#5 Tips dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang yang Parah

1007
Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Rambut Bercabang / Coralsandcognacs.com

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Paling Ampuh – Anda memiliki rambut bercabang? Bingung menghilangkan rambut bercabang yang membuat penampilan Anda terlihat buruk?

Banyak produk sampo atau krim rambut yang mengklaim dapat mengatasi rambut bercabang secara permanen, padahal faktanya hal tersebut hanyalah bualan belaka.

Satu-satunya cara mengatasi rambut bercabang secara permanen adalah dengan memotongnya, dan langkah yang perlu dilakukan adalah melakukan cara-cara pencegahan agar rambut bercabang tidak muncul kembali. Beberapa cara dibawah ini dapat Anda coba untuk mencegah munculnya rambut bercabang.

Mengapa Rambut Bisa Bercabang?

Rambut bercabang yang memiliki nama latin Trichoptilosis Trichoptilosis merupakan gejala abnormal dari proses pertumbuhan rambut, jadi rambut tidak tumbuh sehelai saja melainkan bercabang.

Penyebab rambut bercabang bisa bersumber dari panas sengatan matahari, kandungan kimia, dan juga tekanan pada rambut secara berlebihan. Pemakaian produk yang salah, terpapar sinar matahari, atau menyisir rambut dengan serampangan merupakan penyebab utama munculnya rambut bercabang. Selain itu, penggunaan cat rambut juga dapat mengakibatkan rambut menjadi bercabang.

Dengan menghindari penyebab rambut bercabang, sebenarnya merupakan cara terbaik mengatasi rambut bercabang. Namun jika permasalahan rambu yang sedang Anda hadapi belum sempat diatasi hingga menimbulkan kerusakan yang parah, ada beberapa bahan alami yang dapat Anda coba pada uraian berikut.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Paling Ampuh

Seperti yang telah dikemukakan pada bagian awal tulisan ini, selain menghindari penyebab munculnnya kerusakan rambut, cara terbaik mengatasi rambut bercabang adalah memotong bagian-bagian tertentu disertai dengan pencegahan terhadap kemunculannya.

Pencegahan ini dapat dilakukan dengan berbagai macam metode, namun pada tulisan ini kami akan menjelaskan penerapan metode alamiah atau pengobatan rumahan yang kami anggap sebagai cara terbaik mengatasinya.

Selain itu, cara ini juga diyakini sebagai cara paling efektif, aman dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang mahal! Tak perlu berlama-lama lagi, berikut Arwini sajikan beberapa cara mengatasi rambut bercabang paling ampuh di dalam kehidupan sehari-hari.

1. Masker Pepaya

Rambut bercabang membuat penampilan rambut terlihat berantakan dan salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan masker pepaya.

Kandungan vitamin yang dimiliki oleh pepaya lebih dari cukup untuk mensuplainya kedalam rambut Anda. Selain itu kandungan sodium dalam jumlah rendah yang dimiliki pepaya dapat membuat rambut selalu terlihat segar.

Cara 1

Bahan-bahan:

  • Pepaya, ½ buah, kupas kulitnya, buang bijinya
  • Yogurt, ½ cangkir

Caranya sangat mudah, masukan pepaya dan yogurt kedalam blender, jangan gunakan air. Masukan masker kedalam mangkuk, lalu oleskan perlahan-lahan masker pepaya tersebut keseluruh permukaan rambut. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Masker Alpukat

Rambut bercabang bisa membuat seseorang terlihat membosankan, dan cara mengatasinya bisa dengan menggunakan alpukat. Si hijau ajaib ini memang merupakan buah dengan sejuta khasiat, salah satunya dapat mengatasi rambut bercabang.

Alpukat memiliki vitamin dalam jumlah banyak dan hal tersebut membantu rambut tetap tumbuh dengan sehat dan normal. Selain itu kandungan lemaknya yang tinggi dapat membuat rambut selalu terhidrasi dengan baik. Berikut cara menggunakan alpukat untuk mengatasi rambut bercabang:

Bahan-bahan:

  • Alpukat segar, 1 buah
  • Putih telur, 1 butir

Caranya sangat mudah, campurkan alpukat dengan telur pada sebuah mangkuk, tambahkan sedikit air, aduk-aduk hingga menjadi pasta. Oleskan masker tersebut pada rambut bercabang, lalu biarkan selama 30 menit, bilas dengan air hangat.  Nah mudah kan?

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memilki kandungan antioksidan, antifungal, dan antibakteri yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Jadi saat Anda mengoleskannya pada kulit kepala, minyak kelapa dapat menjaga dan menstimulasi rambut sehingga rambut dapat tumbuh dengan sehat. Berikut cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut bercabang:

Bahan-bahan:

  • Minyak kelapa, 2 sendok makan
  • Cuka apel, 2 sendok makan
  • Air

Oleskan minyak kelapa pada rambut bercabang, dan biarkan selama 15 menit. Sementara itu campurkan cuka apel dengan air, semprotkan pada rambut yang telah diberi minyak kelapa, biarkan selama 5 menit, bilas dengan air hangat.

4. Minyak Samin

Bagi Anda yang belum tahu apa itu minyak samin, minyak samin adalah mentega yang direbus lalu dibuang residunya. Biasanya sering dipakai untuk masakan-masakan ala timur tengah dan Anda pun bisa mendapatkannya di supermarket terdekat.

Minyak samin dapat menangkal eczema pada kulit kepala sehingga rambut bisa tumbuh dengan baik. Cara menggunakannya sangat mudah, tinggal oleskan oleh Anda minyak samin pada rambut bercabang, tutup dengan plastik shower, lalu biarkan selama 3 jam. Lakukan cara ini sebelum tidur, dan buka plastik saat pagi harinya.

5. Madu

Madu merupakan obat dari segala obat, dan Anda juga dapat memanfaatkannya untuk mengatasi rambut bercabang. Campurkan 3 sendok makan madu dengan 2 sendok makan yogurt.

Oleskan pada rambut bercabang, lalu biarkan selama 30 menit, nah setelah itu baru deh bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Cara Alami Merawat Rambut Panjang tanpa Efek Samping

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here