Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Jidat

Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Jidat – Kebotakan memang bukan sebuah aib, namun setidaknya hal itu dapat mengurangi rasa percaya diri. Apalagi jika terjadi rambut rontok pada area jidat yang membuat jidat menjadi lebih lebar, atau istilah kerennya ‘jenong’. Banyak orang mungkin akan menerapkan hairtstyle khusus, misalnya penggunaan poni, agar rambut yang rontok tidak kelihatan. Namun hal itu malah membuat semuanya terlihat canggung, dan poni tersebut tidak akan selalu menutupi area rambut yang botak. Cara mengatasi rambut rontok pada jidat berikut ini dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda yang sudah lama mengalami hal menjengkelkan ini.

Loading...

 

Rambut Rontok pada Area Jidat

Banyak orang yang mengalami rambut rontok pada area jidat pasti bertanya-tanya, mengapa rambut bisa rontok, apa penyebabnya? Salah satu penyebab paling umum mengapa seseorang mengalami kerontokan pada area jidat adalah masalah genetik. Kerontokan terjadi karena masalah gen, dan ini bisa dilacak pada orang tua, kakek nenek maupun orang-orang disekitar. Kerontokan karena masalah genetik biasanya sulit untuk diatasi, namun ada cara-cara tertentu agar rambut rontok bisa diatasi kembali. Selain itu rambut rontok pada area jidat juga diasosiasikan dengan hormon seksual bernama androgen. Perlu Anda ketahui androgen merupakan hormon yang mengatur tumbuhnya rambut pada kulit kepala.

 

Orang dengan kerontokan rambut memiliki kandungan androgen yang sangat lemah, sehingga rambut tidak tumbuh di bagian tertentu pada rambut, khususnya pada area jidat. Kerontokan juga bisa terjadi karena efek dari penyakit tertentu seperti HIV, kangker, diabetes, anabolic steroid, dan lain-lain. Selain masalah genetik, hormon seksual, dan penyakit, Anda juga mesti selalu aware mengenai pengaturan pola makan. Terlepas dari hal-hal tersebut, terdapat beberapa cara mengatasi rambut rontok pada jidat. Banyak hal yang bisa dilakukan, dan bagi penderita kerontokan, jangan putus asa terlebih dahulu.

 

Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Jidat

Banyak orang yang mengalami kerontokan pada jidat sering menutupinya dengan poni, dan atau bahkan menggunakan rambut palsu atau wig. Bebas-bebas saja sich sebenarnya, namun hal tersebut tidak akan menyembuhkan turunnya beban psikologis tentunya. Terdapat berbagai cara mengatasi rambut rontok pada area jidat, namun perlu diperhatikan bahwa cara-cara tersebut harus didorong dengan pola makan sehat. Konsumsi suplemen yang berguna bagi tubuh seperti vitamin C, B Complex, omega-3 dan lain-lain. Selain itu jauhi rokok dan alkohol, jika Anda tidak ingin rambut rontok satu persatu. Berikut beberapa cara mengatasi rambut rontok pada jidat:

  • Minyak Jarak (Castor Oil)

Cara mengatasi rambut rontok pada jidat yang pertama adalah dengan menggunakan minyak jarak, atau bahasa kerennya castor oil. Minyak jarak ini dapat menstimulasi rambut agar tumbuh kembali. Minyak jarak memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk rambut seperti omega 6, omega 9, protein, mineral, vitamin E dan lain-lain. Cara menggunakannya sangat mudah, tinggal oleskan minyak jarak pada area rambut rontok, biarkan selama 1-2 jam, lalu bilas dengan air hangat.

 

  • Pacar Kuku (Henna Leaves)

Cara lainnya yang efektif mengatasi kerontokan pada area jidat adalah dengan menggunakan ramuan pacar kuku. Pacar kuku atau henna leaves merupakan salah satu dedaunan yang sudah digunakan selama ribuan tahun untuk mengatasi kerontokan rambut. Caranya cukup mudah, Anda bisa membuat ramuan pacar kuku, dengan cara menumbuknya hingga halus. Anda bisa mencampurkan pacar kuku dengan bji kelabat dan daun sepatu, agar hasilnya bisa maksimal. Oleskan pada area rambut yang rontok, biarkan selama 1-2 jam, basuh dengan air hangat.

 

  • Pijatan Minyak Hangat

Cara menumbuhkan rambut rontok pada jidat lainnya adalah dengan memijat jidat dengan minyak hangat. Minyak yang bisa digunakan adalah minyak kelapa, minyak almond, minyak lavender, minyak zaitun dan lain-lain. Oleskan minyak, lalu pijat-pijat dengan menggunakan tangan. Cara ini dapat menstimulasi hormon androgen dan keratin, sehingga rambut bisa tumbuh kembali.

 

  • Makanan Kaya akan Zat Besi

Cara lainnya yang bisa diterapkan adalah dengan memperbanyak asupan makanan-makanan kaya zat besi. Sayuran hijau seperti kale, brokoli, bayam sangat bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Daging merah dan buah kering juga bagus untuk pertumbuhan rambut.

 

  • Minyak Kelapa

Cara menumbuhkan rambut rontok pada jidat lainnya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada rambut. Cara ini meskipun tradisional, namun sudah banyak orang yang merasakan manfaat dari minyak kelapa ini.

 

  • Bubuk Brahma

Salah satu obat yang sering digunakan untuk menumbuhkan rambut adalah bubuk brahma. Anda bisa mencarinya di toko-toko herbal ataupun lewat situs-situs online.

 

Itulah beberapa cara menumbuhkan rambut rontok pada jidat. Selain mengaplikasikan cara-cara diatas, Anda juga mesti menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat.

 

 

 

 

 

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here