Atasi Nyeri Haid dengan Pengobatan Sederhana

1324
cara mengatasi nyeri haid
cara mengurangi nyeri haid

Haid atau Menstruasi adalah salah satu proses alami seorang perempuan yaitu proses meluruhnya dinding rahim bagian dalam (endometrium) yang keluar melalui miss V Selengkapnya baca : pengertian menstruasi.

Nyeri haid (dismenorrhea) adalah rasa nyeri/ sakit yang timbul sewaktu akan haid atau selama haid (menstruasi), dengan gejala seperti mulas pada perut bagian bawah sampai ke pinggang dan paha.

Menstruasi adalah sesuatu yang wajar dialami wanita namun terkadang menyiksa diri karena tidak disikapi dengan cara baik. Penyikapan ini dapat dilakukan baik sebelum menstruasi atau saat sedang menstruasi.

Faktor sebelum dan sesudah adalah suatu pertimbangan yang harus diperhatikan untuk mengatasi rasa nyeri berlebihan maupun kelainan lain. Disini Arwini.com akan menjelaskan sedikit lebih terperinci dibandingkan dengan artikel-artikel sebelumnya.

Pemahaman Awal Terkait dengan Fase Menstruasi

Ovulasi merupakan proses pelepasan sel telur yang sudah matang (oosit sekunder) dari ovarium ke tuba fallopi untuk dibuahi. Apabila ovum tidak dibuahi oleh sperma maka akan terjadi menstruasi. Siklus menstruasi sekitar 28 hari.

Menstruasi atau haid adalah pendarahan secara periodik dan siklik dari uterus yang disertai pelepasan endometrium. Siklus menstruasi dikelompokkan menjadi empat fase.

Tahapan ini telah kami sebutkan secara lengkap pada artikel proses terjadinya menstruasi namun jika hal itu tidak cukup maka kami akan menyebutkan secara jelas pada pembahasan berikut:

Fase Menstruasi

Fase ini terjadi bila ovum tidak dibuahi oleh sperma, sehingga korpus luteum akan menghentikan produksi hormon estrogen dan progesteron. Turunnya kadar estrogen dan progesteron menyebabkan lepasnya ovum dari dinding uterus yang menebal (endometrium).

Lepasnya ovum tersebut menyebabkan endometrium sobek atau meluruh, sehingga dindingnya menjadi tipis. Peluruhan pada endometrium yang mengandung pembuluh darah menyebabkan terjadinya pendarahan pada fase menstruasi. Pendarahan ini biasanya berlangsung selama lima hari. Volume darah yang keluar rata-rata sekitar 50 ml.

Fase Pra Ovulasi

Fase ini merupakan akhir siklus menstruasi, hipotalamus mengeluarkan hormon gonadotropin. Gonadotropin merangsang hipofisis untuk mengeluarkan FSH.

Adanya FSH merangsang pembentukan folikel primer di dalam ovarium yang yang mengelilingi satu oosit primer. Folikel primer dan oosit primer akan tumbuh sampai hari ke-14 hingga folikel menjadi matang atau disebut folikel De graff dengan ovum di dalamnya.

Selama pertumbuhannya, folikel juga melepasakan hormon estrogen. Adanya estrogen menyebabkan pmbentukan kembali (proliferasi) sel-sel penyusun dinding dalam utrus atau endometrium.

Peningkatan konsentrasi estrogen selama pertumbuhan folikel juga mempengaruhi serviks untuk mengeluarkan lendir yang bersifat basa. Lendir yang bersifat basa berguna untuk menetrlakan sifat asam pada serviks agar lebih mendukung lingkungan hidup sperma.

Fase Ovulasi

Pada saat mendekati fase ovulasi atau mendekati hari ke-14 terjadi perubahan produksi hormon. Peningkatan kadar estrogen selama fase pra ovulasi menyebabkan reaksi umpan balik negatif atau penghambatan terhadap pelepasan FSH lebih lanjut dari hipofisis.

