Cara Jitu Mengatasi Susah Buang Air Besar Sembelit Ibu Hamil Muda

31210
Cara Jitu Mengatasi Susah Buang Air Besar Sembelit Ibu Hamil Muda

Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil – Sembeli atau Konstipasi adalah salah satau kelainan yang berpusat pada sistem pencernaan yang ditandai dengan timbulnya rasa sakit di bagian perut dan berujung pada kesulitan BAB (buang air besar).

Sembelit atau susah buang air besar biasa dialami oleh ibu hamil. Keadaan ini sudah barang tentu akan membuat kondisi diri tidak nyaman. Bila dibiarkan gejala lain yang dapat timbul adalah penyakit wasir dan ambien.

Sembelit dipicu oleh kondisi rahim yang menekan usus semakin membesar ke arah belakang, sebaliknya ketika rahim membesar ke arah depan akan menekan kandung kemih yang menyebabkan sering buang air kecil.

Konstipasi memang wajar dialami oleh ibu hamil dan merupakan keluhan yang sering terjadi. Namun, keluhan ini tidak berarti boleh membiarkannya hingga beberapa waktu. Perasaan tidak nyaman akan timbul dengan sendirinya, perut terasa penuh, hingga kesulian saat buang air besar.

Pada kondisi yang tidak nyaman ini, bunda tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi aneka obat-obatan yang dapat membantu untuk melancarkan buang air besar. Karena akan berdampak pada perkembangan janin dalam perut.

Beberapa gejala sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil, yakni susah buang air besar selama 4 hari, buang air besar tidak tuntas, perut terasa penuh, feses lebih keras, mulas dan terkadang mengejan keras saat buang air besar.

Ketika berujuang pada wasir dan ambeien hal tersebut akan berpengaruh pada persalinan normal yakni susahnya ibu hamil mengejan keras selama persalinan sehingga dibutuhkan latihan hamil untuk kelancaran persalinan.

Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

1. Perbanyak Serat

Bunda dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan dengan ketentuan tidak membahayakan. Makanan tersebut dapat berupa buah-buahan dan sayur sayuran.

Untuk terhindar dari susah buang air besar, wanita hamil dianjurkan untuk menkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayur bayam, Sayur wortel, buah mangga, buah pepaya, sayur tomat dan makanan lainnya.

2. Perbanyak minum air putih

Air sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satu manfaat air adalah terhindar dari dehidrasi. Ibu hamil diharuskan minum air putih sebanyak 8 gelas tiap harinya.

Cairan tubuh yang cukup akan menjadikan feses/tai lebih lunak sehingga memudahkan untuk buang air besar dan mengurangi resiko sembelit/konstipasi.

3. Lakukan olahraga rutin

Olahraga yang cukup dan dilakukan secara rutin tidak hanyak berpengaruh pada kesehatan ibu hamil dan janin, lebih jauh olahraga dapat mencegah terjadinya sembelit susah buang air besar.

Ada banyak olahraga yang cocok dengan ibu hamil seperti, berenang, jalan santai, senam ibu hamil, dll. Senam kagel adalah jenis olahraga yang memudahkan rektum dalam mendorong feses sehingga sembelit dapat teratasi.

4. Menggunakan Suplemen

Ada beberapa dokter yang menyebutkan bahwa seyogyanya seorang ibu hamil menkonsumsi suplemen yang mudah larut sehingga menghindari kejadian yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Salah satu suplemen yang tidak dibenarkan untuk digunakan oleh ibu hamil yang sedang mengandung adalah penggunaan antasida (antacids).

Suplemen dengan jenis ini mengandung alumunium yang dapat mempersulit dalam buang air besar. Sesegera mungkin untuk menjelaskan ke dokter mengenai suplemen apa saja yang baik dikonsumsi oleh bunda.

Penyakit susah air besar atau sembelit terkadang dianggap sepele oleh beberapa orang, namun yakin dan pasti jika dibiarkan begitu saja akan menimbulkan jenis penyakit lain.

Cara terbaik dalam mengatasi sembelit adalah mengkonsultasikan ke bebarapa ahli kesehatan tentang apa saja faktornya dan bagaimana cara menanganinya.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here