Hey Ledies, Coba 7 Cara Efektif Menghilangkan Komedo di Hidung secara Alami Ini!

1406
Tips dan Cara Memiliki Hidung cantik lagi Sehat

Arwini.com – Selain jerawat bernanah, jenis jerawat lainnya yang sangat mengganggu penampilan adalah komedo. Kemedo merupakan penyakit yang tidak membahayakan namun dapat mengurangi rasa percaya diri.

Komedo terbagi dua, yaitu komedo putih dan hitam. Komedo putih umumnya berupa tonjolan kecil yang terdapat pada epitel kulit, sedangkan komedo hitam terdapat pada mata dan hidung.

Untuk mengatasi komedo hitam, Anda dapat menggunakan beberapa bahan alami ataupun produk kecantikan, berbeda dengan komedo putih yang susah dihilangkan, sehingga diperlukan bantuan dokter kulit.

Penyebab Komedo Bersarang di Wajah

Komedo diawali dengan penumpukan sebum atau minyak wajah yang berujung pada penyumbatan pori-pori. Sebum tersebut bercampur dengan melanin yang teroksidasi, sehingga berubah warna menjadi hitam atau putih.

Umumnya, komedo yang muncul pada kulit wajah disebabkan oleh kotoran yang bercampur dengan keringat. Sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit dan sel-sel kulit mati juga sangat mempengaruhi hal ini. Selain dapat menimbulkan komedo, kotoran dan minyak juga dapat memicu timbulnya jerawat.

Kebanyakan orang menyikapi komedo dengan cara biasa yaitu dengan memencet dan mengorek bagian yang terkena. Cara ini tidaklah salah namun dapat menimbulkan masalah lain yaitu memperbesar pori-pori.

Dalam menghilangkan komedo, tidak sesulit yang dibayangkan namun tidak semudah yang diperkirakan, tergantung bagaimana Anda menyikapi hal ini. Berikut Arwini telah merangkum cara alami mengatasi komedo secara cepat.

Cara Efektif Menghilangkan Komedo di Hidung secara Alami

Pasta Gigi

Pasta gigi yang sering kita gunakan untuk menghilangkan kotoran gigi ternyata sangat berguna untuk mengatasi komedo wajah, Kandungan yang terdapat pada pasta gigi dapat mengurangi minyak dan peradangan yang dapat mendatangkan komedo. Cara pemakaiannya pun sangat mudah yaitu dengan mengoleskan pada wajah berkomedo.

Air Garam

Garam adalah bahan alami yang dapat digunakan dalam mengurangi minyak pada wajah. Tuangkan air hangat secukupnya ke dalam baskon yang telah diberi satu sendok makan garam. Garam yang telah dicampurkan dengan air hangat tersebut dapat dijadikan sebagai pencuci muka. Untuk memperoleh hasil yang memuaskan lakukan di pagi hari ketika akan beraktivitas dan di malam hari ketika menjelang tidur.

Jeruk

Cara mengatasi komedo selanjutnya adalah dengan memanfaatkan perasan lemon atau jeruk. Jeruk memiliki banyak manfaat, selain untuk memutihkan wajah, Asam yang terdapat pada jeruk dapat mengurangi minyak yang menimbulkan komedo.

Hasil perasan jeruk/lemon diusapkan pada daerah komedo. Lakukan secara rutin dan konsisten untuk hasil yang lebih baik. Selain menggunakan perasan air jeruk, anda juga dapat memanfaatkan kulit jeruk untuk menghilangkan komedo.

Es Batu

Sebagaimana yang kita ketahui es batu dapat mengencangkan kulit wajah sehingga hal tersebut dapat menutup pori-pori wajah. dengan menghindarkan debu dan minyak yang masuk dari pori-pori akan menghindarkan wajah dari komedo. Oleskan es batu pada seluruh wajah anda sebelum melakukan aktivitas di pagi hari.

Mudahan artikel Cara Efektif menghilangkan Komedo di Hidung secara Alami, dapat membantu anda mengatasi permasalah yang sedang dihadapi.

Uap

Salah satu cara menghilangkan kemodo secara instan adalah dengan menguapi wajah. Metode penguapan dapat membuka pori-pori pada wajah, sehingga komedo lebih mudah untuk dibersihkan. Metode penguapan ini sejatinya merupakan metode tradisional, namun untuk menghilangkan komedo, cara ini bisa jadi merupakan yang terbaik.

Untuk melakukan metode penguapan ini sangat mudah dilakukan, berikut kami berikan panduannya.

  1. Masukan air panas kedalam mangkuk.
  2. Lalu dekatkan wajah Anda pada mangkuk, pastikan jangan terlalu dekat karena bisa berbahaya bagi kulit.
  3. Tetap dekatkan wajah selama kira-kira 10 hingga 15 menit.
  4. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat.
  5. Gunakan handuk untuk membersihkan wajah.

Scrub Alami

Nah setelah melakukan metode penguapan, maka langkah selanjutnya adalah membuat scrub alami. Scrub ini digunakan untuk membersihkan sel-sel mati, sisa minyak dan komedo tentunya.

Sel-sel mati dan sisa minyak juga dapat mengakibatkan komedo, jadi meskipun wajah tak berkomedo, namun Anda juga bisa melakukan cara ini untuk pencegahan.

Pastikan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat scrub adalah bahan yang cocok untuk komedo. Berikut ini Anda dapat menemukan dua resep scrub yang cocok untuk membersihkan komedo.

  1. Scrub Gula

Bahan-bahan: Minyak jojoba, 4 sendok makan, Gula, 1 cangkir, Botol kaca kedap udara, Minyak esensial. Berikut cara mengilangkan komedo dengan scrub gula:

  • Campurkan 1 cangkir gula dengan 4 sendok makan minyak jojoba didalam botol kaca kedap udara.
  • Masukan beberapa tetes minyak esensial.
  • Lalu diamkan selama beberapa jam pada tempat yang dingin.
  • Scrub Madu

2. Scrub Madu

Bahan-bahan: Baking powder 1 sendok teh, Madu 1 sendok makan, dan garam 2 sendok makan. Cara Mengatasi komedo dengan scrub madu:

  1. Campurkan madu dan garam, aduk-aduk merata.
  2. Lalu masukan baking powder hingga terbentuk scrub.

Nah untuk membersihkan komedo, tinggal oleskan scrub tersebut pada area wajah yang berkomedo. Oleskan dengan cara memutar, dan lakukan sekitar 5 menit. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan sekali lagi sisa scrub, lalu oleskan kembali secara spiral. Setelah Anda yakin sisa minyak, sisa sel-sel mati, dan komedo telah hilang, maka bilas wajah dengan air hangat. Lalu bersihkan dengan handuk lembut.

Pore Strip Alami

Jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal, maka lakukan langkah selanjutnya yaitu membuat pore strip alami. Pore strip alami ini berfungsi untuk menghilangkan komedo yang membandel. Scrub tidak bisa menghilangkan komedo secara keseluruhan, ada beberapa komedo yang sulit terlepas pada wajah. Nah caranya adalah dengan menggunakan pore strip alami.

Bahan-bahan: Kertas tisu 1 helai, putih telur 1 butir, sikat flat, dan risan lemon. Cara menghilangkan komedo dengan pore strip alami:

  1. Langkah pertama, potong kertas tisu hingga menjadi pore strip yang cocok untuk area pada wajah seperti hidung, pipi dan kening.
  2. Lalu oleskan irisan lemon pada area berkomedo.
  3. Setelah agak kering, oleskan putih telur yang telah dikocok pada area berkomedo, gunakan sikat flat untuk melapisinya.
  4. Setelah itu tutup dengan kertas tisu.
  5. Biarkan selama 30 menit, atau hingga mengering sepenuhnya.
  6. Lalu buka pore strip perlahan-lahan.
  7. Langkah terakir, bersihkan wajah dengan air.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan komedo secara instan, dan pastinya Anda juga bisa melakukannya di rumah. Agar terhindari dari komedo, sebaiknya Anda rutin mencuci muka dan selalu menggunakan produk-produk perawatan wajah yang aman.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here