Penurunan konsentrasi FSH menyebabkan hipofisis melepaskan LH. LH merangsang pelepasan oosit sekunder dari folikel de graff. Pada saat inilah disebut ovulasi, yaitu terjadi pelepasan oosit sekunder dari folikel de graff dan siap dibuahi oleh sperma. Umumnya ovulasi terjadi pda hari ke-14.

Fase Pasca Ovulasi

Pada fase pasca ovulasi, folikel de Graff yang ditinggalkan oleh oosit sekunder karena pengaruh LH dan FSH akan berkerut dan berubah menjadi korpus luteum. Korpus luteum tetap memproduksi estrogen (namun tidak sebanyak folikel de Graff memproduksi estrogen) dan hormon lainnya, yaitu progesteron.

Progesteron mendukung kerja estrogen dengan menebalkan dinding dalam uterus atau endometrium dan menumbuhkan pembuluh-pembuluh darah pada endometrium. Progesteron juga merangsang sekresi lendir pada vagina dan pertumbuhan kelenjar susu pada payudara.

Keseluruhan fungsi progesteron juga estrogen tersebut berguna untuk menyiapkan penanaman (implantasi) zigot pada uterus bila terjadi pembuahan atau kehamilan.

Proses pasca ovulasi ini berlangsung pada hari ke-15 sampai hari ke-28. Namun bila sekitar hari ke-26 tidak terjadi pembuahan, korpus luteum akan berubah menjadi korpus albikan.

Korpus albikan memiliki kemampuan produksi estrogen dan progesteron yang rendah, sehingga konsentrasi estrogen dan progesteron akan menurun. Pada kondisi ini, hipofisis menjadi aktif untuk melepaskan FSH dan selanjutnya LH, sehingga pasca ovulasi akan bersambung kembali dengan fase menstruasi berikutnya.

Penyebab Umum Terjadinya Nyeri Menstruasi Wanita

Nyeri haid dikarenakan penyakit (peradangan panggul) endomentriosis, Namun penyebab utamanya terjadi karena ketidakseimbangnya hormonal dalam tubuh sehingga Mengalami tumor atau kelainan letak uterus.

Selain itu bisa juga disebabkan oleh selaput dara yang tidak berlubang serta mengalami stress atau kecemasan yang berlebihan.

Sebenarnya hal ini tidak dapat dijadikan sebagai patokan umum (baca: 15 penyebab haid), mengingat terkadang menstruasi yang terasa nyeri dapat diakibatkan oleh beberapa faktor. bisa saja dialami karena pola hidup berantakan, tidak memperhatikan beberapa makanan yang dikonsumsi hingga penggunaan obat yang tidak dibawah pengawasan dokter.

Keluhan Fisik PMS (Pre-Menstruasi Syndrome)

Perasaan malas bergerak, badan menjadi lemas, serta mudah merasa lelah. Seorang yang mengalami menstruasi cendurung berdampak paa kondisi tubuh yang tidak stabil, lemah hingga menimbulkan perasaan lain pada pikiran

Buah dada nyeri, tegang dan sakit saat di sentuh, beberapa orang mengatakan bhwa nyeri pada anggota tubuh tidak dibarengi dengan olahraga yang teratur, salah satunya olahraga ringan dipagi hari.

Mengalami kram perut (dismenorrhoe). Nyeri perut terjadi karena adanya kontraksi yang terjadi pada dinding rahim akibat perubahan hormon.

Nafsu makan meningkat dan suka makan makanan yang rasanya asam. Pola makan seperti ini dipicu karena keadaan horman yang tidak stabil sehingga wanita menstruasi dituntut untuk memperbaiki makanan yang akan dikonsumsi.

Kepala nyeri biasa terjadi karena beberapa pikiran yang terganggu yang berhubungan dengan kondisi badan yang menglami perubahan secara signifikan

Keluhan Biologis PMS (Pre-Menstruasi Syndrome)

Hal yang biasa terjadi pada wanita yang sedang menstruasi menglami perubahan Emosi menjadi labil. hanya karena tidak sesuai dengan pikiran akan akan berdampak pada kebiasaan buruk yang sensitif, uring uring-uringan bahkan peraasaan negatif selalu timbul akibat kurang konsentrasi. meskipun hal tersebut tidak dapat dihindari, ada baiknya membiasakan diri tidak meluapkan segala perasaan yang dialami mengingat akan berdampak pada kondisi tubuh yang sedang lemah.

