Sudah Efektifkah Metode Belajarmu? 16 Cara Belajar Menyenangkan di Sekolah dan di Rumah

1841
Metode Belajar Efektif di Rumah
Belajar Efektif dan Efesien
Advertisement
Loading...

Arwini.com – Pernahkah terbesit dalam pikiran bagaimana Cara belajar Efektif, Menemukan cara tips belajar terbaik merupakan perkaa yang gampang-gampang susah bagi siswa sekolah dasar (SD), Sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA). Belajar tidak hanya dilakukan saat akan menghadapi ujian, namun belajar dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Orang tua yang peduli dituntut untuk memperhatikan kualitas belajar si kecil, mengetahui permasalahan belajar mereka hinga rela mengorbankan diri untuk menemani anak belajar agar tujuan belajar tercapai.

Ketercapain tujuan belajar sangat mustahil didapatkan bilamana tidak melakukan beberapa standar umum dalam proses belajar efektif, karena itu arwini.com berinisiatif untuk memberikan panduan bagi kamu yang tengah galau menemukan waktu belajar yang tepat.

Mengenai cara belajar terbaik, telah kami temukan beberapa tulisan yang dimuat di beberapa situs sahabat dan forum-forum pendidikan di antaranya Tips Mengatasi Cara belajar Malas dan Menumbuhkan Sifat Rajin, Mengenali Tipe dan Karakter Belajar, Mengenali Komunikasi yang baik dalam Belajar.

Tulisan ini, disarankan untuk dibaca demi memperkaya wawasan bagaiamana seharusnya dalam belajar baik di sekolah maupun di rumah.

Advertisement
Loading...

Setiap orang dapat mencari waktu yang baik dalam melangsungkan proses belajar. Kamu bisa menggunakan waktu subuh, pagi, siang bahkan malam. Cara terbaik dalam belajar dengan membangun semangat kontinuitas, sedikit namun dilakukan setiap hari akan lebih bagus dibandingkan dengan belajar berjam-jam perminggu namun hanya dilakuka sekali dua kali.

Kemudahan belajar disertai dengan keefektifan adalah sesuatu yang utama dan wajib kamu tanamkan dalam pikiran, sehingga cara belajarmu tidak sia-sia.

Banyak siswa, belajar saat menjelang ujian. Anggapan yang masih banyak ditemukan di masyarakat. Belajar dapat kamu lakukan kapan dan di mana pun kamu berada, selama memperhatikan situasi dan kondisi tubuh.

Dalam mempelajari apapun di dunia ini, menusia cenderung memiliki waktu yang cocok baginya dalam belajar.

Misal si A lebih muda memahami apa yang ia baca saat subuh, si B lebih mudah memahami saat malam hari, si C saat siang, begitu seterusnya. Karena keberagaman waktu bagi seseorang dalam memperoleh cara efektif belajar maka bagi kamu untuk mengenali pola belajar seperti apa.

Terkait dengan waktu ini pun, jika tidak dimanfaaatkan maka cara belajar kamu dengan sendirinya masuk dalam kategori cara belajara tidak efektif.

Cara Terbaik Memulai Proses Belajar di Sekolah Maupun di Rumah

1. Mulailah Belajar ditempat yang Kondusif. Jika kamu ingin belajar, carilah suasana dan tempat kondusif, tenang dan nyaman. Materi akan mudah dipahami saat kamu belajar dalam suasana yang tenang tanpa ada gangguan yang dapat merusak konsentrasimu.

Kami juga menyarankan untuk belajar di alam terbuka sehingga kamu tidak merasa jenuh dengan metode belajar kamu.

2. Dalam memulai pembelajaran, carilah ide pokok materi setiap paragraf, hal tersebut dapat memudahkan kamu dalam memahami setipa bacaan dalam materi.

Perhatikan judul, gambar dan komponen-komponen lainnya, disertai dengan rangkuman seadanya. Kamu perlu mengetahui kalimat deduktif dan induktif di setiap paragraf untuk mengembangkannya ke dalam penalaran lebih lanjut.

3. Agar Belajar kamu lebih sistematis maka buatlah ringkasan,- Ringkasan berguna dalam memudahkan pembaca dalam mencari ide-ide penting dalam bacaan, selain itu berpotensi dalam menghubungkan pemahaman di setiap bacaan.

Dengan menulis ringkasan, kamu secara otomatis membaca materi yang kamu pelajari. Sebaiknya ringkasan tersebut ditulis ke dalam buku kecil yang dapat kamu bawa kemanapun.

Tips belajar ini merupakan tips belajar yang paling mudah dilakukan namun banyak menganggap remeh hal ini.

4. Membiasakan untuk Mengingat apa yang telah Dipelajari,-Untuk mempermudah ingatan terhadap bacaan yang telah di baca, kami menyarankan untuk membuat singkatan atau kata-kata yang gampang di ingat.

Tentu saja kamu tidak asing dengan singkatan MeJiKuHiBiNiU (Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu). Tips ini bisa sangat berguna dalam mengingat apapun yang telah dipelajari dan bertahan hingga beberapa tahun kemudian.

5. Belajar Rutin disertai dengan Ketekunan.,- Belajar dengan tepat waktu dapat mempengaruhi peningkatan prestasi belajar. buang jauh-jauh dari benak kamu belajar menjelang waktu ujian, belajar dengan terburu-buru, belajar saat tidak memiliki keinginan, belajar di saat suasana yang kurang kondusif. dll

Tips Belajar Efektif dan Efisien di Malam Hari

Menjadi makhluk Tuhan yang paling sempurna, setiap manusia pastinya memerlukan sebuah kegiatan untuk memperluas penghetahuannya. Yah, kegiatan tersebut tak lain adalah “Belajar”.

Kegiatan yang satu ini identik dengan pelajar dan juga mahasiswa, dimana kerap kali sebuah tugas mempunyai deadline yang singkat untuk diselesaikan.

Untuk dapat menyelesaikan sesuai deadline yang ditentukan, tak jarang pelajar ataupun mahasiswa rela menyita waktu istirahat malamnya untuk belajar.

Bagi pelajar ataupun mahasiswa, mempersiapkan pelajaran yang esok hari akan dibahas memang lebih sering dilakukan di malam hari. Akan tetapi, waktu malam hari identik dengan suasana sepi dan sunyi cenderung justru menjadikan mata kantuk.

Rasa kantuk yang menyerang disaat kita sedang belajar di malam hari menjadikan belajar kita pun tidak efektif dan efisien. Hal tersebut justru membuat apa yang kita pelajari tidak dapat diserap.

Lalu bagaimana untuk mengatasinya ? Bagaimana supaya belajar di malam hari yang identik dengan suasana sunyi tetap berjalan secara efektif dan efisien serta tetap membuat kita fokus belajar ? Nah, itu yang akan dibahas pada bab selanjutnya. Mari perhatikan beberapa tips berikut !

6. Jangan Tinggalkan Makan di Pagi Hari

Tips yang pertama adalah jangan tinggalkan sarapan. Mungkin kalian berfikir bahwa sarapan tidak ada pengharuhnya dengan kondisi tubuh ketika malam hari.

Perlu diingat bahwa menyantap menu makanan di pagi hari yang mempunyai nutrisi penting akan mambantu fungsi tubuh kita untuk bekerja dengan baik seharian.

Selanjutnya, saat kita diharuskan untuk beraktivitas di malam hari, dalam hal ini adalah belajar, tentunya energi yang ada didalam tubuh pun akan membantu kinerja kita untuk belajar yang efektif. Nutrisi yang telah masuk dalam tubuh kita dari menu sarapan akan membantu kita untuk dapat berpikir yang cemerlang.

7. Istirahat yang Cukup di Siang Hari

Sebelum belajar di malam hari, terlebih dahulu istirahatkan diri kalian dengan tidur pada siang harinya. Tidak perlu terlalu lama pula, cukup sekitar 2 jam saja dengan tujuan mengurangi rasa lelah usai seharian beraktivitas.

Rasa kantuk saat belajar di malam hari akan semakin minim jika pada siang harinya kalian telah cukup beristirahat.

8. Persiapkan Materi

Mempersiapkan materi yang akan dipelajari ketika malam hari adalah satu hal yang cukup penting. Mengapa penting? Hal tersebut bertujuan supaya yang kita pelajari di saat malam hari sesuai dengan yang direncanakan.

Apabila materi yang akan dipelajari tidak dipersiapkan, bisa jadi ketika waktu belajar di malam hari telah tiba, justru kita beralih ke materi lain di sekitar yang sebetulnya itu justru tidak ada kaitannya.

Hal itu tentu akan menjadikan waktu belajar kita pun tersita dan materi yang sebetulnya kita pelajari justru tak tak diresap ke otak.

9. Awali Belajar dengan Berdo’a

Sebelum memulai belajar, berdo’alah terlebih dahulu supaya apa yang ingin kita pelajari pun dapat dipahami dan juga diaplikasikan dengan baik.

Berdo’a sebelum belajar akan membuat jiwa kita menjadi lebih tentram dan diharapkan semoga di proses belajar mendapatkan keberkahan dan juga kemudahan.

10. Minumlah Air Putih yang Banyak

Pastikanlah ketika belajar di malam hari, kalian tidak mengalami masalah dengan kekeringan tenggorokan. Minumlah air putih saat sebelum melakukan proses belajar. Atau jika perlu sandingkan air putih di samping tempat belajarmu.

Pastikan bahwa kalian tidak mengalami dehidrasi lantaran hal itu akan menjadikan tubuh merasa lelah. Kelelahan tersebut tentu akan menjadikan tubuh pun cepat lesu dan kantuk mudah datang saat belajar di malam hari.

11. Kurangi Konsumsi Kafein

Saat belajar di malam hari, alangkah baiknya hindari mengonsumsi kafein. Namun, jika mengonsumsinya hanya sesekali waktu saja, tidak masalah.

Banyak orang yang ketika belajar di malam hari memilih untuk meneguk kopi supaya tidak menimbulkan kantuk di saat belajar.

