Cara Mencegah Kecacatan Bayi Sejak dalam Kandungan

6252
cara mencegah kecacatan Bayi bayi
cara mencegah kecacatan Bayi bayi

Arwini.com – Anak adalah kado terindah dalam pernikahan dari Tuhan untuk hambanya. Anak merupakan mutiara yang tiada ternilai harganya. Untuk itu segala hal biasanya akan dilakukan demi anak tercinta, agar anak tercinta senantiasa sehat dan bahagia.

Demikian juga ketika sang anak masih menjadi sebuah rahasia besar di dalam perut ibu Janin pun telah mendapatkan posisi yang sangat penting di hati masing-masing calon orang tua.

Setelah anda bersusah payah membuat anak, sudah barang tentu Anda akan menjaganya, termasuk diantaranya saat ia masih di dalam kandungan.

Tips di bawah ini, akan membantu Anda menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat kelahiran buah hati.

Cara Mencegah Kecacatan Bayi Sejak dalam Kandungan

Sejak di dalam kandungan janin telah mendapatkan perlakuan sangat istimewa khususnya dari sang ibu. Apapun akan dilakukan untuk mendapatkan keadaan janin dan bayi yang sehat.

Tidak sedikit calon orang tua yang merasakan kecemasan luar biasa karena takut memiliki anak dengan kondisi tidak sehat dan bahkan lahir dengan kondisi cacat.

Mengingat banyak hal yang bisa saja terjadi selama kehamilan, maka wajar saja seandainya orang tua merasa cemas dengan kondisi janin yang akan dia lahirkan, Namun, anda tidak perlu khawatir dan cemas berlebihan.

Justru perasaan anda yang berlebihan tersebut juga akan dapat menyumbangkan peran dalam menyebabkan ketidaksehatan dan kecacatan pada bayi, karena ternyata sejak dalam kandunganpun bayi bisa ikut merasakan stress yang dialami oleh ibunya.

Nah, sebaiknya ibu hamil senantiasa berhati-hati dan hindarilah stress. Anda tidak perlu khawatir dengan kemajuan dunia kedokteran yang semakin canggih dan sikap baik dari ibu maka kecacatan pada bayi dapat dicegah sejak dini.

Hindari Rokok, Alkohol dan Narkotika

Perlu diperhatikan dan sebaiknya hati-hati khusususnya ibu-ibu hamil yang gemar merokok, minum alkohol kecanduan narkotik, bahkan perlu juga diperhatikan pasangan yang merencanakan kehamilan.

Anda tahu, ketiga hal tersebut secara langsung terang-terangan mempunyai andil dalam mempengaruhi pertumbuhan perkembangan anin dan dapat menimbulkan kelahiran dengan berat badan rendah bahkan dapat menimbuikan kecacatan bawaan atau kelainan pertubuhan dan perkembangan janin dan dapat menimbulkan kelahiran dengan berat bdan rendah bahkan dapat menimbulkan kecacatan bawaan atau kelainan pertumbuhan dan perkembangan mental anak.

Hati-hatilah dengan Obat-obatan 

Wanita yang sedang hamil apabila memerlukan obat yang sebaiknya dengan pengawasan dokter atau tenaga kesehatan. Pengobatan penyakit saat hamil harus memperhatikan, apakah Obat tersebut tidak berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin di dalam Rahim.

Tidak sedikit jenis Obat yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, untuk itu sebaiknya anda konsultasi dokter anda.

Selain itu ada Obat jenis Obat yang tidak dikonsumsi pada trimester pertama dan ketiga tetapi boleh dikonsumsi pada trimester kedua.

Dan juga ada Obat obatan yang aman diberikan tetapi tidak keterangan yang lengkap dalam perpustakaan mengenai obat tersebut, khususnya obat-obatan yang dijual bebas di warung dan toko-toko Obat lainnya.

Pemeriksaan kehamilan yang rutin

DR. Yusuf Manga, SpOG, seorang dokter yang berpraktik di RSIA Hermina, Jatinegara, Jakarta ini mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembentukan organ janin. Namun yang paling sering adalah pengaruhkelainan kongenital (bawaan), infeksi yang disebabkan oleh virus dan lain-lain, serta zat-zat kimia.

Oleh karena itu anda harus ekstra hati-hati dalam menjaga kehamilan anda. Faktor keberhasilan dalam melahirkan bayi sehat, sebenarnya gabungan antara faktor kesehatan fisik dan sosial anda.

Jika salah satu saja faktor tersebut terganggu maka kehamilan anda juga akan mengalami gangguan. Untuk itu sebaiknya anda senantiasa mengimbangi pola hidup sehat dengan pemeriksaan kehamilan secara rutin.

Anda perlu USG dan pemeriksaan TORCH

Untuk mendeteksi sedini mungkin gangguan pada kehamilan anda, pemeriksaan ultrasonografi (USG) perlu anda lakukan. Dengan pemeriksaan ini akan dapat dilakukan pemeriksaan dini kemungkinan gangguan kehamilan anda.

Pemeriksaan ini banyak sekali manfaatnya, selain anda dapat melihat organ janin, memantau perkembangan janin, dengan alat ini anda juga dapat mengetahu kelainan atau kecacatan janin anda.

Sebaiknya USG anda lakukan diantara usia 16 hingga minggu 32 dan menjelang persalinan. Karena salah satu penyebab kecacatan pada bayi adalah virus maka sebaiknya anda melakukan tes TORCH. DR. Yusuf manga, spoG, menyarankan, sebelum kehamilan terjadi anda perlu melakukan pemeriksaan TORCH, yaitu pemeriksaan laboratorium untuk mencegah adanya virus tokso, plasma, Rubella, Cytomegalo virus, dan Herpes. Dengan pemeriksaan ini sedari awal sudah diketahui apakah kehamilan anda akan baik-baik saja ataukah tidak.

Jaga makanan Anda

Menjaga pola makan dan jenis konsumsi makanan juga salah satu langkah untuk mencegah cacat pada janin. Makanlah makanan dengan mutu yang baik dan seimbang.

Perbanyaklah minum air putih, sari buah dan jus, apalagi jika anda mengalami mual muntah. Berbagai minuman ini akan membantu anda mengatasi kekurangan cairan dalam tubuh.

Makan dengan porsi kecil dan dengan frekuensi sering akan membantu anda jika anda enggan makan. Ingatlah, bahwa ketika anda makan, sebenarnya anda makan tidaklah untuk diri anda sendiri, tetapi juga untuk janin yang ada dalam kandungan anda.

Satu hal Yang juga sangat penting memegang peranan penting dalam kesehatan kehamilan kita adalah, jangan lupa berdoa “May Alloh give You a better reward, amin”.

Demikianlah artikel Tips Cara Mencegah Kecacatan Bayi Sejak dalam Kandungan. Terimah Kasih berkenang meluangkan Waktu.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here