Cara Mengatasi PMS (Pre-Menstruasi Syndrome)

Mengatasi menstruasi dengan baik dan benar dapat dilakukan dengan beragam cara bisa saja dengan memperhatikan faktor terlabat datang bulan atau kelancaran menstruasi yang tidak terjadi ditiap bulannya. Hal tersebut menjadi bahan pertimbangan selanjutnya untuk mengurangi perasaan nyeri saat Haid.

Kurangi makanan bergaram, seperti kentang goreng, kacang-kacangan, dan makanan berbumbu, untuk mengurangi penahanan air berlebih. Selain mengurangi makanan jenis ini dianjurkan untuk menjaga pola hidup sehat, seperti tidak mengkonsumsi alkohol, merokok, menghindari kafein hingga melakukan aktivitas olahraga ringan untuk membantu kemudahan menstruasi.

Diusakaha dalam menstruasi mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan makanan yang mengandung kalsium tinggi yang sering ditemukan pada sayuran maupun buah-buahan.

Cara Mengatasi Nyeri menstruasi Solusi non obat

Tempelkan bantal pemanas ke perut bagian bawah (di bawah pusar). Bila Anda tidak memiliki bantal pemanas, Anda dapat memasukkan air panas ke dalam botol dan membungkus botol tersebut dengan kain sebelum menempelkan ke perut Anda.
Letakkan kaki Anda lebih tinggi dari jantung dan perut saat Anda berbaring, atau berbaringlah miring dengan lutut menekuk. yang disertai dengan pijatan ringan dibagian perut bawah.

Untuk menghindari nyeri menstruasi dianjurkan juga meminum air hangat. Selain minum air hangat, anda juga dapat mencoba untuk mandi air hangat guna meredam rasa sakit.

Bila Anda merasa mual sehingga selera makan Anda terganggu, sebar waktu makan Anda. Anda juga dapat mengganti makan besar dengan makanan ringan. Menambahkan beberapa makanan ringan adalah hal terbaik dalam mengurangi rasa nyeri.

Pilihlah diet kaya karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran yang rendah garam, gula, dan tanpa kafein. serta memperbanyak asupan vitamin B6, kalsium dan magnesium.

Turunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan. Berolahraga dapat mengurangi nyeri pada beberapa wanita. Pada beberapa wanita lain, istirahat total lebih membantu.

Cara Mengatasi Nyeri menstruasi Solusi obat

Obat anti-inflamasi. Perawatan utama nyeri menstruasi adalah kelas obat yang disebut obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID), seperti ibuprofen atau naproxen. Mereka bekerja dengan menghentikan produksi prostaglandin oleh tubuh. Mereka juga dapat mengurangi kehilangan darah dengan mengurangi pembekuan darah di dalam rahim. Ada belasan merek obat berbasis NSAID yang dapat Anda beli secara bebas di apotek dan toko obat. Anda harus berhati-hati dengan obat ini jika memiliki penyakit maag, karena dapat mengiritasi lambung.

Pil KB. Ini adalah solusi lain untuk nyeri menstruasi. Pil KB bekerja dengan mencegah terjadinya ovulasi, sehingga juga mencegah aktivitas prostaglandin yang menyebabkan kram menstruasi. Namun, pil KB bukanlah pilihan semua orang. Jika Anda ingin mendapatkan kehamilan, pil KB tentu saja bukan pilihan Anda.

Tips Menjaga kebersihan saat Menstruasi

Jagalah kebersihan daerah kewanitaan. Hal ini wajib dilakukan mengingat terkadang bau tidak sedap sering muncul saat sedang menstruasi. pembersiha tersebut dapat dimulai dari bagian belakang ke arah depan yang tidak menggangu kelainan. Selain melakukan pembersihan, cara lain dapat dilakukan dengan memberi pembalut yang diganti tiga kali dalam sehari. Jika hal di atas kurang membantu dalam mengatasi haid anda, temukan artikel lainya di sini artikel menstruasi.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here