Bingung Milih Area Camping Favorit di Jogja? Coba 10 Wisata Ini!

10272
Tempat Campingdi Jogja
Area Camping Ground di Jogja

Area Camping Ground Jogja – Refresing dengan berkemah menjadi salah satu alternatif melepas kepenatan dari segala kesibukan sehari-hari. Selain bisa merefresh pikiran dari segala ritinitas, kegiatan ini juga bisa membuat Kamu merasa lebih dekat dengan alam hingga menambah rasa syukur atas pemandangan yang Kamu lihat.

Tak jarang kegiatan camping diunggah ke media sosial demi menunujukkan kepada dunia betapa kerennya area camping ground yang dijadikan lokasi camping.

Ada banyak pilihan area camping ground yang tersebar di wilayah Yogyakarta dan bisa menjadi lokasi favorit untuk menikmati kehidupan di alam bebas. Beberapa area camping yang bisa dijadikan referensi berikut ini terletak di wilayah Kabupaten Sleman, Gunung Kidul, Kulonprogo, dan Bantul. Sangat cocok bagi Kamu yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan asri.

Deretan tempat ini merupakan hasil dari pengalaman Arwini.com dengan kawan-kawan yang telah bersua ke tempat tersebut, jadi bisa saja daftar di bawah ini berbeda dengan yang direkomendasikan teman traveler lainnya.

Daftar Area Camping Ground Favorit di Sleman

Keindahan Sleman tidak hanya terletak pada deretan destinasi sejarah yang dapat kamu temukan, Desa Agrowisata, Museum Merapi, Candi Prambanan, Monumen Jogja Kembali, Museum dapur Tradisional, Kineharjo, Gardu Pandang Kaliurang, Goa Jepang, dan destinasi lain yang dapat kamu sambangi di daerah yang terkenal dengan salak pondoh ini.

Selain destinasi sejarah, wisata alam menjadi magnet bagi para wisatawan untuk bersua ke kota yang mimiliki kuliner jadah tempe ini. Mereka berasumsi bahwa wisata alam akan memberikan ketenangan, menghilangkan beberapa beban pikiran, hingga ada yang beranggapan dekat dengan alam berarti lebih mendekatkan diri pada pencipta alam.

Diantara pecinta alam tersebut, beberapa di antara mereka bahkan ingin menikmati malam dengan suasana hening di tengah rerimbunan pohon, di dekat gemercik air terjung, hingga di atas puncak bukit untuk menikmati panorama alam yang membentang indah.

Area Camping Ground yang akan kami sebutkan di bawah ini merupakan tempat camping keluarga di sleman. sehingga lebih mengarah kepada suasana edukatif, baik itu desa maupun taman wisata. Di antaranya:

1. Taman Kaliurang

Terletak di kaki Gunung Merapi, area camping yang satu ini menawarkan kesejukan udara pegunungan yang alami dan wisata alam yang asri. Dengan luas wilayah sekitar 1 hektare, lokasi ini berada di Jalan Pelajar, Kaliurang, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta.

Selain area camping yang luas, kawasan ini juga berdekatan dengan tempat wisata yang menarik seperti Telogo Putri, Ulen Sentalu, Gardu Pandang, Goa Jepang dan objek wisata lainnya di kaliurang. Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap, meliputi kamar mandi, persewaan tenda camping, hingga asuransi Jasa Raharja Putra.

Suasana malam yang dingin berpadu dengan hangatnya api unggun bisa menjadi pengalaman yang berkesan bagi Anda yang ingin melewati malam di kaki Gunung Merapi.

2. Girikaton Camping Ground

Girikaton Camping Ground merupakan salah satu area camping yang cukup populer di Yogyakarta. Area perkemahan ini terletak di Jalan Kaliurang, Pakem, Sleman, Yogyakarta dengan luas mencapai 3 hektare.

Dengan area yang cukup luas, lokasi ini juga sering dijadikan pilihan bagi banyak sekolah maupun instansi untuk menyelenggarakan kegiatan camping bersama atau kegiatan outbound. Letaknya yang berada di kaki Gunung Merapi menawarkan kesejukan udara pegunungan dan keindahan alamnya yang asri.

3. Senolewah

Senolewah merupakan area camping ground yang terletak di Desa Senolewah, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Kesejukan udara dan keasrian pepohonan pinus di kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga sering dipilih menjadi lokasi camping dan outbound yang menyenangkan. Bahkan di tahun 2009 sempat dijadikan area Java Summer Camp yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman.

Dengan area yang cukup luas, lokasi perkemahan ini bisa menampung sekitar 1.000 orang dengan dilengkapi berbagai fasilitas outbound yang cukup lengkap.

4. Desa Wisata Pentingsari

Area camping ground yang satu ini terletak di desa wisata Pentingsari, tepatnya di Dusun Pentingsari, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Suasana pedesaan dan lingkungan alam yang asri menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk menikmati alam dengan berkemah di tempat ini.

Di kawasan ini juga terdapat objek wisata berupa Pancuran Suci Sendangari yang dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit jika diminum dan membuat Anda awet muda jika cuci mika dengan air sendang tersebut. Keindahan alam berpadu dengan nuansa mistis membuat tempat perkemahan ini semakin menarik.

Ditambah jalur tracking yang lengkap mulai dari susur sungai, naik turun tebing hingga melewati terowongan tentu memberikan pengalaman yang menyenangkan. Untuk tarif sewa area camping ground pengunjung dikenakan biaya Rp 15.000 per orang.

Di lokasi desa wisata ini juga disajikan berbagai pilihan paket kegiatan yang menarik seperti outbound, atraksi seni dan budaya, hingga lava tour Merapi dengan harga yang bervariasi.

