5 Buah untuk Diet Sehari-Hari yang tidak boleh Dilewatkan

119
Buah untuk Diet Sehari-Hari
Buah-buahan / Athleteculture.com

Buah untuk Diet Sehari-hari – Semua orang menyukai buah-buahan, tidak hanya karena memiliki rasa yang lezat, melainkan mengandung nutrisi yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Beberapa buah yang akan kami sebutkan di bawah ini termasuk dalam kategori superfood atau makanan super yang memiliki kandungan nutrisi di atas rata-rata.

Buah-buahan ini tentu dapat digunakan sebagai makanan tambahan harian dalam menjalankan program penurunan berat badan berlebih, karena memiliki kandungan nutrisi yang mampu membakar lemak pada tubuh.

Terkadang, orang-orang malas mengkonsumsi buah-buahan tertentu karena memiliki gula di dalamnya. Namun beberapa buah yang sahabat arwini temukan di bawah ini merupkan buah untuk diet sehari-hari yang dikategorikan ke dalam makanan superfood, dan sangat dianjurkan dalam menjalai program diet.

1. Buah Alpukat

Buah yang bagus untuk diet yang pertama adalah alpukat. Alpukat, termasuk dalam kategori superfood yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, salah satunya diet. Bahkan media sekelas The Huffington Post pernah menerbitkan artikel yang menyebutkan alpukat sebagai buah terbaik untuk diet.

Buah alpukat tidaklah sulit ditemukan, Anda dengan mudah dapat menemukannya di supermarket, toko buah, atau pasar pada umumnya. Jika dimakan mentah tanpa bahan apapun, rasanya memang tidaklah seenak buah lainnya, seperti agak pahit dan kesat. Namun jika dicampur dengan bahan lainnya, seperti susu dan gula, rasanya sangat lezat. Berikut beberapa alasan mengapa alpukat cocok dijadikan buah untuk diet sehari-hari.

• Kaya Lemak Tak Jenuh Tunggal

Lemak tak jenuh merupakan jenis lemak yang mampu membunuh lemak jahat (LDL) pada tubuh. Nah buah alpukat ini memiliki kandungan bernama asam oleat yang merupakan lemak tak jenuh tunggal atau monounsaturated fatty acid, yang tentunya sangat berguna untuk menurunkan berat badan.

• Kaya Akan Serat

Selain asam oleat, alpukat juga memiliki kandungan serat dalam jumlah banyak. Tidak heran mengapa alpukat sangat cocok untuk menurunkan berat badan, karena memilki serat yang sangat banyak.

• Dapat Membantu Menyerap Nutrisi dari Makanan Lain

Kandungan lemak baik pada alpukat, dapat membantu menyerap nutrisi dari makanan lain. Sehingga saat menjalani program diet, alpukat ini dapat mempercepat penurunan berat badan.

2. Buah Berry

Buah berry seperti blueberry, raspberry, dan blackberry mungkin belum terlalu familiar di kalangan masayarakat Indonesia, ya karena memang bukan merupakan buah yang dapat tumbuh di Indonesia. Namun hari ini, semakin banyak supermarket yang menjual buah berry di Indonesia. Buah berry termasuk dalam kategori superfood, karena sangat baik bagi kesehatan.

Kandungan nutrisinya sangat banyak, dan sangat sedikit kadar gulanya jika dibandingkan dengan buah pisang dan mangga. Itulah mengapa, buah berry sangat cocok dimasukkan ke dalam daftar buah untuk diet sehari-hari. Buah berry ini bisa menjadi alternatif makanan lezat namun dengan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

3. Buah Pear

Buah yang bagus untuk diet lainnya adalah buah pear. Buah pear adalah salah satu buah yang paling banyak kadar seratnya, yaitu sekitar 6 gram perbuahnya. Hal inilah yang menjadikan buah pear sangat cocok untuk program diet.

Kandungan serat pada buah pear dapat membersihkan pencernaan, namun tubuh tidak terlalu merasakan rasa lapar dengan cepat. Selain itu, buah pear juga dapat menstabilkan kadar gula dalam darah, sehingga tubuh menjadi lebih sehat saat menjalani program diet.

4. Grapefruit

Terkadang orang-orang menyangka grapefruit itu jeruk bali, padahal bukan. Namun grapefruit ini bisa Anda dapatkan di supermarket atau toko buah khusus. Grapefruit merupakan buah superfood yang sangat bagus untuk diet. Bahkan terdapat jenis diet bernama diet grapefruit, yang terbukti mampu menurunkan badan dengan efektif.

Diet grapefruit ini digadang-gadang mampu menurunkan 5 kg hanya dalam waktu seminggu. Selain itu kandungan air dan serat pada grapefruit sangatlah banyak, sehingga tubuh tidak cepat lapar dan mampu membakar lemak lebih cepat lagi. Selain itu, buah grapefruit juga kaya akan vitamin C sehingga tubuh pun bisa menjadi lebih sehat.

5. Buah Pisang

Buah untuk diet sehari-hari lainnya adalah pisang. Pisang memiliki kandungan serat dan juga pati resisten yang sangat baik untuk program diet. Pisang juga memiliki kadar kalori yang sangat rendah, jadi meskipun Anda mengkonsumsi banyak pisang, namun kadar kalori masih berada pada level yang aman (baca: manfaat buah pisang). Namun untuk program diet, sebaiknya Anda mengukur porsi nutrisi harian yang Anda butuhkan. Beberapa pakar diet menyarankan pagi hari sebagai waktu yang tepat untuk mengkonsumsi pisang.

Nah itulah 5 buah yang bagus untuk diet dan kesehatan tubuh. Buah-buah super diatas bisa menjadi alternatif terbaik jika Anda sedang menjalani program diet, semoga bermanfaat.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here