Manfaat dan Bahaya Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil

1677
Bahaya Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil




Arwini.com – Buah pepaya memiliki manfaat yang sudah tidak diragukan lagi, terutama karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Pepaya matang banyak mengandung vitamin A dan C yang diyakini lebih tinggi dari wortel dan jeruk. Selain itu kandungan seratnya sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, sehingga tidak heran jika buah ini banyak dijadikan pilihan ketika mengalami masalah pada pencernaan, seperti konstipasi atau sembelit.

Berbeda dengan pepaya matang, jenis pepaya yang masih muda justru menjadi pantangan saat hamil, karena diyakini dapat menimbulkan efek buruk bagi kehamilan, benarkah demikian? Yuk cari tahu alasannya!

Kandungan Nutrisi Pepaya Muda

Sebenarnya kandungan nutrisi pada pepaya muda lebih tinggi jika dibandingkan dengan pepaya yang sudah matang, selain itu pepaya muda juga mengandung enzim yang dikenal dengan istilaih papain.

Enzim ini terdapat dalam getah pepaya muda, dan berfungsi sebagai zat pemecah protein. Dimana protein akan diuraikan menjadi arginin, sejenis asam amino yang tidak diproduksi oleh tubuh, seperti yang terdapat dalam telur dan ragi.

Papain terdapat pada seluruh bagian pepaya, dari buah, kulit, biji dan daun. Nah, jadi tahu kan alasan mengapa daun pepaya digunakan untuk melunakkan daging. Karena zatnya mampu memecah serat-serat di dalam daging.

Selain itu papain juga bisa membantu menormalkan pH usus dan menjadikannya normal. Dalam hal ini papain juga membantu dalam mengeluarkan racun tubuh.

Selain papain, pepaya muda juga mengandung senyawa karpain yang berpeluang menjadi zat anti kanker. Hal ini seperti yang dikutip situs ahligizi.info dari laman Journal Society of Biology, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Bouchut, ditemukan bahwa getah pada pepaya memiliki sifat anti tumor dan anti kanker.

Alasan Pepaya Muda Menjadi Pantangan Saat Hamil

Berbeda dengan pepaya matang yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat membantu melancarkan fungsi pencernaan, pepaya muda justru dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena diyakini dapat berpengaruh buruk pada kehamilan.

Dilansir situs Boldsky dari British Journal of Nutrition, pepaya diketahui mengandung zat yang bernama pepsin, dimana zat ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan prostaglandin dan oksitosin yang dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim.

Akibat dari kontraksi rahim tentu dapat meningkatkan resiko terjadinya keguguran ataupun kelahiran prematur pada bayi yang dikandung.

Selain pepsin, enzim papain yang terdapat dalam getah pepaya muda diketahui dapat menghambat pertumbuhan janin yang sedang dikandung, bahkan bisa menghentikan pertumbuhannya.

Dalam hal ini, papain juga diyakini dapat melemahkan membran yang memiliki peran sangat penting dalam kelangsungan hidup janin.

Konsumsi pepaya muda pada ibu hamil juga dilarang dengan alasan hal itu dapat memicu terjadinya pendarahan hebat, terutama jika ibu hamil telah mengkonsumsinya sejak di awal kehamilan. Dan jika konsumsi pepaya muda dilakukan secara terus menerus maka dapat menyebabkan terjadinya kelahiran prematur.

Jika sebelumnya ibu hamil pernah memiliki riwayat keguguran ataupun kelahiran prematur, maka sebaiknya lebih waspada untuk menghindari konsumsi pepaya muda.

Berdasarkan alasan di atas, tentu wajib bagi Anda yang saat ini tengah mengandung buah hati Anda untuk menghindari konsumsi pepaya muda demi kesehatan dan kebaikan janin yang ada dalam kandungan (baca: cegah cacat si mungil). Namun demikian, Anda bisa mengkonsumsi pepaya yang sudah matang.

Pepaya matang lebih disarankan untuk dikonsumsi pada masa kehamilan, terutama untuk membantu ibu hamil dalam mengatasi masalah konstipasi atau sembelit yang umumnya dialami selama kehamilan. Selain itu, pepaya matang juga mampu mencegah terjadinya dehidrasi pada ibu hamil.

Manfaat lain dari pepaya matang adalah mampu menjaga tekanan darah pada ibu hamil, hal ini karena kandungan kalium yang cukup tinggi pada pepaya. Dan tahukah Anda jika pepaya matang juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh pada ibu hamil?

Hal ini dikarenakan tingginya kandungan nutrisi dan antioksidan yang ada di dalam buah yang manis ini, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Namun sebelum mengkonsumsi pepaya, pastikan bahwa pepaya yang akan Anda konsumsi tersebut benar-benar matang ya, agar Anda dan bayi dalam kandungan Anda mendapatkan manfaat buah pepaya bagi Ibu Hamil yang sebenarnya.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here