5. Desa Wisata Kelor

Area camping ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menikmati suasana pedesaan yang kental dengan perkebunan salaknya rindang. Terletak di Dusun Kelor, Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi kemah berada di lapangan yang ekstra luas dengan pemandangan perkebunan salak di sekitarnya.

Selain menawarkan pemandangan yang menarik, di lokasi perkemahan ini Anda juga bisa menikmati jelajah sungai Bedhog yang jernih. Fasilitas di kawasan ini juga cukup lengkap, dimana Anda juga bisa memancing di kolam ikan atau menikmati hidangan khas berupa nasi pondoh dan tempe bacem yang menggugah selera.

6. Agromina Wisata Karangsari

Lokasi perkemahan ini terletak di Desa Wisata Karangsari, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Kawasan desa wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan kehidupan di pedasaan dengan keasrian alamnya.

Selain area camping, di kawasan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai, seperti arena outbound, pemancingan hingga paket wisata yang bervariasi, mulai dari pertanian, perkebunan, budaya hingga kuliner. Adapun tarif yang dikenakan untuk melakukan kagiatan di desa wisata ini berkisar antara Rp 40.000-Rp 60.000 per orang.

Area Camping Ground Favorit di Gunung Kidul Jogja

1. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal memiliki pemandangan yang mempesona dengan hamparan pasir putih yang luas. Keberadaan pohon duras di bibir pantai menjadi daya tarik tersendiri karena pohon ini hanya sebatang kara, inilah mengapa kawasan pantai ini dikenal dengan Pantai Pok Tunggal.

Terletak di sebelah timur Pantai Indrayanti (Pulang Syawal), tepatnya di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Kawasan ini bisa diakses dengan menggunakan sepeda motor atau mobil, namun untuk mencapai wilayah pantainya sendiri harus melewati jalanan yang cukup memacu adrenalin pasalnya jalanan yang dilalui cukup terjal, sempit dan berkelok-kelok. Namun hal itu akan segera terbayarkan begitu Anda menatap keindahan pantai ini di depan mata.

Lokasi ini menjadi salah satu spot favorit untuk camping karena pesona alamnya yang menarik, ditambah dengan view tebing di kanan kiri pantai yang semakin memikat. Untuk memudahkan pengunjung yang ingin melewati malam dengan berkemah, disediakan persewaan tenda yang bisa disewa dengan harga yang cukup terjangkau.

Untuk tenda dome berukuran kecil, tarif sewa yang dikenakan sebesar Rp 60.000 per malam. Bagi Anda yang menghendaki matras cukup menambah Rp 10.000, sedangkan api unggun bisa diperoleh dengan harga Rp 25.000.

Jika Anda membawa perlengkapan tenda sendiri maka biaya yang dikenakan sebesar Rp 5.000-Rp 10.000 per tenda. Jika Anda berkemah di kawasan ini sebaiknya membooking kamar mandi terlebih dahulu sebesar Rp 6.000-Rp 8.000 per orang agar lebih murah ketika akan menggunakan kamar mandi.

2. Pantai Siung

Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun mobil. Meski jalanan sudah beraspal namun harus tetap waspada karena jalan yang dilalui penuh dengan tanjakan dan tikungan yang cukup tajam.

Pantai Siung cukup menarik karena keberadaan batu karang raksasa yang sangat diminati oleh para pemanjat tebing, bahkan pernah menjadi lokasi Asean Climbing Gathering beberapa tahun silam yang dikuti oleh ratusan peserta dari Eropa dan Asia, tak heran jika kawasan ini dikenal dengan julukan The Best Climbing Site in Yogyakarta.

Kawasan ini juga bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin berkemah dengan suasana pantai yang kental. Meski pengunjung bebas berkemah di sini, namun diwajibkan untuk tetap menjaga lingkungan di sekitarnya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan merusak habitat penyu yang ada di kawasan pantai ini.

3. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung api purba merupakan gunung berapi yang aktif sekitar 60-70 juta tahun yang lalu dan saat ini banyak diminati oleh wisatawan, terlebih ada area camping ground bagi pengunjung yang ingin bermalam di kawasan wisata alam yang satu ini.

Kawasan gunung purba ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Ada dua spot camping yang bisa dipilih, yaitu di kaki Gunung Api Purba dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet maupun listrik. Pilihan kedua yaitu di bawah Puncak Gunung Api Purba dengan hembusan angin yang cukup kencang.

Anda akkan dimanjakan dengan pemandanga lampu kota di Gunung Kidul pada malam hari dan keindahan sunrise di pagi hari yang merekah. Ditambah segarnya udara pagi yang merasuk ke dalam rongga dada akan membuat tubuh terasa lebih fresh dan bersemangat menjalani hari.

4. Hutan Wanagama

Hutan asri ini terletak di Desa Banaran, Kecamatan Playen, Gunung Kidul dengan akses jalan yang cukup mudah dan fasilitas yang sangat lengkap mulai dari aula, mushola, toilet dan tentunya camping ground bagi Anda yang ingin menikmati bermalam di hutan yang asri ini.

Di kawasan ini Anda juga bisa menikmati indahnya Grojokan Sendang Tahunan dengan mengikuti alur sungai Oya. Di sungai ini, terdapat sebuah kolam mata air abadi yang tidak pernah kehabisan air. Selain itu, bagi kamu yang suka menikmati keindahan wisata alam lainya seperti air terjun banyu nibo dan 3 air terjun lainnya.

Demikianlah Daftar Rekomendasi Tempat Camping Favorit di Jogja yang patut Anda coba. Selamat berkemah

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here