Apa itu Yen Jepang?

82
yen jepang
source: freepik

Apa itu Yen Jepang?

Pemandangan jepangAda alasan mengapa yen Jepang dianggap sebagai uang resmi Jepang. Ini juga merupakan mata uang ketiga yang paling banyak diperdagangkan di pasar valuta asing, setelah dolar AS dan euro. 1 Ini juga merupakan salah satu cadangan devisa yang paling sering disimpan di rekening bank sentral. 2 Yen Jepang biasanya disingkat JPY, atau dilambangkan dengan simbolnya, Y=.

Definisi dan contoh dari Yen Jepang
Yen dianggap sebagai mata uang resmi Jepang, dan telah disetujui sebagai tender resmi di bawah pemerintahan Meiji pada tahun 1871. Pemerintah Meiji ingin memodernisasi sistem moneternya untuk meningkatkan peran Jepang di pasar internasional. 3

Yen ditetapkan terhadap dolar AS pada tahun 1949 dengan 360 JPY menjadi 1 USD. Dari tahun 1959 hingga 1973, pejabat otoritas moneter Jepang mengurangi nilai tukar tetap terhadap dolar AS tetapi masih mempertahankan yen dalam kisaran tertentu yang setara dengan USD. Pada tahun 1973 pada tahun 1973, otoritas keuangan Jepang mengizinkan nilai tukar yen mengambang. 4

Pemberitahuan: Mata uang yang mengambang bebas berarti bahwa jumlah uang bergantung pada penawaran dan permintaannya dibandingkan dengan mata uang lainnya.

Yen Jepang adalah mata uang cadangan, yang menyiratkan bahwa bank sentral, atau perbendaharaan dapat menyimpan mata uang itu sebagai bagian dari cadangan devisa negara. Ketika negara memiliki cadangan mata uang, mereka melakukannya karena berbagai alasan, termasuk untuk menutupi impor atau untuk menjamin stabilitas mata uang mereka.

Bank of Japan Act mengatur bagaimana Bank of Japan mengeluarkan uang kertas yen. Uang kertas Jepang yang terbuat dari yen dicetak di Biro Percetakan Nasional dan tersedia dalam empat denominasi: 10.000 yen 5.500 yen, 2000 ribu yen, dan 1.000 yen. Setiap denominasi dilengkapi dengan desain tinta cetak yang berbeda (disebut “tanda sentuh) di sekitar tepi uang kertas dan berbagai ukuran yang membantu dalam menentukan nilai uang kertas dalam yen. Uang kertas 10.000 dan 5.000 Yuan juga menampilkan lapisan transparan hologram eksklusif.5

Selain uang kertas yen Tersedia juga koin yen dengan pecahan 500 yen koin kuningan nikel 100 yen koin cupronickel 50 yen koin cupronickel koin 10 yen yang terbuat dari perunggu koin kuningan 5-yen 1 koin aluminium senilai yen.

Cara Kerja Yen Jepang
Jepang mengizinkan peredaran modal secara bebas, yang berarti bahwa uang dapat mengalir keluar dan masuk ke negara tersebut untuk diinvestasikan dalam real estat, bisnis, atau untuk perdagangan. Ketika uang mengalir keluar dari Jepang, yen Jepang tunduk pada fluktuasi harian dalam kaitannya dengan mata uang lainnya. Jika aliran uang masuk ke Jepang maka akan mendongkrak permintaan terhadap yen Jepang. Hal ini juga akan mengakibatkan mata uangnya meningkat nilainya yang berarti lebih berharga dibandingkan dengan mata uang negara lain. Jika terjadi lonjakan aliran uang keluar dari Jepang hal ini dapat menyebabkan mata uang Jepang mengalami penurunan nilai.

Bank of Japan, yang mengelola kebijakan valuta asing dalam hubungannya dengan kementerian keuangan (MOF) Diperkirakan akan campur tangan di pasar valuta untuk membatasi fluktuasi besar dalam nilai yen.

Catatan: Untuk melakukan intervensi di pasar valuta asing untuk melakukan intervensi di pasar valuta asing, dimungkinkan Bank of Japan dapat membeli dan menjual mata uang menggunakan rekening yang disebut Foreign Exchange Fund Special Account (FEFSA) Ini adalah tempat di mana pemerintah Jepang memiliki sejumlah besar aset yang asing.

Misalnya, jika Bank of Japan melakukan intervensi di pasar valuta asing karena fakta bahwa yen dinilai terlalu rendah (sehingga mahal bagi orang asing untuk membeli barang dari Jepang), Bank of Japan akan membeli dolar AS dengan menjual yen. Ini akan menghapus dolar AS dari mata uang dan meningkatkan jumlah yen yang ada dalam jumlah uang beredar dan membuat yen Jepang kurang penting daripada sebelumnya.
Apa artinya bagi Investor individu?
Fluktuasi di pasar mata uang dapat mempengaruhi individu dalam dua cara yang berbeda. Yang pertama adalah jika mereka melakukan transaksi dalam mata uang asing dalam perjalanan atau berbelanja online dengan mata uang selain yang mereka gunakan. Ketiga, jika Anda berinvestasi dalam yen Jepang dan memperdagangkan mata uang di pasar valas.

Yen yang kuat menandakan bahwa nilainya lebih tinggi dari mata uang lainnya. Ini berarti lebih banyak unit mata uang asing yang berbeda dapat ditukar untuk setiap jumlah yen. Misalnya ketika Anda membayar $6 (dolar AS) ditukar dengan nilai Y=1 (yen Jepang) di masa lalu, di mana $4 untuk Y=1, itu berarti yen cukup kuat. Yen yang lemah akan berarti ada lebih banyak unit yang diperlukan untuk dikonversi ke mata uang lain.

Catatan:

Pasangan mata uang diperdagangkan di pasar forex, dan juga pasangan USD-Yen A.S. diidentifikasi oleh USD/JPY.

Perdagangan mata uang berbahaya dan tidak cocok untuk semua orang. Pedagang asing harus memahami bagaimana mata uang bergerak, kapan itu terjadi dan memiliki prosedur manajemen risiko untuk meminimalkan kerugian.

Poin paling penting

Yen Jepang diperkenalkan pada tahun 1871. Ini masih mata uang yang digunakan di Jepang sampai hari ini, dan diwakili oleh simbol Y=.
Yen yang kuat menandakan bahwa nilainya dapat dipertimbangkan dibandingkan dengan mata uang lainnya.

Yen yang lemah menyiratkan bahwa ada lebih banyak unit yang diperlukan untuk dikonversi ke mata uang lain.

Bank of Japan (BOJ) dapat melakukan intervensi di pasar valuta asing untuk mempertahankan nilai yen yang stabil.
Pasangan dolar AS-Yen Jepang diperdagangkan di bawah simbol USD/JPY di pasar valas.

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini