Coba 5 Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah ini dan Katakan Good Bye Pada Bibir Kering

Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah

Selain mata, bibir merupakan salah satu bagian wajah yang paling indah. Namun hal itu tidak berlaku jika bibir ternyata kering dan pecah-pecah. Orang-orang, khususnya wanita, sering menggunakan lip balm atau lipstick agar bibir kering dan pecah-pecah tidak kelihatan. Namun hal tersebut sebenarnya hanya menyembunyikan api dalam sekam, karena bibir masih tetap kering. Bahkan yang paling parah, orang-orang biasanya sering menjilat bibir dengan harapan bibir menjadi lebih lembab, padahal faktanya tidak.

Air ludah memiliki kandungan bernama amylase dan maltase yang dapat membuat bibir menjadi lebih kering. Untuk mengatasinya, 5 cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah berikut ini bisa Anda andalkan.

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Secara Alami

Bibir kering dan pecah-pecah ini bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti cuaca, penggunaan obat-obatan tertentu atau terlalu banyak menjilat bibir. Hal ini biasanya umum terjadi pada orang-orang, namun pada beberapa kasus tertentu, kondisinya bisa menjadi lebih buruk.

Bibir kering pada tingkat ekstrem disebut dengan cheilitis, yaitu adanya pendarahan pada area bibir. Hal ini terjadi karena adanya infeksi pada area bibir, dan tentunya membutuhkan tindakan medis yang lebih serius. Berikut ini, Anda dapat menemukan 5 cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan cepat.

1. Irisan Mentimun

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang pertama adalah dengan menggunakan irisan mentimun. Irisan mentimun sangat identik dengan masker alami yang sering ditempelkan pada area mata.

Kandungan pada mentimun dipercaya mampu menghilangkan kantung hitam pada mata. Selain untuk mata, irisan mentimun juga dapat digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Mentimun memiliki banyak kandungan air didalamnya, yaitu sekitar 90 %.

Selain H2O, mentimun juga memiliki kandungan lainnya yang bermanfaat untuk bibir seperti asam absorbik dan asam kafeik. Keduanya bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel pada bibir, sekaligus melembabkan bibir dengan sangat mengagumkan. Caranya sangat mudah, tinggal tempelkan beberapa irisan mentimun pada bibir kering, dan biarkan sekitar 15-30 menit.

2. Sebum yang Anda Miliki

Bibir kering dan pecah-pecah disebaban karena produksi sebum atau minyak alami pada bibir berkurang. Nah salah satu cara termurah dan paling mudah untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan menggunakan sebum milik Anda sendiri.

Anda pasti bertanya, darimana saya mendapatkan sebum? Coba usap wajah Anda dengan menggunakan jari, bisa Anda rasakan ada minyak kan di jari Anda? Nah itulah yang disebut sebum. Anda bisa mengoleskan sebum pada bibir kering Anda, meskipun sensasinya memang agak kurang nyaman. Hal ini membantu Anda juga untuk tidak menjilat bibir Anda tentunya.

3. Mentega Mangga

Bagi pembaca yang belum tahu, mentega mangga merupakan salah satu jenis mentega, yang terbuat dari ekstrak biji mangga. Biji mangga sangat kaya akan asam lemak sehingga dapat melembabkan bibir dengan sangat efektif. Lemak yang dihasilkan mentega mangga tediri dari asam oleat dan asam stearat yang dapat melembutkan dan melembabkan bibir.

Selain itu kandungan asam lemak pada mentega mangga dapat mengikat air dengan sangat baik, sehingga bibir pun menjadi lembab lebih lama. Anda dapat menggunakan mentega mangga ini untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

4. Lidah Buaya

Sepertinya memang tidak ada habisnya manfaat dari lidah buaya ini. Selain untuk rambut dan kulit, gel lidah buaya ternyata juga dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Sama seperti mentega mangga, lidah buaya juga memiliki kandungan asam oleat dan asam stearat yang dapat mengikat dan menyerap molekul air sehingga bibir pun menjadi lembab lebih lama lagi.

Selain itu lidah buaya juga dapat berfungsi sebagai minyak esensial karena dapat menstimulasi kulit bibir untuk memproduksi kolagen. Namanya memang menyeramkan, namun fungsinya ternyata sangat luar biasa. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada permukaan bibir yang kering dan pecah-pecah. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5. Minyak Kelapa

Sama seperti lidah buaya, kelapa sudah digunakan beribu-ribu tahun oleh umat manusia sebagai obat alami yang sangat efektif. Dunia modis modern pun mengakui hal itu. Salah satu manfaat lainnya dari kelapa adalah dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Minyak kelapa memiliki kandungan lemak yang berbeda dengan tumbuhan lainnya yaitu medium-chain fatty acids (MCFAs).

Kandungan lemak ini dapat terserap dengan baik oleh bibir, sehingga dapat melembabkan bibir dengan sangat efektif. Anda dapat mengoleskan beberapa sendok teh minyak kelapa pada area bibir kering dan pecah-pecah.

Baca Juga: Latihan Eye Smile untuk Memperindah Mata

ladyfem

Nah itulah 5 cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan cepat. Selain cara-cara diatas, sebaiknya asupan air Anda mencukupi, minimal 8 gelas sehari. Selain itu selalu jaga pola makan dan lifestyle Anda.

Loading...