Memang meminum kopi akan menjadikan tubuh terasa lebih segar dan memperkecil rasa kantuk yang ada. Akan tetapi, khasiat kafein yang ada didalam kopi tersebut akan mudah hilang dalam waktu yang tidak lama. Dimana nantinya akan memicu datangnya rasa lesu dan juga malas.

12. Santapan Tepat di Malam Hari

Menentukan menu makan yang baik di malam hari adalah salah satu kunci mendapatkan belajar yang efektif dan efisien.

Makanan cepat saji dan juga cemilan memang identik dengan menu makan para pelajar dan mahasiswa di era sekarang. Akan tetapi, pahami betul bahwa cemilan yang anda konsumsi di malam hari justru akan membuat belajar anda tidak terlaksana dengan baik.

Kandungan yang terdapat pada makanan seperti itu akan menimbulkan rasa kantuk dan akan membuat belajar pun tidak efektif.

13. Jangan Paksakan Begadang

Belajarlah yang cukup di malam hari. Jika telah merasa larut malam dan sudah merupakan waktu beristirahat, beristirahalah dan jangan paksakan untuk terus belajar.

Terlalu larut malam dalam kondisi fisik yang sudah membutuhkan istirahat justru akan membuat materi tak dapat dipahami dengan baik.

Metode Belajar Efektif di sekolah dan di Rumah dengan Mengefesienkan Waktu

Semua orang ingin belajar dengan metode yang bagus dan efektif. banyak siswa yang mengalami masalah dengan kegiatan belajar mereka baik itu belajar sehari-hari ataupun belajar untuk menghadapi ujian.

Kesusahan mencari waktu yang efektif maupun cara yang tepat dalam belajar. adalah problem yang harus diperhatikan bagi orang tua dan guru sisa. Banyak orang yang merasa bahwa belajar adalah sebuah kewajiban ataupun beban. sehingga mereka merasa jenuh, bosan bahkan tidak tertarik dengan belajar.

Belajar diasumsikan sebuah perjuangan untuk mencapai masa sukses. untuk mencapai masa sukses ini perlu kerja keras yang tidak sedikit walaupun pada dasarnya kita terbebani dengan beberapa aktvitas sehari-hari.

Pernahkah anda berpikir sebaliknya??? mempelajari sesuatu didasari dengan kesukaan, ada minat dan ada ketertarikan.

Jika anda berada pada titik ini maka akan mencapai tujuan belajar yang anda cita-citakan.

ilustrasinya seperti seorang yang belajar dengan keterpaksaan maka akan mampu pada apa yang ia pelajari dan seorang yang belajar disertai dengan minat dan kesukaan maka akan ahli dibidang yang ia pelajari. mudahan dapat dipahami.

Poin pertama yang harus anda tanamkan adalah adanya minat dan suka dalam belajar sehingga cara belajar anda efektif dan efesien.

Jika anda telah melakukan poin ini dengan merubah mindshet anda maka kami yakin perasaan jenuh dan bosan akan hilang dengan sendirinya.

Ada beberapa cara belajar efektif dengan menggunakan waktu efesien. diantaranya:

14. Belajar Bersama

Belajar dengan metode ini memudahkan anda mengetahui hal-hal yang sulit pada pelajaran tertentu. Sehingga teman lain dapat membantu.

Suasana yang kondusif membuat juga diskusi akan berjalan dengan baik dan melahirkan ide-ide yang dapat ditampung menjadi sebuah kesimpulan dalam belajar.

15. Rajin Bertanya

Tidak menutup kemungkinan saat anda belajar mendapati paragraf yang sulit dimengerti. hal tersebut bisa anda tanyakan ke teman kelompok belajar ataukah ke guru bidang studi. jangan mendiamkan ketidaktahuan tersebut karena akan berpengaruh pada pemahaman anda pada materi selanjutnya.

16. Mengembangkan Pelajaran

Mencari keterkaitan antar submateri satu dengan lainya ataukah mencari keterkaitan antara bab yang dipelajari dengan yang lainnya.

Hal yang mudah anda tanamkan mengenai hal ini adalah membuat pertnyaan sederhana.

Seperti apa kegunaan materi yang anda pelajari terhadap kehidupan anda?

Bagaiman implementasi apa yang anda pelajari terhadap aktivitas sehari-hari.

Tanyakan kepada guru bidang studi tersebut. jika belum merasa yakin dengan jawaban yang anda maka perbanyaklah mencari di referensi lain.

Saran kami semakin anda kritis terhadap suatu materi maka anda semakin pandai dalam suatu bidang.

Serajin-rajinya anda belajar, anda memaksakan, belajar hingga larut malam, tiada hari tanpa belajar akan berdampak pada rusaknya konsentrasi belajar anda.

Otak yang diporsir untuk terus berpikir akan merasa lelah sehingga membutuhkan istrahat yang cukup.

Baca Juga: Trik Menjawab Soal Toefl (Panduan Mudah Meningkatkan Skor Toefl)

Salah satu metode efektif dan efesien dalam belajar adalah menciptakan suasana yang kondusif tanpa merugikan diri sendiri. Mudahan Bermanfaat

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here