Daftar Alamat 7 Bakpia Jogja Terlaris: Oleh-Oleh Khas Kota Jogja yang Melegenda

17036
Alamat Penjual Bakpia di Jogja
Bakpia Jogja

Bakpia Terbaik Jogja – Siapapun yang berkunjung ke Yogyakarta pasti akan memburu jenis kue manis yang satu ini sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah, apalagi kalau bukan bakpia.

Loading...

Bentuknya yang bulat dengan cita rasa manis yang menggoda serta menjadi salah satu jenis jajanan khas Jogja yang paling banyak diminati oleh wisatawan.

Sebelum menjadi jajanan khas Jogja seperti saat ini, bakpia merupakan salah satu makanan yang cukup terkenal di kalangan keluarga China. Bahkan kata bakpia sendiri merupakan istilah atau dialek Hokkian yang terdiri dari kata “bak” yang memiliki makna daging, dan “pia” yang berarti kue. Dengan demikian bakpia bisa diartikan sebagai kue yang berisi daging.

Pada Awalnya, bakpia banyak diproduksi di kawasan Pathuk. Hal ini jugalah yang kemudian menjadikan bakpia dikenal dengan istilah Bakpia Pathuk.

Dalam perkembangannya, isian bakpia juga mengalami perubahan mengingat mayoritas penduduk di Yogyakarta adalah muslim.

Dari semula bakpia berisi daging babi kemudian diganti menjadi isian lain, seperti kumbu kacang hijau. Dan saat ini isian bakpia sudah lebih banyak variasinya, mulai dari kumbu kacang hijau, cokelat, keju, nanas, kacang, hingga ubi ungu.

Tentu saja hal ini semakin manambah cita rasa bakpia itu sendiri sehingga penikmat bakpia bisa mencicipi berebagai varian rasa sesuai dengan seleranya masing-masing.

Pada tahun 1948, kampung Pathuk yang dikenal sebagai sentra produksi bakpia namun belum memiliki merk dagang dan hanya mengemasnya dengan anyaman bambu (besek), baru kemudian di tahun 1980 seiring dengan mulai banyaknya permintaan, produsen pun mulai menggunakan merk.

Merk yang digunakan pun bukanlah nama atau istilah tertentu melainkan berdasarkan pada nomor rumah produsen, diantaranya adalah Bakpia Pathuk Nomo 25, 75, 125, dan sebagainya.

Baru setelah berkembang dari masa ke masa, mulai ada yang memproduksi bakpia dengan merk berupa kata ataupun nama, Sebut saja bakpia Kencana, bakpia Kurnia Sari, bakpia Merlino, bakpia Pia, bakpia Stik, bakpia Raminten, bakpia Mutiara dan bakpia Djava.

Di Jogja sendiri, ada sekitar 100 lebih merk bakpia yang berproduksi dan tersebar di beberapa wilayah di Yogyakarta. Para wisatawan yang berkunjung ke wisata yogyakarta akan mencari toko oleh-oleh untuk mendapatkan jenis jajanan legendaris ini atau bisa juga langsung ke pusat produksi bakpia yang sudah ternama di Jogja, tentunya mereka mencari bakpia terenak.

Karena beragam macam jenis dan rasa bakpia, Arwini.com akan merekomendasikan beberapa pusat produksi bakpia yang bisa dijadikan tempat belanja atau mencari oleh-oleh khas Jogja lainnya:

1. Bakpia Pathuk 25

Merk bakpia ini termasuk yang legendaris di kota Jogja dan merupakan bisnis keluarga yang sudah diwariskan turun temurun.

Ada beberapa varian rasa yang bisa dipilih oleh pembeli, diantaranya adalah kacang hijau, keju, cokelat, nanas, durian dan aneka rasa.

Bagi kamu yang ingin membeli bakpia Pathuk 25 bisa langsung ke pusat pembuatannya di alamat Jalan AIP II KS Tubun NG I/504, Yogyakarta. Atau pesan bakpia secara online di situs resminya Bakpia25.com.

