar dan berotot, dari cara yang sederhana hingga cara yang ekstrim.

Penyebab Betis Besar dan Berotot

Membesarkan betis sangatlah mudah, Anda tinggal memperbanyak olahraga yang terfokus pada kaki, seperti sepakbola dan lari. NamunĀ  untuk mengecilkan betis, dibutuhkan cara yang lebih spesifik dan terarah. Sebelum kita membahas mengenai cara-cara mengecilkan betis, ada baiknya Anda mengetahui penyebab betis membesar dan berotot.

1. Genetis

Salah satu penyebab mengapa betis berukuran besar adalah faktor genetis. Untuk mengeceknya, Anda bisa melihat betis orang tua atau kerabat Anda. Jika betis besar Anda disebabkan karena genetika keluarga, maka tidak ada cara lain selain mencoba agar ukurannya tidak semakin membesar. Sangat sulit, atau bahkan mustahil mengecilkan betis besar karena faktor genetis (terkecuali dengan metode operasi/surgery).

Advertisement
Loading...

2. Olahraga

Penyebab lainnya mengapa betis menjadi besar dan berotot adalah olahraga. Bagi Anda yang gemar bermain bola, voli, tenis, basket dan lain-lain, Anda pasti memiliki ukuran betis yang lebih besar dibanding orang yang jarang berolahraga.

3. Lemak Berlebih

Selain faktor genetika dan olahraga, betis yang besar juga bisa disebabkan oleh lemak berlebih. Untungnya banyak cara mengecilkan betis yang dipenuhi dengan timbunan lemak.

Cara Mengecilkan Betis yang Besar dan Berotot

Terdapat beberapa cara meminimalkan ukuran betis, dan Anda dapat menemukannya dibawah ini:

  1. Ubah Gaya Hidup

Sama seperti tips-tips kesehatan lainnya, Anda perlu mengubah gaya hidup, khususnya yang berhubungan dengan penggunaan otot-otot betis. Bagi perempuan, sebaiknya hentikan kebiasaan menggunakan high heel, karena dapat mengakibatkan penumpukan otot pada betis.

Selain itu, sebaiknya hindari rute perjalanan yang tidak rata atau yang menanjak, karena hal tersebut merupakan faktor penyebab betis membesar. Terlalu lama berdiri juga dapat menyebabkan betis membesar, sebaiknya segera duduk saat Anda tiba di suatu tempat.

Perlu Anda ketahui, terlalu lama berdiri juga dapat mengganggu aliran darah pada betis, sehingga lemak pun akan dengan mudah memasuki area pada betis.

  1. Latihan Kardio

Cara mengecilkan betis lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan latihan kardio. Latihan kardio atau latihan penguatan sistem jantung dan pembuluh darah lebih banyak menggunakan kekuatan kaki, sehingga cocok bagi Anda yang ingin mengecilkan betis dengan mudah.

Latihan kardio ini melibatkan otot besar, dan salah satunya adalah otot-otot pada kaki. Latihan kardio dapat membakar kalori pada kaki, dan membentuk kaki menjadi lebih ramping dan atletis. Jogging dan bersepeda merupakan contoh latihan kardio yang bisa Anda coba untuk mengecilkan betis.

  1. Peregangan Setelah Latihan

Untuk mengecilkan betis, sebaiknya setelah melakukan latihan fisik, lakukan peregangan atau stretching. Terdapat beberapa pose peregangan, Anda bisa melakukan stretching dengan duduk lalu menempelkan telapak kaki pada dinding. Atau Anda bisa melakukan pose-pose stretching lainnya yang dapat membuat otot-otot pada betis berkontraksi.

  1. Yoga dan Pilates

Latihan-latihan seperti yoga dan pilates juga sering menekankan pentingnya peregangan, dan Anda bisa mengikuti kedua jenis olahraga tersebut. Terutama pada pilates, setiap organ tubuh (salah satunya betis), dibuat selentur mungkin, sehingga bagi yang sedang dalam program pengecilan betis, pilates sangat cocok untuk Anda.

Dengan mengikuti pilates dan yoga, betis Anda tidak hanya mengecil dan terlihat proporsional, namun jiwa Anda juga akan menjadi lebih tenang dan sehat. Terdapat gerakan-gerakan pada pilates dan yoga, yang cocok sekali untuk meminimalkan ukuran betis.

  1. Metode Pijatan

Cara mengecilkan betis lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan metode pijatan. Metode ini dapat memperlancar sirkulasi darah dan juga otot-otot pada betis. Hal ini dapat membuat betis kembali pada bentuk semula, dan terlihat lebih ramping. Anda bisa melakukan metode pijatan ini sehabis melakukan latihan kardio atau pilates.

  1. Fokus pada Penyebab

Hal lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan fokus pada penyebab-penyebab betis membesar. Jika Anda pikir penyebabnya karena terlalu banyak main futsal, maka sebaiknya kurangi porsi bermain futsal.

Temukan penyebabnya, lalu kurangi porsi hal-hal yang dapat memperbesar ukuran betis Anda.

Baca Juga: 5 Buah Untuk diet Sehari-hari yang tidak Boleh Dilewatkan

Nah itulah beberapa cara mengecilkan betis yang besar dan berotot. Anda pastinya bisa melihat, betapa mudahnya cara-cara diatas, dan Anda pun bisa melakukannya dengan mudah di rumah.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here