9 Ciri-Ciri Pasti Orang Hamil dan Tanda Awal Kehamilan Wanita

64995
9 Ciri-Ciri Pasti Orang Hamil dan Tanda Awal Kehamilan Wanita

Ciri-Ciri Pasti Hamil Muda Serta
Tanda Awal Kehamilan Yang tidak Diketahui

Apakah saya hamil?

Tanda Awal dan Ciri-ciri Umum Kehamilan Wanita  Seperti Apa Sih?

Mungkin, menstruasi terlambat sehari, atau bahkan tiga minggu. Mungkin, menstruasi Anda masih belum dijadwalkan untuk datang dalam waktu yang dekat, tetapi Anda mendapat firasat bahwa sesuatu sedang terjadi di dalam perut. Mungkin juga, Anda sudah mengalami gejala-gejala aneh yang menandakan kehamilan, namun masih bingun untuk memastikannya.

Selain itu, Anda telah melakukan segala upaya untuk hamil selam 6 bulan, termasuk malam yang amat “panas” dua minggu yang lalu karena untuk pertama kalinya Anda berhubungan badan tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Apa pun latar belakang yang membawa Anda untuk mengetahui informasi ini, Anda pasti penasaran: apakah saya hamil? Nah, lanjutkan membaca untuk menemukan jawabanya.

Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan, Seperti Apa Sih? 

“Kata teman saya, ia sudah tahu bahwa dirinya hamil sebelum melakukan tes kehamilan. Bagaimana dengan saya.

Apakah ada cara untuk mengetahui kehamilan pada tahap yang sangat dini ini?” 

Semisal apa saja gejala hamil hari pertama? Ataukah apa saja tanda hamil minggu pertama?

Terdapat banyak pertanyaan istri yang memicu hal tersebut. Entah disadari atau tidak, pertanyaan tersebut bertujuan untuk memastikan kondisi tubuh. Apakah sedang berbadan dua atau tidak? Sangat wajar menurut admin Arwini.com.

Salah satu cara untuk memastikan kehamilan adalah memperoleh hasil positif pada uji tes kehamilan. Namun, hal itu tidak berarti tubuh tidak akan merasakan gejala-gejala yang menandakan sedang hamil, tentu seorang wanita akan merasakan perubahan pada diri mereka, meskipun tidak melakukan pemeriksaan. Justru tubuh akan memberikan petunjuk kehamilan yang tidak sedikit.

Meskipun banyak wanita tidak merasakan gejala apapun pada tahap awal kehamilan atau baru merasakan hal itu setelah usia kehamilan mencapai beberapa minggu, tidak sedikit pula wanita yang mendapat gejala-gejala spontan yang menandakan ada janin di dalam perut mereka. Jika Anda mengalami gejala-gejala berikut, tidak ada salahnya bergegas ke apotek dan membeli alat uji kehamilan sendiri.

Sebagaimana yang telah kami sebutkan di atas, salah satu metode untuk memastikan kehamilan awal dapat menggunakan alat tes kehamilan, namun terdapat cara lain untuk memastikannya, yang akan kami bahas pada sub bahasan di bawah ini.

Artikel ini akan kami bagi ke dalam 2 bagian, Pertama: memastikan kehamilan dengan memperhatikan ciri dan tanda fisik kehamilan yaitu tanpa menggunakan alat bantu (jadi bandingkan gejala yang Anda alami dengan yang akan kami sebutkan di bawah ini), Kedua: memastikan kehamilan dengan bantuan alat (menggunakan alat tes kehamilan dan pemeriksaan darah).

Memastikan Ciri-Ciri dan Tanda Fisik Ibu Hamil

1. Payudara Terasa Nyeri 

Anda tentu sudah akrab dengan rasa sakit dan nyeri payudara saat menstruasi (baca: Penyebab Haid), tetapi hal itu tidak dapat dibandingkan dengan rasa nyeri yang terjadi saat Anda disahkan sedang hamil. Payudara yang terasa perih, penuh, bengkak, kesemutan, bahkan nyeri ketika disentuh merupakan tanda awal yang banyak dialami wanita setelah pertemuan sel sperma dengan sel telur.

Rasa nyeri ini muncul beberapa minggu setelah kehamilan. Dan seiring dengan berlanjutnya usia kehamilan Anda, rasa nyeri itu akan semakin menjadi-jadi, hingga lambat laun Anda pasti akan merasakannya.

2. Penggelapan Areola 

Areola (lingkarang di sekeliling putting susu) payudara mungkin akan berubah warna. Warna areola terkadang menjadi gelap selama kehamilan dan mungkin pula mengalami pelebaran beberapa minggu setelah kehamilan.