Bakpia Pathuk 25 juga memiliki beberapa cabang yaitu di Ongko Joyo, Pasar Pathuk dan Jalan Adisucipto KM 9 Yogyakarta.

2. Bakpia Pathuk 75

Bakpia ini juga termasuk dari jejeran bakpia legendaris di kota Jogja karena sudah mulai berproduksi sejak tahun 1948. Bakpia Pathuk ini masih mempertahankan cara memasak tradisional yang memiliki cita rasa gurih dan khas.

Bagi kamu yang ingin mencicipi manisnya bakpia Pathuk 75, bisa mengunjungi toko oleh-oleh di Jalan KS Tubun No 75 dan No 83, Yogyakarta. Selain di tempat itu, juga bisa diperoleh di Jalan HOS Cokroaminoto No 119B dan Jalan Magelang Km 4,5.

3. Bakpia Pathuk 145

Produsen bakpia yang satu ini juga cukup terkenal diantara para pemburu oleh-oleh khas Jogja, pasalnya produsen bakpia ini juga menyadiakan aneka jajanan khas lainnya seperti yangko, ampyang, geplak dan lain-lain.

Kamu bisa membeli bakpia 145 di Jalan Gambiran No 40 Yogyakarta. Selain itu, bisa juga dengan mengunjungi cabangnya yang berada di dekat Gudeg Yu Jum Wijilan, atau di Jalan Jenderal Sudirman No 25 dan Jalan Kaliurang Km 5,6 serta di Jalan Solo Km 8 Yogyakarta.

4. Bakpia Kurnia Sari

Meskipun terbilang pendatang baru, namun bakpia Kurnia Sari cukup menarik minat wisatawan, karena cita rasa bakpia produsen ini semakin menggigit dengan kulit yang lebih tipis namun tetap mempertahankan kesan kelembutan.

Varian rasanya pun cukup banyak, mulai dari kacang hijau, kumbu hitam, susu, cokelat, kopi, dan keju. Kamu dapat mencicipi jenis bakpia ini di Jalan Glagah Sari No 97C dan No 112, Yogyakarta, selain itu, Alamat Bakpia Kurnia Sari dapat kamu temukan di Ruko Permai Pogung Lor No 6 Jalan Ringroad Utara Yogyakarta.

5. Bakpia Merlino

Selain bakpia Kurnia Sari, bakpia Merlino termasuk dari jejeran pendatang baru di kanca jajanan khas Jogja. Masekipun baru diproduksi awal tahun 2000an, bakpia ini tidak kalah dengan yang lainnya.

Sebagai Pendatang baru Merlino menawarkan keunggulan rasa cappuccino dan green tea meskipun ada juga rasa ubi ungu, cokelat hingga kacang hijau.

Terletak di Jl. Pakuningratan no.55 dan Jl. R.E Martadinata no.24B Yogyakarta, bakpia ini memiliki ukuran kecil, namun masih mempertahankan kelembutan serta kegurihan sang pendahulu.

Baca Juga: Pusat Souvenir dan Kerajinan Tangan Kota Jogja.

6. Bakpia Kencana

Bakpia ini memiliki tawaran terbuka bagi wisatawan, yaitu peara pengunjung diberi keleluasaan untuk melihat proses pembuatan bakpia.

Sembari memilih oleh-oleh khas yang ingin di borong ke rumah, kamu dapat menyaksikan pengolahan bakpia yang dilakukan oleh tangan-tangan terampil di tempat tersebut.

Pia Crispy adalah salah satu sajian oleh-oleh khas yang patut Kamu coba, konon ketahanan kue ini melebihi bakpia pathuk, sekitar 2 bulan lamanya.

Bakpia Kencana terletak di Pusat Oleh-oleh Ambarketawang, Jalan Wates, Gamping. DIY. Bagi kamu yang berada di luar Kota Jogja, kamu dapat memesanya secara online melalui website resminya bakpiakencana.com.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here