Cara Meluruskan Rambut Keriting Tanpa Merusaknya

Setiap orang memiliki seleranya masing-masing terhadap gaya rambut, namun banyak orang bilang bahwa rambut keriting terlihat lebih sexy. Rambut keriting identik dengan style afro-amerika yang sering dipakai oleh banyak selebritis dunia seperti Rihanna, Beyonce Knowles, Halle Berry dan lain-lain. Berbeda dengan rambut lurus, rambut keriting memiliki lebih banyak dimensi dan karakter. Namun sama seperti perspektif umum lainnya, seseorang dengan rambut keriting terkadang merasa bosan dengan gaya rambutnya, sehingga menginginkan untuk meluruskannya saja. Sayangnya, untuk meluruskan rambut keriting tidaklah mudah. Namun pembaca dapat menemukan beberapa cara meluruskan rambut keriting dalam artikel ini, nah untuk detailnya, Anda bisa menyimaknya dibawah ini.

 

Cara Meluruskan Rambut Keriting

Setiap insan manusia pasti memiliki rasa bosan, bahkan pada hal-hal yang benar-benar dicintainya. Seseorang yang memiliki rambut lurus biasanya akan merubah gaya rambutnya menjadi keriting karena memang sudah bosan. Begitu pula sebaliknya, seseorang dengan rambut keriting biasanya juga akan merubah gaya rambutnya menjadi lurus. Terlepas dari hal tersebut, terdapat berbagai cara meluruskan rambut keriting tanpa perlu merusak kondisi rambut, berikut beberapa langkah meluruskan rambut keriting.

  • Temukan Catokan yang Tepat

Pertama-tama pastinya Anda membutuhkan catokan pelurus rambut yang berkualitas. Tanpa catokan yang tepat, rambut Anda tidak akan lurus dengan sempurna. Sebaiknya Anda menggunakan catokan yang memiliki pengaturan panas, sehingga Anda bisa melakukan eksperimen pada rambut Anda. Dengan level panas yang tepat, tentunya Anda dapat dengan mudah meluruskan rambut kapanpun Anda mau. Untuk hasil maksimal, sebaiknya gunakan catokan yang memiliki plat berwarna emas ataupun titanium.

  • Pastikan Ukuran Catokan Tepat

Hal lainnya yang perlu Anda ketahui yaitu pilihlah catokan yang memiliki ukuran yang agak lebar, sekitar 1 hingga 2 inci. Dengan menggunakan catokan yang lebar, Anda dapat dengan mudah mengambil helaian rambut dari kepala. Pilih juga catokan yang tidak terlalu berat, pastikan catokan tersebut nyaman saat digunakan.

 

  • Keramas dan Beri Pelembab

Nah setelah Anda memiliki catokan yang tepat, sekarang waktunya meluruskan rambut Anda. Langkah pertama tentunya Anda harus keramas terlebih dahulu, pastikan gunakan sampo yang lembut dan tidak membuat rambut menjadi kering. Nah setelah proses keramas selesai, sekarang Anda bisa mengoleskan pelembab agar rambut tidak kering. Pastikan Anda mengoleskan pelembab dengan benar, lakukan dari area paling dalam dari rambut, lalu oleskan hingga area luar dari rambut. Pastikan pelembab tersebut dioleskan secara merata, agar hasilnya maksimal.

  • Keringkan dengan Menggunakan Handuk Lembut

Nah setelah itu keringkan rambut Anda dengan menggunakan handuk lembut. O ya sebaiknya Anda menggunakan handuk yang terbuat dari microfiber, karena sangat baik untuk rambut keriting. Pastikan rambut mengering dengan sempurna, karena jika masih basah, proses meluruskan rambut akan memakan waktu, dan akhirnya dapat merusak kondisi rambut.

  • Semprotkan Spray Heat Protector

Nah setelah itu Anda bisa menyemprotkan spray heat protector. Hal ini dilakukan agar rambut tidak mengalami kerusakan saat terkena panas dari catokan. Semprotkan spray hair protector ini keseluruh permukaan rambut yang akan diluruskan.

  • Pisahkan Area Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Proses selanjutnya yaitu memisahkan beberapa area rambut menjadi beberapa bagian. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda menggunakan catokan. Anda bisa menggunakan pin atau karet untuk memisahkan area rambut menjadi beberapa bagian.

  • Atur Level Panas dari Catokan dengan Tepat

Sebelum Anda mengaplikasikan catokan pada rambut, sebaiknya Anda setting terlebih dahulu level panas dari catokan. Karena Anda akan menjadikan rambut keriting menjadi lurus, berarti Anda membutuhkan level panas yang cukup tinggi. Level panas paling ideal untuk meluruskan rambut yaitu 300 hingga 350 derajat.

  • Mulai Dari Area Rambut Luar

Setelah itu Anda bisa mulai menggunakan catokan dan rekatkan pada area rambut paling luar terlebih dahulu. Setelah area luar sudah selesai, Anda bisa melanjutkan hingga pada lapisan paling dalam.

 

  • Produk Smoothing

Nah jika rambut sudah lurus, Anda bisa menahan kondisi rambut dengan menggunakan produk smoothing.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here