Gejala perubahan warna pada payudara disinyalir merupakan tanda awal kehamilan minggu pertama, kabar baik bagi Anda bukan? Jangan lupa bersyukur atas nikmat yang diberikan tersebut. Berterima kasihlah kepada Tuhan yang mengatur hormon kehamilan di seluruh tubuh Anda.

3. Kemunculan Bercak Darah 

Beberapa orang wanita merasa heran dengan bercak-bercak (darah) yang tiba-tiba muncul. Bercak darah tersebut datang saat embrio melekat pada Rahim, jadi jang khawatir jika hal demikan terjadi pada diri Anda.

Perdarahan tersebut muncul lebih awal daripada siklus bulanan dan terjadi sekitar 5-10 hari setalah Anda hamil, selain itu tanda lainya dikenali dengan darah yang berwarna merah muda (berbeda dengan bercak darah saat menstruasi).

Saat ini terjadi, persepsi awal yang harus dibangun adalah terdapat cabang bayi yang sedang hidup di dalam diri Anda. Meskipun ini bukanlah tanda pasti kehamilan, tidak ada salahnya memberitahukan suami berita menggembirakan ini.

4. Sering Buang Air Kecil 

Apakah kamar kecil menjadi tempat kesukaan akhir-akhir ini? Saat merasakan hal tersebut, ada kemungkinan Anda sedang mengandung seorang bayi mungil.

Pada awal kehamilan (sekitar 2-3 minggu setelah kehamilan), keinginan untuk buang air kecil meningkat tajam di bandingkan dengan hari-hari lain. Hal ini disebabkan karena hormon tertentu di dalam tubuh memicu aliran air seni yang menyebabkan rahim bertambah besar sehingga menekan kandung kemih.

5. Kelelahan 

Sangat lelah, tenaga rasanya benar-benar terkuras, superlemas, sebutan apapun yang Anda berikan, keadaan ini benar-benar merupakan beban yang mungkin terjadi. “mesin pembuat bayi” begitulah sebutan yang cocok bagi keadaaan Anda.

Saat seorang wanita berbadan dua, sudah pasti intensitas dan rutinitas akan semakin berat. Hal tersebut dipicu karena seoarang wanita membutuhkan tenaga berlebih untuk membawa serta menyeimbangkan dua tubuh, yaitu diri Anda dan bayi yang ada dalam diri Anda. Baca artikel kami “kelelahan saat hamil” untuk mengurangi resiko yang akan terjadi di kemudian hari.

6. Mual dan Ingin Muntah 

Selain karena faktor buang air kecil, satu alasan lain yang membuat Anda selalu mengunjungi kamar mandi adalah rasa mual dan ingin muntah (morning sickness).

Gejala ini selalu menyerang wanita yang sedang hamil, meskipun biasanya baru muncul sekitar minggu ke-6 kehamilan. Meskipun tanda ini merupakan asumsi bahwa Anda sedang hamil, jangan melakukan hal-hal yang sia-sia.

7. Peka terhadap Bebauan

Beberapa wanita mungkin tidak menyadari perubahan indra penciuman mereka, yang awalnya tidak terbiasa merasakan hal-hal aneh seputar penciuman, tiba-tiba peka terhadap bebauan.

Jika Anda merasakan hal demikian, ada kemungkinan hal itu merupakan tanda kehamilan bulan pertama. Bandingkan dengan hari-hari biasa Anda.

Peningkatan ketajaman indra penciuman merupakan salah satu perubahan pertama yang dialami oleh beberapa wanita hamil, Jadi tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami hal ini juga.

8. Peningkatan Suhu Tubuh 

Untuk mengetahui kondisi suhu tubuh, Anda dapat menempu beberapa metode yang telah dianjurkan, salah satu di antaranya menggunakan thermometer khusus untuk pengukuran suhu tubuh basal.

Jika Anda memiliki alat pengukur ini, amatilah suhu basal Anda. Saat suhu basal anda berada pada titik 0,5 derajat celcius, dapat dipastikan Anda sedang hamil, kondisi suhu tersebut akan bertahan hingga Anda melahirkan.

Meskiun suhu tubu basal dapat meningkat karena penyebab lain, angka tersebut dapat menjadi pertanda awal kehamilan Anda.  Untuk keterangan lebih lanjut mengenai alat pengukur ini, dapat Anda tanyakan kepada dokter.

9. Berhenti Menstruasi 

Saat Anda melewatkan rentang waktu menstruasi sepanjang satu siklus haid normal (tidak terjadi menstruas) terlebih lagi siklus menstruasi Anda teratur. Perkiraan awal yang dapat kita simpulkan adalah ada seorang dalam tubuh Anda.

Perlu diingat bahwa berhenti menstruasi dalam kurung waktu tertentu, tidak selamanya menandakan Anda sedang hamil (baca: haid berhenti). karena itu, pastikan perbedaan kedua hal tersebut. Telah kami sebutkan perbedaan masalah tersebut dalam artikel.

