Tips Hindari Bau Badan selama Menjalankan Puasa

676
Tips Hindari Bau Badan selama Menjalankan Puasa

Arwini.com – Tips hindari bau badan selama menjalankan puasa yang kemungkinan muncul pada saat Anda berkeringat atau ketika melakukan aktifitas sehari-hari. Meskipun keringat bukanlah satu-satunya hal yang dapat menyebabkan bau badan.

Loading...

Ini karena bau badan ternyata terjadi karena keringat yang tercampur dengan bakteri. Yang biasanya pada daerah tertentu semisal kepala maupun ketiak. Bakteri yang telah mencapai di permukaan kulit yang berkeringat ini yang menyebabkan bau badan sesungguhnya muncul.

Perkembangbiakkan dari bakteri tersebut yang cukup cepat mengakibatkan keringat diurai menjadi asam dan terjadi penguapan. Sehingga bau badan akan muncul menjadi bau yang tidak sedap.

ozonesolutions.com

Tips Hindari Bau Badan selama Menjalankan Puasa

Oleh karena itu, meskipun pada saat puasa pun tubuh akan tetap berproduksi mengeluarkan keringat bila Anda memiliki pekerjaan yang memicu keringat. Namun Anda juga perlu tahu beberapa tips hindari bau badan selama menjalankan puasa berikut:

1.Hindari makanan yang sulit dicerna

Tips pertama yaitu dengan melihat dari makanan yang Anda konsumsi, ini karena ada beberapa makanan yang menjadi penyebab dari bau badan.

Seperti daging merah dan bawang, dimana makanan ini sulit dicerna yang mengakibatkan sisa metabolisme keluar berbentuk keringat.

2.Perbanyak mengonsumsi sayuran

Sebaiknya banyak mengkonsumsi sayur-sayuran maupun buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin dan juga mineral cukup banyak. Contoh buah yang bisa membantu Anda mengurangi bau badan yaitu buah jeruk dan juga pir.

3.Mandi

Tips berikutnya yaitu pastikan Anda mandi sebanyak 2 kali dalam sehari karena dapat membantu mengendalikan pertumbuhan dari bakteri. Pastikan pula mencuci rambut Anda setelah beraktivitas yang cukup banyak mengeluarkan keringat.

4.Gunakan deodoran

Bila ingin, Anda bisa menggunakan deodoran setelah selesai mandi yang dapat membantu Anda tetap segar.

5.Memilih bahan pakaian yang tepat

Sebaiknya memilih dan memakai pakaian yang memiliki bahan dapat menyerap keringat Anda dengan cukup baik. Semisal kain katun, namun juga hindari bahan pakaian yang terbuat dari serat sintetis atau juga polyester.

Karena bahan-bahan tersebut biasanya justru dapat mengeluarkan keringat Anda lebih banyak lagi.

6.Hindari aktifitas yang berlebihan

Tips berikutnya yaitu bila Anda tidak ingin badan Anda berkeringat sehingga menimbulkan bau badan yang tidak sedap, sebaiknya mempertimbangkan aktivitas yang berlebihan.

Atau Anda juga dapat menghindari keadaan berkeringat di waktu yang terlalu lama. Sebaiknya Anda menyediakan handuk kecil maupun tisu untuk mengurangi atau menyeka keringat Anda yang keluar.

Atau cara lain dengan memanfaatkan kipas angin, majalah, ataupun buku untuk mengeringkan tubuh Anda dari keringat.

7.Cukur bulu ketiak

Tips terakhir yaitu mencukur bulu ketiak Anda secara teratur. Hal ini dapat membantu Anda mencegah bau badan yang tidak sedap, karena bulu ketiak bisa saja dijadikan sarang kuman.

Tentu saja keringat menempel pada ketiak, sehingga kuman pada ketiak akan menjadikannya sebagai tempat yang nyaman. Bukan hanya itu, bulu ketiak sebetulnya menghambat proses penguapan keringat pada ketiak.

Tips Hindari Bau Badan selama Menjalankan Puasa dari Penyebabnya

Apabila bau badan menyerang, ini cukup mengganggu Anda maupun orang sekitar Anda. Terutama saat sedang beribadah, hal ini cukup membuat Anda tidak nyaman. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengetahui penyebab munculnya bau badan berikut:

1.Keringat

Faktor pertama yang menyebabkan bau badan itu muncul yaitu keringat dan juga bakteri. Sebetulnya keringat ini tidak menimbulkan bau sedikitpun, namun karena keringat ini tercampur dengan bakterilah yang menjadi penyebabnya.

Pertumbuhan atau perkembangbiakkan bakteri yang tercampur dengan keringat yang Anda produksi memang tak bisa dihindarkan.

2.Bau badan

Makanan dan minuman bisa menjadi faktor penyebab bau badan. Ada beberapa sayuran yang juga memiliki pengaruh menimbulkan bau badan apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Jenis sayuran ini berupa brussel sprouts dan juga brokoli. Oleh sebab itu, jika Anda ingin menjaga bau badan Anda tetap sedap maka Anda sebaiknya teliti dalam mengkonsumsi beberapa bahan makanan dan minuman.

3.Mengonsumsi obat-obatan

Faktor penyebab berikutnya yaitu dari konsumsi obat-obatan. Ada beberapa jenis obat-obatan yang justru memicu keluarnya keringat.

Dapat pula karena kandungan yang terdapat dalam obat menjadi pemicu keluarnya bau tidak sebab tersebut.

Obat dengan jenis tertentu tersebut seperti aspirin yang apabila Anda mengkonsumsi selama puasa, kemungkinan bau tidak sedap pada badan Anda akan muncul.

4.Jarang mandi

Faktor penyebab selanjutnya yaitu kemungkinan Anda jarang membersihkan tubuh atau jarang mandi. Hal ini bisa saja menjadi pemicu keluarnya bau yang tidak sedap pada badan Anda.

Jika jarang mandi, bakteri dan juga keringat otomatis akan menempel pada tubuh Anda dalam jangka waktu cukup lama. Sehingga dapat pula mengakibatkan rasa gatal pada kulit Anda yang disebabkan dari bakteri dan keringat tersebut.

Itulah tips hindari bau badan selama menjalankan puasa yang bisa Anda gunakan sebagai referensi dan dapat Anda terapkan untuk mengurangi bahkan menghilangkan bau badan.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here