Obat & Penangan Terbaik Batuk dan Pilek pada Bayi

180
Batuk dan Pilek pada Bayi
Advertisement
Loading...

Arwini.com – Setiap ibu pasti menginginkan anaknya bisa tumbuh sehat dan ceria. Namun pada satu momen, seorang anak harus mengalami masalah kesehatan yang mengharuskan seorang ibu untuk merawatnya.

Salah satu penyakit yang paling sering menghinggapi bayi adalah batuk dan pilek. Sangat sulit tentunya melihat si kecil harus batuk-batuk dan mengeluarkan ingus dalam jumlah banyak.

Si kecil yang tadinya ceria dan aktif, akhirnya murung dan harus berbaring dalam jangka waktu yang lama. Setiap ibu pasti akan mencari cara efektif mengatasi batuk dan pilek pada bayi, namun sangat tidak disarankan untuk memberikan obat-obatan pada bayi karena akan mengakibatkan efek samping yang lebih berbahaya lagi.

Penyakit Batuk dan Pilek pada Bayi

Sama seperti orang dewasa, salah satu penyebab utama penyakit batuk dan pilek pada bayi adalah infeksi virus atau bakteri. Terdapat lebih dari 200 virus penyebab batuk dan pilek pada bayi, dan rhinovirus merupakan virus yang paling sering menyebabkan gangguan batuk dan pilek pada bayi.

Setiap tahunnya, infeksi virus ini selalu menyerang banyak bayi di seluruh dunia. Untuk anak diatas 6 tahun biasanya diberikan antibiotik untuk membunuh virus yang berada didalam tubuh.

Advertisement
Loading...

Untuk bayi, penggunaan antibiotik ini tidak diperbolehkan karena memiliki efek samping yang berbahaya. Inilah beberapa gejala penyakit batuk dan pilek pada bayi:

  • Sakit tenggorokan
  • Ingus yang berair pada hidung.
  • Bersin-bersin.
  • Lemah lesu.
  • Batuk-batuk.
  • Demam (kadang-kadang)

Cara Efektif Mengatasi Batuk dan Pilek pada Bayi

Seperti yang telah dikemukakan diatas, penggunaan obat-obatan sangat tidak dianjurkan untuk anak dibawah 6 tahun. Solusi yang paling tepat untuk mengatasi batuk dan pilek pada bayi adalah dengan cara-cara alami yang bisa dilakukan di rumah, berikut ulasannya:

Banyak-banyak Istirahat

Salah satu cara paling efektif dan paling mudah dalam menangani batuk dan pilek pada bayi adalah dengan membiarkannya istirahat sebanyak-banyaknya. Dengan istirahat, tubuh akan menghasilkan banyak energi yang berguna untuk menumpas virus dan bakteri penyebab batuk dan pilek pada tubuh.

Yang kamu perlukan hanya tempat tidur yang empuk dan nyaman dengan lingkungan yang tenang dan tidak dipenuhi banyak orang. Setelah bangun, Buna bisa memberikan mainan kesukaan si kecil, bisa berupa crayon ataupun boneka, agar otak anak tetap aktif dan ceria.

Penguapan

Cara lainnya yang bisa bundagunakan adalah penguapan. Uap yang terhirup oleh hidung bayi, dapat mempercepat keluarnya dahak dan juga bakteri-bakteri yang ada didalam tubuh. Bundabisa menggunakan bak berisikan air panas, lalu dekatkan kepala si kecil menuju bak, jika si kecil menangis biarkan, yang terpenting Bunda menggenggamnya dengan erat. Bunda juga bisa memandikan si kecil menggunakan shower yang telah diatur menjadi air hangat.

Tingkatkan Asupan Cairan

Hal lainnya yang mesti Bunda ketahui untuk mengobati batuk dan pilek pada bayi adalah dengan meningkatkan asupan cairan pada bayi. Hal ini membantu agar bayi tidak mengalami dehidrasi dan mampu membersihkan dahak-dahak yang ada didalam area kerongkongan. Bunda bisa memberikan ½ air bersih setelah Bunda memberikan ASI pada si kecil.

Demikianlah info mengenai cara efektif mengatasi batuk dan pilek pada bayi. Pastikan Bunda selalu menjaga kebersihan lingkungan dan pola konsumsi anak jika ingin si kecil terbebas dari penyakit batuk dan pilek, semoga bermanfaat.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here