Tanda Awal Kehamilan diperoleh dari Hasil Uji Tes Kehamilan

“Bagaiman saya memastikan apakah saya hamil?” Adakah alat untuk hal itu?

Selain mengandalkan naluri kewanitaan (ada wanita yang mengaku sudah “merasa” hamil saat kehamilan baru dimulai), ilmu kedokteran adalah pilihan terbaik untuk memastikan kehamilan dengan tepat. Berikut cara mandiri memastikannya:

Hanya dengan buang air kecil; satu dua kali, dan dilakukan sendiri dengan mudah. Alat uji kehamilan mandiri dapat memberikan hasil yang cepat dan tepat, terutama bila digunakan mendekati tanggal permulaan kehamilan.

Alat ini mengukur kadar human chorionic Gonadotopin (hCG), yakni hormon kehamilan yang dihasilkan oleh plasenta. HCG masuk ke aliran darah dan air seni hampir seketika setelah embrio melekat pada rahim sekita 6-12 hai setelah terjadinya pembuahan.

Secara teoritis, segera setelah hCG terdapat di dalam air seni, Anda dapat langsung memperoleh hasil positif pada tes kehamilan, tetapi hal ini terkendala oleh keterbatasan dan tingkat kepekaan alat.

Setelah kehamilan berlangsung selama satu minggu, hCG akan berada di dalam air seni, tetapi jumlahnya mungkin masih belum cukup untuk dideteksi dengan alat uji kehamilan mandiri sehingga Anda akan memperoleh hasil negatif.

Jika pengukuran dilakukan 7 hari sebelum perkiraan menstruasi, mungkin Anda akan memperoleh hasil yang tidak sesuai denga keinginan, meskipun Anda sebenarnya hamil. Untuk memperoleh kepastian hamil, gunakan alat tes kehamilan yang menjanjikan ketelitian hingga 60%.

Tanda Pasti Kehamilan hanya Dapat diperoleh  dengan Serangkaian Tes Darah 

Tes darah mutakhir dapat mendeteksi kehamilan dengan ketelitian hampir 100% jika dilakukan seminggu setelah kehamilan, jadi saat Anda sedang merasa hamil lakukanlah tes darah secepat mungkin.

Tes ini juga dapat membantu menentukan tanggal permulaan kehamilan dengan mengukur jumlah hCG di dalam darah. Hal tersebut diperoleh dari kadar Hcg yang berubah seiring dengan berlangsungnya kehamilan.

Karena hal ini adalah salah satu cara mengetahui tanda awal kehamilan, dokter juga terkadang meminta untuk menjalani tes air seni dan tes darah untuk memastikan hasil pemeriksan.

Dengan Semakin majunya teknologi dan ketelitian hasil tes kehamilan mandiri dan tes darah, maka pemeriksaan kesehatan untuk mencari tanda-tanda fisik kehamilan, sperti pembesaran rahim, perbuhan warna mis V dan mulut rahim, serta perubahan tekstur mulut rahim sudah banyak ditinggalkan. Namun pemeriksaan pada tahap awal kehamilan dan pemeriksaan persalinan tetap penting untuk dijalani.

“Saya merasa seperti sedang hamil, tetapi hasil tes saya masih tetap negatif. Apa yang harus saya lakukan?” 

Jika Anda sudah mengalami gejala awal kehamilan dan merasa belum yakin meskiun telah melakukan tiga kali tes hamil, maka hal itu harus dipastikan dengan keterangan dokter.

Tes kehamilan tidaklah sempurna, khususnya ketika digunakan terlalu awal, semisal minggu pertama. Anda mengenali tubuh Anda lebih baik dibandingkan dengan alat tes manapun, maka tunggulah seminggu lalu ulangi tes tesebut.

Jika hal tersebut tidak memberikan hasil yang memuaskan maka kunjungilah dokter untuk melakukan tes darah yang lebih peka terhadap hCG dari pada tes air seni.

Tentu saja anda akan mengalami gejala-gejala awal kehamilan, padahal Anda tidak hamil. Memang tidak ada gejala atau gabungan gejala apapun yang dapat dijadikan bukti kuat terjadinya kehamilan.

Jika telah dilakukan berbagai macam tes namun tes tersebut hanya memunculkan hasil negatif, maka ada kemungkinan Anda menderita penyakit tertentu.

Terkadang pikiran dapat memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap tubuh, bahkan menimbulkan gejala kehamilan pada orang yang sebenarnya tidak hamil, semata-mata karena keinginan atau kekuatan kuat akan terjadinnya kehamilan, Pastikan Anda tidak mengalami hal ini.

Demikianlah artikel 9 Ciri-Ciri Pasti Orang Hamil dan Tanda Awal Kehamilan Wanita. Mudahan bermanfaat

Loading...
SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here